FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 2 Menit 31 Detik 

Contoh Machine Learning yang Kita Konsumsi Saat Ini

Belajar Data Science di Rumah 13-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b1130d2dca2f4a2596adcf165eb98348_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini perkembangan teknologi sangat membantu kegiatan keseharian kita. Artificial intelligence atau kecerdasan buatan merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi tersebut. Artificial intelligence ini terdiri menjadi beberapa bagian, salah satunya adalah machine learning. Pada masa kini machine learning & contohnya sudah sering kita jumpai dan sering kita gunakan secara sadar maupun tidak sadar, bahkan di berbagai bidang. 


Machine learning atau bisa disebut juga dengan pembelajaran mesin merupakan salah satu cabang dari AI yang sangat menarik perhatian dan sudah populer di masa kini. Machine learning ini dirancang untuk dapat belajar sendiri seperti manusia dan akan melakukan tugas-tugas tertentu. Pada tahun 1920 an machine learning pertama kali dikemukakan oleh Adrien Marie Legendre, Thomas Bayes dan Andrey Markov. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa contoh machine learning yang sering kita jumpai.


1. Pengenalan Wajah

Pengenalan wajah atau dikenal pula sebagai face recognition merupakan salah satu contoh machine learning yang mungkin sudah tidak asing untuk kita. Pada saat menonton film barat terutama, teknologi ini sudah sering ditampilkan. Bahkan pada saat ingin memverifikasi akun tertentu pun diperlukan pula teknologi semacam ini. Beberapa manfaat teknologi pengenalan wajah antara lain untuk keamanan yang efisien, peningkatan akurasi, integrasi yang lebih mudah. Beberapa contoh kasus yang dapat menggunakan teknologi ini seperti mendeteksi penipuan, keamanan cyber, bidang perbankan, pelayanan kesehatan.


Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Rekomendasi Produk

Pernahkah kalian mencari suatu produk di mesin pencarian atau marketplace? Jika kita mengetikkan produk yang kita cari seringkali akan muncul berbagai rekomendasi produk yang sesuai. Bahkan jika kita membuka marketplace atau sosial media lainnya sering pula muncul iklan yang berkaitan dengan produk yang kita cari. Bagaimana? Rasanya seperti teknologi tersebut dapat membaca pikiran kita bukan? Dibalik semua itu terlibatlah algoritma machine learning yang bekerja untuk memudahkan kita dalam menemukan produk yang kita cari.

Machine Learning


3. Chatbot

Pada saat masuk ke website tertentu seringkali kita diberikan room chat atau tempat untuk bertanya jawab yang mana hal ini dilakukan oleh mesin. Ya, hal ini disebut dengan chatbot. Chatbot merupakan program komputer yang digunakan untuk simulasi percakapan antar manusia baik dengan suara, teks, gambar maupun lainnya. Beberapa contoh chatbot yang sering kita jumpai antara lain asisten virtual seperti Amazon Alexa, Google Assistant, dan beberapa layanan perpesanan seperti WeChat maupun Facebook Messenger. 


Machine Learning


4. Penyaring Email Spam

Seringkali dalam email kita terdapat pesan sampah atau spam yang masuk. Namun spam ini biasanya tidak masuk dalam inbox kita, melainkan dalam folder tersendiri. Machine learning yang bekerja di balik layar tersebut dapat mendeteksi apakah pesan yang masuk termasuk pesan yang mengganggu atau tidak. Bahkan machine learning juga dapat mengkategorisasi jenis-jenis email yang masuk apakah termasuk ke dalam Social, Promotions, maupun Update. Dengan demikian, kita tidak akan terganggu di pesan masuk email kita terhadap informasi yang kurang relevan.


Machine Learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Penerapan machine learning memang bukanlah hal yang asing lagi. Oleh karena itu kamu juga jangan sampai ketinggalan untuk tidak mempelajari machine learning ya. Bisa langsung coba belajar dari dasar di DQLab loh yang tentunya menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :