PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 15 Menit 30 Detik 

Contoh Teknik Analisis Data SOSTAC dalam Digital Marketing

Belajar Data Science di Rumah 16-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8931903379202fe5957e7afedb0e5ab0_x_Thumbnail800.jpg

Seiring berjalannya waktu teknologi pun semakin berkembang dari dekade ke dekade. Apalagi sekarang ini, banyak perusahaan mulai menggunakan digital marketing sebagai strategi untuk memasarkan produk mereka. Pentingnya kalkulasi dan estimasi dalam penyusunan target perlu dilakukan agar produk yang dipasarkan semakin dikenal oleh konsumen. 


Pebisnis sebagai aktor dibalik kesuksesan sebuah strategi pastinya perlu menelusuri model teknik analisis data mana yang cocok untuk perencanaan strategi digital marketing. Untuk melakukan hal tersebut maka dibutuhkan teknik analisis data yang baik agar strategi yang dilakukan tepat dengan sasaran. Salah satu teknik analisis data yang digunakan dalam perencanaan strategi digital marketing adalah SOSTAC.

teknik analisis data

SOSTAC merupakan sebuah konsep model perencanaan pemasaran yang bisa diimplementasikan khususnya dalam hal digital marketing. Metode SOSTAC dibagi ke dalam 6 tahapan yakni situation analysis, objectives, strategy, tactic, action dan control. Selain sebagai model perencanaan, SOSTAC juga dapat digunakan untuk memperluas pemasaran bagi perusahaan dan masalah marketing pada suatu pemasaran produk. 


Jadi teknik analisis SOSTAC bisa digunakan oleh pebisnis untuk melakukan perencanaan digital marketing. Singkat cerita, SOSTAC dikembangkan oleh Paul R. Smith pada tahun 1990-an. Untuk lebih jelasnya kira-kira apa saja dalam analisis SOSTAC? Kita langsung simak yuk sahabat DQLab pemaparannya di bawah ini.


1. Situation Analysis (S)

Komponen pertama dalam analisis SOSTAC adalah Situation Analysis (S). Situation Analysis bertujuan untuk melihat situasi dari proses pemasaran yang sedang berjalan pada perusahaan.


Pada tahap pertama ini perusahaan mulai untuk mengumpulkan berbagai informasi dan data-data yang dibutuhkan mengenai keadaan internal dan eksternal perusahaan sehingga mereka tahu kondisi perusahaan pada kondisi pasar sesungguhnya. Tahapan ini mampu memberikan gambaran mengenai organisasi maupun bisnis dalam melakukan analisis situasi 

teknik analisis data

Untuk mencapai hal ini, perusahaan dapat menggunakan metode berikut ini untuk mendapatkan hasil maksimal dalam melihat situasi bisnis:

  • Siapa konsumen saat ini, bagaimana mereka melakukan interaksi dengan brand. Platform apa yang digunakan dan bagaimana demografi dari konsumennya.

  • Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunity, dan Threats)

  • Analisis Kompetitor ataupun analisis pesaing

  • Lanskap kanal digital


Baca juga: Metode Teknik Analisis Data Kualitatif pada Grounded Theory


2. Objective (O)

Pada tahapan ini, pebisnis fokus terhadap tujuan-tujuan yang terukur dan realistis yang ingin dicapai melalui strategi yang akan dirumuskan. Penetapan strategi dengan menggunakan metode 5S. 5S merupakan Sell, Serve, Speak, Save dan Sizzle. Kemudian rumuskan masing-masing variabel secara SMART (Specific, Measurable, Actionable, Relevant dan Time-related). 

teknik analisis data

Pada akhir pelaksanan program marketing nantinya akan mempermudah dalam tahap evaluasi karena sudah dibuat batasan-batasan tujuannya (objectives).


3. Strategy (S)

Tahap ketiga dalam analisis SOSTAC adalah Strategy (S). Strategi merupakan cara perusahaan mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan. Perencanaan strategi akan menggunakan Metode STOP dan SIT. STOP (Segmenting, Targeting, Online Value Proposition (OVP), dan Positioning). 

teknik analisis data

Pembentukan strategi menggunakan SIT (Sequence or Stage, Integration dan Tools). Strategi-strategi tersebut merupakan pedoman yang dijalankan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


4. Tactics (T)

Tahap taktik (tactics) merupakan tahapan keempat yang masuk kedalam analisis SOSTAC. Taktik merupakan penjabaran detail dari langkah-langkah atau tahap-tahap yang akan dilakukan untuk pelaksanaan sebuah strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing. 

teknik analisis data

Untuk mencapai tujuan tersebut, gunakan strategi 7P yang ada pada Marketing Mix. Marketing Mix yang berfokus pada atribut-atribut kunci yang perlu diperhatikan perusahaan dalam meraih tujuan. 7P ini diantaranya adalah Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Partnerships.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


5. Action (A)

Pada tahap ini yaitu menjalankan taktik yang telah dirumuskan dalam bentuk aksi yang terukur di lapangan market place yang sebenarnya. Dapat dibuat berupa rangkaian proses kerja yang terstruktur dan terjadwal berupa flow chart, gantt chart, table activity based time dan tak kalah penting mempersiapkan manajemen resiko yang mungkin terjadi saat eksekusi taktik di lapangan 

teknik analisis data

dan juga mempersiapkan siapa, kapan dan bagaimana yang bertanggung jawab pada setiap business process, perencanaan budget, alokasi sumber daya secara detail, sehingga dapat meminimalisir hal-hal yang dapat menghambat mencapai tujuan perusahaan.


6. Control (C)

Di tahap terakhir ini yaitu proses control, merupakan tahapan untuk memeriksa atau mengevaluasi secara berkala apakah action sesuai tujuan perusahaan sudah berhasil atau belum maksimal. 

teknik analisis data

Perhatikan taktik-taktik yang sudah ditetapkan dan lakukan kontrol saat melaksanakan semua taktik tersebut. Hal ini juga dapat disebut Key Performance Indicator (KPI)


Teknik analisis data adalah bagian penting dalam proses penelitian yang benar-benar perlu diperhatikan dalam proses pemilihannya. Dengan memilih teknik analisis data yang sesuai maka hasil analisis akan sesuai dengan harapan. DQLab dapat membantu Sahabat DQ yang ingin belajar teknik analisis data dari dasar. 


DQLab menyediakan materi secara teori maupun praktek. Selain itu terdapat berbagai modul, serta ebook yang membantu memudahkan proses belajar terutama bagi pemula. Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :