Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Contoh Teknik Analisis Data yang Populer Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ecf2355f2a847582e01f13a9a9934ecd_x_Thumbnail800.jpg

Kegiatan penelitian saat ini bukanlah hal asing yang hanya dilakukan oleh profesor-profesor saja, melainkan dari tingkat pelajar atau mahasiswa pun sudah melakukan kegiatan penelitian. Penelitian menurut sifatnya terbagi menjadi dua yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Pada proses penelitian pun perlu menggunakan teknik analisis data untuk mengolah data penelitian sehingga menghasilkan informasi. Terdapat beberapa contoh teknik analisis data yang dapat digunakan dalam penelitian, beberapa diantaranya akan dibahas pada artikel berikut ini.


Teknik analisis data merupakan suatu metode yang digunakan dalam proses analisis data. Teknik analisis data terbagi menjadi dua jenis, berdasarkan jenis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Teknik analisis data merupakan tahapan penting dalam penelitian. Tahapan ini biasanya diterapkan jika data-data yang dibutuhkan sudah terlengkapi sehingga dapat menggunakan teknik yang sesuai dengan permasalahan penelitian.


1. Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif merupakan salah satu contoh teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kuantitatif. Analisis deskriptif ini bertujuan untuk memberikan deskripsi atau gambaran terkait data secara umum. Pada penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis deskriptif ini peneliti dapat mengetahui nilai rata-rata, median, variansi, standar deviasi, dll. Hasil analisis deskriptif ini pun dapat ditampilkan dalam bentuk diagram batang, tabel distribusi frekuensi, histogram, dll.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Analisis Inferensial

Pada penelitian kuantitatif, masih terdapat satu lagi teknik analisis data yang dapat digunakan yaitu analisis inferensial. Teknik ini digunakan untuk menarik kesimpulan populasi yang diambil berdasarkan sampel. Teknik analisis inferensial ini menggunakan rumus-rumus statistik yang lebih rumit dibandingkan dengan analisis deskriptif. Analisis inferensial ini dapat membantu peneliti dalam mengetahui hubungan antara variabel independen (variabel bebas) dengan variabel dependen (variabel terikat).

Teknik Analisis Data


3. Analisis Konten

Setelah mengetahui beberapa contoh teknik analisis data kuantitatif, selanjutnya kita akan mengenali beberapa contoh teknik analisis kualitatif, yaitu analisis konten atau analisis isi. Analisis konten merupakan teknik analisis data yang bertujuan untuk membahas secara mendalam mengenai isi informasi atau menggambarkan karakteristik dari suatu pesan. Terdapat beebrapa syarat penggunaan analsisi kontens yaitu seperti data yang berasa dari sebagian besar bahan terdokumentasi dan terdapat keterangan pelengkap sebagai metode pendekatan terhadap data.

Teknik Analisis Data


4. Analisis Naratif

Contoh teknik analisis kualitatif lainnya adalah analisis naratif, yaitu teknik analisis naratif. Analisis naratif ini merupakan teknik analisis yang digunakan dalam ilmu sosial. Dalam penggunaan teknik ini peneliti dituntut untuk memahami identitas dan pandangan yang mengacu pada cerita-cerita. Analisis naratif ini mengacu pada studi cerita seperti sejarah, novel fiksi, dongeng, autobiografi, dll. Dalam analisis naratif ini memiliki beberapa bentuk pendekatan, yaitu pendekatan atas bawah dan pendekatan bawah atas. 

Teknik Analisis Data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


5. Pelajari Dasar Teknik Analisis Data di DQLab

Teknik analisis data adalah suatu bagian penting dalam penelitian. Pemilihan teknik analisis data yang tepat akan sangat berpengaruh dalam proses analisis dan hasil analisis data. Dengan memilih teknik analisis data yang tepat maka hasil analisis akan lebih valid dan akurat. Kita dapat mempelajari dasar=dasar teknik analisis data di DQLab


Belajar teknik analisis data di DQLab memiliki beberapa keunggulan seperti dapat belajar secara live code, tersedia berbagai macam modul dengan beberapa bahasa pemrograman yang berbeda, serta tersedia ebook yang dapat diakses dengan gratis sebagai referensi tambahan dalam belajar.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!