[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 7 Menit 10 Detik 

Cuplikan Modul Data Science R DQLab untuk Beginner

Belajar Data Science di Rumah 08-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a243fd8ef1289b9b778e3361a8f5a142_x_Thumbnail800.jpg

Modul Introduction to Data Science with R adalah salah satu modul gratis data science yang disediakan oleh DQLab untuk mempermudah pemula dalam belajar data science. Modul ini membahas tentang penggunaan live code editor dan dasar bahasa pemrograman R atau R programming language. Modul Introduction to Data Science with R dipersiapkan bagi pemula data yang akan berkarir menjadi seorang data scientist. Ada dua chapter yang bisa dipelajari oleh beginner atau pemula data dalam modul Introduction to Data Science with R. Chapter pertama membahas tentang DQLab Live Code Editor dan dasar-dasar penggunaan bahasa pemrograman R.


Mulai dari Data Scientist dan R, apa dan kenapa R, perusahaan mana saja yang sudah menggunakan R, quiz kenapa menggunakan R. Lalu ada praktek “Hello World” selayaknya melakukan penulisan bahasa pemrograman sesungguhnya. Lanjut ada praktik angka dan perhitungan dalam penggunaan bahasa pemrograman R. Terakhir ditutup dengan penulisan variabel dalam bahasa pemrograman R.


Lanjut, pada chapter kedua dibahas terkait dengan penggunaan comment, vector dan fungsi summary untuk mengenal karakteristik data dalam R. Lebih lanjut akan dibahas satu persatu melalui penggunaan comment pada bahasa pemrograman R, praktik penggunaan comment, penerapan vector pada R. Sebagai informasi tambahan bahwa penggunaan vektor pada bahasa pemrograman R dibagi menjadi dua. Praktek penggunaan vektor bagian satu dan bagian dua. Terakhir materi bahasa pemrograman melalui modul Introduction to Data Science with R ditutup dengan menggunakan fungsi Summary. Tidak heran jika peserta kursus juga mendapatkan bocoran dan bahan-bahan belajar berupa modul data science.


Salah satu kursus data science yang ada di Indonesia adalah DQLab. Bisa dibilang DQLab merupakan kursus data science yang bereputasi sehingga mampu melahirkan talenta data berbakat untuk bisa terjun beralih karir ke tech company. Dengan keunggulan fiturnya yaitu live code editor dan user interface yang keren membuat member betah untuk belajar secara online kapanpun dan dimanapun bisa diakses selama ada koneksi internet. Selain itu, DQLab juga memberikan beberapa modul atau kelas gratis yang bisa kamu nikmati cukup dengan sign up ke website resmi DQLab. Salah satu kelas gratis yang diberikan oleh DQLab adalah introduction data science yang terbagi atas dua kelas gratis lainnya yaitu yang menggunakan bahasa pemrograman R dan python.


Kali ini kita khusus mau bahas cuplikan modul gratis DQLab yang Introduction to Data Science with R. Mau tau apa aja cuplikan isi modulnya yang tersedia di modul tersebut? Kali ini DQLab akan bagikan khusus untuk kamu! Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1. Data Scientist dan Kenapa R

Pada modul DQLab, Introduction to Data Science with R, dikenalkan kenapa harus menggunakan bahasa pemrograman R. Data Scientist merupakan profesi yang sangat menjanjikan saat ini. Sebagai seorang data scientist tentunya kamu akan bekerja dengan cara merubah data-data yang sebelumnya tidak kelihatan berguna menjadi informasi yang berharga. 

data science

Untuk mewujudkan hal itu, seorang data scientist memerlukan tool (kakas atau peralatan) dalam bentuk sebuah perangkat lunak (software). Software yang diperlukan diusahakan cukup simpel namun kuat (simple but powerful) dalam penggunaannya. Nah, software yang dimaksud itu dinamakan dengan R. R merupakan software pemrograman untuk pengolahan dan pemodelan berbasis data.

Kenapa R

  • R sangat populer saat ini karena tiga hal berikut:

  • Banyak pilihan pengolahan data dengan jumlah fitur yang sangat komplit - dari grafik sampai machine learning.

  • Lebih cepat dipelajari dan dijalankan untuk mengolah data dibandingkan dengan bahasa lain. 

  • R bersifat gratis dan open source yang artinya, tidak perlu biaya lisensi yang biasanya sangat mahal untuk software pengolahan data.


Baca juga: Penerapan Algoritma Data Science Dalam Applicant Tracking System


2. Variabel dalam R

Selanjutnya dalam modul Introduction to Data Science juga dikenalkan aturan dalam penggunaan variabel pada R. Angka -angka yang kita gunakan dapat juga disimpan dengan sesuatu yang dinamakan variabel. variabel memiliki nama yang dapat kita definisikan dan gunakan untuk mengambil nilainya kembali. Sebagaimana bahasa pemrograman lain, dalam bahasa pemrograman R terdapat beberapa ketentuan dalam mendefinisikan Variabel. Berikut beberapa ketentuan pendefinisian/penamaan variabel dalam R:

1. Nama variabel merupakan kombinasi dari huruf, angka, dan karakter.

2. Tidak diperkenankan menggunakan angka di awal nama variabel.

3. Kapital berpengaruh dalam nama variabel(case sensitive)

4. Nama variabel tidak boleh sama dengan nama fungsi/syntax dalam bahasa pemrograman R

Contoh penulisan variabel dalam R dapat dilihat pada bagian dibawah ini:

data science


3. Penggunaan Comment Pada R

Comment merupakan teks untuk menambahkan keterangan pada kode yang ditulis. Penambahan keterangan ini akan mengingatkan kita kembali ketika membuka code tersebut di suatu waktu di masa depan. 

Comment tidak dianggap sebagai code yang dapat dieksekusi. 

Penggunaan comment dalam bahasa R dapat dilakukan dengan mengawali suatu teks dengan tanda '#'.

Berikut ini merupakan contoh penggunaan comment

10 + 7 #Ini adalah baris komentar 

atau seperti ini


#Ini adalah baris komentar.

10 + 7

Contoh penulisan comment dalam R dapat dilihat pada bagian dibawah ini:

data science


4. Penggunaan Vector Pada R

Vector merupakan sebuah struktur data yang dapat menyimpan lebih dari satu data yang akan digunakan di R.

Penggunaannya sangat sederhana, yaitu menggunakan fungsi c disertai data-data yang ingin disimpan. Perhatikan potongan kode berikut

c(5, 10, 20)

ini artinya kamu akan menyimpan nilai 5, 10 dan 20 dalam satu struktur yang disebut vektor. Selanjutnya, jika kamu ingin menyimpan rangkaian angka yang terurut, misalkan angka 1 sampai dengan 20, maka kamu dapat mengetikkan potongan kode berikut

c(1:20)


Contoh penulisan vector dalam R dapat dilihat pada bagian dibawah ini:

data science


Baca juga:  Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Sudah Sampai Mana Belajar Bahasa Pemrogramannya? 

Sahabat DQ, udah pada tahu belum nih kalau bahasa pemrograman Data Science itu banyak variasinya! Sebelum kamu penasaran kita spill yuk, bahasa pemrogramannya. Di DQLab ternyata ada tiga bahasa pemrograman yang bisa Sahabat DQ pelajari. Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang telah tersedia roadmap pembelajaran yang telah dirancang khusus oleh data mentor yang pastinya berpengalaman di ranah industri data.


Sahabat DQ juga bisa akses modul-modul lengkap jika berlangganan menjadi Premium Member Lho!  Dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software tamabahan. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. 


Data Science


Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya.


Penulis: Reyvan Maulid


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!