3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 8 Menit 22 Detik

Dalami MySQL sebagai Pondasi dalam Pelatihan Employee

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-06-2023-12-02-144233_x_Thumbnail800.jpg

MySQL merupakan salah satu Database Management System (DBMS) yang cukup populer digunakan oleh para praktisi data, baik yang masih pemula maupun yang sudah berada di level advanced. MySQL bisa memberikan pondasi yang kuat untuk proses pengelolaan dan manipulasi data. Pada dasarnya, MySQL ini hanyalah tools yang digunakan untuk memproses data, sementara bahasa yang digunakan tetap menggunakan bahasa SQL.


Hal yang paling penting dalam pelatihan MySQL untuk employee adalah memahami dasar-dasar MySQL. Karena hal ini bisa dijadikan sebagai tahapan penting untuk memastikan apakah peserta sudah memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana menggunakan MySQL secara efektif. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi empat poin kunci yang merupakan dasar-dasar MySQL yang diajarkan dalam pelatihan employee.


1. Pengenalan SQL: Bahasa Universal Database

SQL merupakan bahasa universal yang digunakan untuk memproses data dalam database. Meskipun DBMS yang tersedia saat ini sangatlah banyak, namun tetap saja DBMS tersebut menggunakan SQL untuk berkomunikasi.

  • Struktur Dasar Query:

    Employee akan belajar dasar-dasar menulis query SQL, termasuk SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE. Mereka akan memahami bagaimana mengambil data dari tabel, menyisipkan data baru, memperbarui data yang sudah ada, dan menghapus data.


    Pada dasarnya, struktur dasar query SQL adalah sebagai berikut:

SQL

  • Perintah DDL dan DML:

    Employee akan memahami perbedaan antara perintah Data Definition Language (DDL) seperti CREATE dan ALTER, dengan perintah Data Manipulation Language (DML) seperti SELECT dan UPDATE. Ini adalah hal penting untuk dikuasai karena akan dibutuhkan saat merancang dan mengelola struktur basis data.

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Manajemen Tabel dan Basis Data

  • Pembuatan Tabel dan Struktur Database:

    SQL

    Employee juga akan belajar bagaimana cara membuat tabel, menentukan tipe data kolom, serta merancang struktur database. Dalam hal ini akan melibatkan pemahaman tentang primary key, foreign key, dan hubungan antar tabel.

  • Pembaruan Struktur Tabel:

    Employee bisa memahami cara memperbarui struktur tabel menggunakan perintah ALTER. Perintah ini akan melibatkan penambahan atau penghapusan kolom, perubahan tipe data, serta penambahan indeks.

SQL


3. Optimasi dan Penyusunan Query

  • Penggunaan Indeks:

    Pelatihan juga akan membahas tentang penggunaan indeks untuk meningkatkan kinerja query. Employee akan memahami bagaimana indeks dapat digunakan untuk mempercepat pencarian dan penyusunan data.

SQL

  • Penyusunan Query yang Efisien:

    Employee juga akan diajarkan teknik penyusunan query yang efisien, termasuk penggunaan indeks, penghindaran subquery yang tidak efisien, dan optimalisasi struktur query.

    -- Contoh penyusunan query

    SELECT column1, column2 FROM table WHERE condition ORDER BY column1 LIMIT 10;


4. Keamanan dan Administrasi Basis Data

  • Manajemen Izin Pengguna:

    Employee akan diberikan pemahaman terkait cara memberikan dan mencabut izin kepada pengguna. Dalam hal ini akan melibatkan pengelolaan hak akses seperti SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE.

SQL

  • Perlindungan Terhadap SQL Injection:

    Employee juga akan dilatih untuk memahami risiko SQL Injection dan menerapkan praktik-praktik keamanan seperti sanitasi input dan penggunaan parameter untuk mencegah serangan tersebut.

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Pelatihan employee dengan MySQL adalah sebuah langkah awal untuk memaksimalkan manajemen basis data yang kita miliki. Melalui pemahaman mendalam tentang dasar-dasar MySQL, employee dapat membangun fundamental yang kuat saat bekerja dengan relational database. Pelatihan ini tidak hanya memastikan keefektifan operasional tim, tetapi juga membantu menjaga keamanan dan konsistensi data, yang menjadi kunci dalam lingkungan perusahaan yang berkembang pesat.


Untuk kamu yang tertarik belajar SQL, DQLab menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Selain itu, Bootcamp Data Analyst with SQL and Python juga termasuk kelas yang direkomendasikan bagi pemula yang ingin melakukan pembelajaran data untuk menjadi seorang Data Analyst. Tentunya nanti kita akan dihadapkan dengan study case yang bisa menambah portfolio data.


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :