TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 43 Menit 8 Detik

Dampak Negatif Adanya SQL Injection bagi Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 10-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-06-2024-01-09-153124_x_Thumbnail800.jpg

SQL injection adalah bentuk kejahatan digital yang melibatkan peretasan query atau sistem keamanan ke dalam database. Tentu saja bentuk serangan ini akan menimbulkan risiko bagi organisasi dan bisnis. Apa sajakah itu? Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan 4 dampak negatif yang ditimbulkan oleh SQL injection. Beberapa rekomendasi pencegahan juga diberikan untuk meminimalkan dampak ini. Pelajari lebih lanjut dengan membaca pembahasan berikut!


1. Kehilangan Data Rahasia

SQL

SQL injection adalah teknik serangan yang dapat merugikan bisnis dengan berbagai cara, yang pertama dan yang paling mencolok adalah kehilangan data rahasia. Dalam serangan SQL injection, hacker dapat memasukkan perintah SQL berbahaya ke dalam input aplikasi web, yang kemudian dieksekusi oleh server database.


Jika aplikasi tidak memadai untuk melindungi inputnya, penyerang dapat memperoleh akses tidak sah ke basis data dan mencuri atau merusak data rahasia, seperti informasi pelanggan, rincian keuangan, atau catatan transaksi bisnis. Kehilangan data rahasia dapat menyebabkan kerugian kepercayaan pelanggan, sanksi hukum, dan merusak reputasi bisnis, yang semuanya dapat berdampak negatif pada keberlanjutan dan pertumbuhan perusahaan.


Selain itu, SQL injection juga dapat menyebabkan rentannya keamanan yang lebih lanjut dapat dimanfaatkan untuk merugikan bisnis. Hacker dapat menggunakan serangan SQL injection untuk memodifikasi atau menghapus data, mengeksploitasi celah keamanan untuk mendapatkan kontrol penuh atas sistem, atau bahkan membuat serangan terhadap pengguna dan infrastruktur bisnis.


Dampak dari serangan semacam ini dapat mencakup kehilangan integritas data, gangguan operasional, dan biaya pemulihan yang signifikan. Oleh karena itu, perlindungan terhadap SQL injection menjadi kritis bagi bisnis untuk memastikan keamanan data dan kelangsungan operasional yang stabil.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pelanggaran Privasi Pelanggan

SQL

Pelanggaran privasi pelanggan merupakan dampak negatif yang serius dari SQL injection dan dapat merugikan bisnis. Dengan menggunakan teknik ini, hacker dapat mengakses dan mencuri informasi pribadi pelanggan yang disimpan dalam basis data perusahaan. Data seperti nama, alamat, nomor telepon, dan bahkan informasi keuangan dapat menjadi target serangan.


Pelanggaran privasi ini tidak hanya menimbulkan kerugian finansial bagi bisnis karena denda privasi yang mungkin diterapkan oleh otoritas pengawas atau lembaga pemerintah, tetapi juga dapat merusak reputasi perusahaan secara substansial. Pelanggan yang merasa bahwa privasi mereka tidak aman mungkin kehilangan kepercayaan pada bisnis tersebut, menyebabkan penurunan kepuasan pelanggan, dan bahkan kehilangan pelanggan secara keseluruhan.


Selain itu, dampak pelanggaran privasi pelanggan melibatkan risiko penyalahgunaan informasi yang dicuri oleh hacker. Informasi pribadi yang diterima orang tidak bertanggung jawab dapat digunakan untuk berbagai tindakan penipuan, identitas palsu, atau serangan siber lainnya terhadap pelanggan. 


Hal ini tidak hanya merugikan pelanggan secara individual, tetapi juga dapat menciptakan masalah hukum dan regulasi yang lebih besar bagi bisnis yang tidak dapat melindungi data pelanggan dengan baik. Oleh karena itu, implementasi langkah keamanan yang kuat untuk mencegah SQL injection dibutuhkan untuk menjaga kepercayaan pelanggan.


3. Kerugian Keuangan

SQL

Serangan SQL injection juga dapat memungkinkan hacker untuk mengakses, mengubah, atau menghapus data penting dalam basis data perusahaan, termasuk informasi keuangan dan transaksi bisnis. Keberhasilan serangan semacam ini dapat menyebabkan kerugian keuangan langsung, seperti pencurian dana atau manipulasi transaksi keuangan. Selain itu, bisnis juga bisa menghadapi biaya tambahan untuk memulihkan data yang hilang, meningkatkan keamanan sistem, dan mengatasi dampak reputasional yang berdampak pada kredibilitas.


Selain itu, serangan SQL injection dapat menyebabkan downtime operasional, mengganggu aktivitas bisnis normal, dan menyebabkan hilangnya pendapatan karena layanan yang terganggu atau pelanggan yang beralih ke kompetitor. Oleh karena itu, investasi dalam keamanan siber diperlukan untuk mencegah serangan SQL injection.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Reputasi Bisnis yang Buruk

SQL

Serangan ini dapat menyebabkan ketidakpercayaan dari pelanggan, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya. Jika data pelanggan atau informasi bisnis yang rahasia menjadi tujuan serangan, reputasi bisnis dapat menjadi buruk. Pelanggan yang merasa bahwa perusahaan tidak dapat menjaga keamanan data mereka mungkin mencari penyedia layanan atau produk lain, sehingga secara langsung berdampak pada pendapatan dan pertumbuhan jangka panjang.


Selain itu, dampak reputasional dapat diperparah oleh respons perusahaan terhadap serangan SQL injection. Jika pelanggan merasa bahwa respons terhadap pelanggaran keamanan tidak memadai atau transparansi tidak dijaga, persepsi negatif terhadap bisnis akan semakin memburuk. Perusahaan yang tidak dapat melindungi data pelanggan dengan efektif dan tidak mengambil tindakan yang cepat dan tepat dapat dianggap kurang bertanggung jawab.


Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sangat penting untuk memiliki keahlian yang cukup untuk melindungi database. Selain itu dibutuhkan audit database secara rutin untuk mencegah adanya SQL Injection. Sehingga untuk melakukan tindakan tersebut, dibutuhkan pemahaman SQL yang kuat. Supaya dapat melakukan tindakan enkripsi data yang mendeteksi serangan. Darimana belajar SQL yang sesuai dengan kebutuhan tersebut? 


DQLab adalah jawabannya. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai kasus. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan perkuat kemampuan SQL kalian untuk melindungi database dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :