[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 20 Menit 10 Detik 

Data Analisis di Excel, Jalan Pintas Kelola Data Anti Ribet

Belajar Data Science di Rumah 29-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/57b3e0f5b940e3c7d9f31f9ea933581c_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan software spreadsheet yang dapat memudahkan pengolahan data yang sudah ada sejak 1987 dan telah digunakan di hampir setiap kantor oleh karyawan dari berbagai jabatan dan berbagai divisi. Salah satunya yaitu digunakan untuk data analisis di Excel. Microsoft Excel sangat powerfull karena cepat, mudah untuk dipelajari dan digunakan. Oleh karena itu, Excel masih mampu bersaing dengan tools-tools analisis data lainnya. 

 

Di Excel tersedia banyak formula yang dapat kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita baik untuk kegiatan laporan keuangan hingga data analisis. Data analisis adalah serangkaian proses yang terdiri dari penerapan statistik dan/atau teknik logis yang sistematis untuk menggambarkan dan mengilustrasikan, merekap, serta mengevaluasi data sebagai bentuk pengambilan keputusan bisnis. Selain itu, dibalik sifatnya yang user friendly, Excel merupakan software yang justru dirancang untuk memecahkan masalah statistika yang lebih rumit.

 

Adapun formula dan fitur yang bisa digunakan untuk data analisis adalah Analysis ToolPak. Selain fitur tersebut terdapat dua formula penting yang bisa kamu coba untuk membantu proses data analisis kamu. Fitur dan formula tersebut akan kami bahas dalam satu artikel ini. Yuk, kita simak bersama-sama!

 

1. VLOOKUP

VLOOKUP (pencarian vertikal) merupakan fungsi Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam kolom yang disebut table array, setelah data yang dicari ditemukan, maka nilai akan dikembalikan di kolom yang berbeda dalam baris yang sama. VLOOKUP akan sangat bermanfaat ketika kita dihadapkan harus menemukan nilai tertentu yang berada pada dataset yang jumlahnya besar. Misalnya, jika kita memiliki daftar bulan dalam setahun dengan keuntungan yang dibuat di setiap bulan, maka formula ini dapat menyajikan data dari bulan yang kita inginkan. Kita bisa melihat syntax penggunaan VLOOKUP pada Excel dibawah ini

Syntax :
=VLOOKUP(value, range ,nomor_kolom,[true or false])

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pivot Table

Setelah VLOOKUP kini ada pivot table yang tak kalah penting untuk membantu dalam proses analisis data. Menurut Christopher Lee, pivot table adalah tabel yang menampilkan data lebih detail, lebih interaktif, mengelompokkan data lebih cepat dan mudah, meringkas data dalam jumlah yang besar, serta melakukan berbagai macam perhitungan dengan cepat. 

 

Pivot table merupakan fitur untuk melakukan analisis data dan mudah dalam pengaplikasiannya selain itu, layout dapat dikustomisasi sesuai dengan keperluan misalnya, kita bisa membuat pengelompokan data yang berdasarkan kategori yang dibutuhkan, membuat ringkasan pada perhitungan fungsi-fungsi lain dalam Excel seperti, SUM, Average dan sebagainya. Selain itu juga kita bisa memfilter data mana saja yang kita inginkan ke dalam sebuah chart dengan mengkolaborasikan dengan fitur pivot chart dan data tabel aslinya tetap terhubung dengan jendela pivot table.

excel

3. Analysis ToolPak

Microsoft Excel menyediakan sebuah tools yang dapat digunakan untuk melakukan analisis data statistik kemudian menampilkannya dalam bentuk tabel atau grafik kita hanya perlu  menyediakan data dan juga variabel yang akan digunakan. Tools tersebut adalah analysis toolpak. Dalam fitur ini juga terdapat beberapa banyak fungsi seperti Anova yang digunakan untuk melakukan analisis sederhana tergantung pada faktor dan sampel yang kita miliki berdasarkan populasi yang ingin kita uji. 

 

Fungsi lain seperti Correlation dan Covariance : kedua tools ini dapat digunakan untuk melihat hubungan antar variabel, dan masih ada banyak fungsi lainnya seperti Descriptive Statistic, Exponential Smoothing, F-Test Two Sample of Variances, Fourier Analysis, Histogram, Moving Average, Random Number Generation, Rank and Percentile, Regression, Sampling, t-Test, dan z-Test. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat contoh penerapan analysis toolpak untuk descriptive statistic.

excel

Pertama-tama kamu perlu menyiapkan sampel data seperti pada gambar diatas. Setelah itu klik menu Data -> Data Analisis -> Descriptive Statistic seperti pada gambar dibawah ini.

excel


Setelah itu pada kolom input kamu pilih range kolom dari B2 sampai B21 seperti pada gambar dibawah ini


excel

Secara otomatis akan menghasilkan summary mulai dari mean hingga count seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini,

excel

 

4. Remove Duplicate

Dalam berhadapan dengan data yang banyak tak jarang kita menghadapi data ganda atau duplikat. Apabila kita dihadapkan dengan dua hal yang dapat kita lakukan dengan data duplikat yaitu dengan dua langkah yaitu Highlight It lalu Delete It. Untuk meng-highlight data tersebut kita cukup men-select data dan pada menu home -> conditional formatting ->  highlight cells rules ->duplicate values. Setelah itu tentukan pemformatan dan semua nilai duplikat akan disorot.


Jika sudah selanjutnya kita tinggal melakukan delete duplicate value yang telah disorot tadi, dengan cara pilih menu data -> remove duplicate kemudian akan muncul jendela untuk memilih kolom mana saja yang ingin kamu hapus data duplikatnya dan secara otomatis data duplikat tersebut akan terhapus.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel

 

5. Yuk, Belajar Excel Pemula Hingga Mahir yang Aplikatif Bersama DQLab

excel


Apakah Sahabat DQ tahu? Selain keterampilan menguasai bahasa pemrograman, menguasai tools spreadsheet powerful sekelas Microsoft Excel itu ngga kalah penting, lho. Terutama untuk kamu yang berprofesi atau ingin berkarir sebagai seorang Admin. 


Kamu penasaran ingin mengukur kompetensi kamu menggunakan Microsoft Excel? Buruan, coba mini quiz dari DQLab sekarang. Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu Quiz.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago Excel bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Platinum Excel di DQLab!

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!