BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 44 Menit 27 Detik 

Data Analyst : Intip Keterampilan, Tanggung Jawab dan Tugasnya!

Belajar Data Science di Rumah 02-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b6f6714419512dac0e1fae5a725dddb_x_Thumbnail800.jpg

Data telah mengubah wajah dunia kita dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir ini. Banyak email, pesan teks yang kami bagikan, video youtube yang kita tonton itu hampir 2,5 triliun byte data yang kita hasilkan setiap hari di seluruh dunia. Bisnis, baik yang skala besar atau kecil pasti berurusan dengan volume data yang besar, dan banyak tergantung pada kemampuan mereka untuk mengumpulkan wawasan yang berarti dari data tersebut. Itu merupakan goals dari seorang data analyst. Mereka menafsirkan data statistik dan mengubahnya menjadi informasi berguna yang dapat digunakan oleh perusahaan dan organisasi untuk pengambilan keputusan penting.


Organisasi di semua sektor semakin bergantung pada data untuk membuat keputusan bisnis penting seperti produk apa yang harus dibuat, pasar mana yang harus mereka masuki, investasi apa yang harus dilakukan atau pelanggan mana yang akan ditargetkan. Mereka juga menggunakan data untuk mengidentifikasi area yang lemah dalam bisnis yang perlu ditangani. Adanya permasalahan-permasalahan yang perlu dipecahkan ini membuat data analyst menjadi salah satu pekerjaan dengan permintaan tertinggi di seluruh dunia. Jadi, jika kamu salah satu orang yang ingin berkarir sebagai data analyst rasanya ini adalah artikel yang tepat untuk mencari tahu tentang keterampilan, tanggung jawab serta tugas data analyst.


1. Mengapa Belajar Data Analyst Penting ?

data analyst

Sebenarnya dari beberapa narasi sebelumnya sudah terlihat pola mengapa eksistensi Data Analyst itu penting. Pertama, karena perkembangan teknologi. Faktanya semakin hari teknologi terus mengalami perkembangan, dan hal ini selaras dengan perkembangan data-data yang dimiliki suatu perusahaan/instansi yang membuat media penyimpanan mereka sudah tak mampu lagi untuk menyimpan data. Solusi yang paling tepat untuk mengatasi permasalah tersebut dengan menggunakan prinsip big data, yang mana seorang Data Analyst akan menyusun data-data tersebut secara terstruktur. Kedua, karena persaingan bisnis. Hampir semua sektor bisnis berlomba-lomba mulai mendigitalisasikan seluruh kegiatan tata kelola mereka. Persaingan bisnis tinggi, jika tidak dibarengi dengan kemampuan analisis yang baik untuk pengambilan keputusan dapat mengakibatkan perusahaan mengalami kebangkrutan.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Keterampilan yang Harus Dimiliki Data Analyst

data analyst


Seorang data analyst yang sukses harus memiliki kompetensi kombinasi antara keterampilan teknis dan non teknis. Oleh karena itu, jika kamu berangkat dari latar belakang pendidikan matematika, statistik, ilmu komputer, manajemen informasi, atau ekonomi bisa berfungsi sebagai dasar yang kuat untuk membangun karir kamu sebagai data analyst. Tetapi, jika kebetulan kamu adalah pemula yang memang tidak memiliki dasar-dasarnya sekalipun tetap bisa mempelajari keterampilan-keterampilan berikut ini:


  • Keterampilan matematika yang kuat untuk membantumu mengumpulkan, mengatur dan menganalisis data.

  • Memahami bahasa pemrograman seperti R, Python, Oracle, SQL, MATLAB

  • Mahir dalam pengembangan desain database, model data dan teknik data mining 

  • Memahami framework Javascript, XML, ETL 

  • Menguasai penggunaan platform hadoop dan spark

  • Terbiasa menggunakan software untuk visualisasi data seperti tableau

  • Kemampuan story telling dan menulis laporan 

  • Keterampilan berkomunikasi verbal dan tertulis


3. Tugas Profesi Data Analyst

data analyst

Jika kamu perhatikan di beberapa situs lowongan kerja seperti linkedin job desc data analyst di tiap-tiap perusahaan bervariasi tergantung dengan jenis industri yang dijalani. Maka dari itu beberapa tugas dan peran data analyst dibawah ini merupakan gambaran secara umumnya saja. Adapun tugas dan peran data analyst seperti pada tabel berikut:


  • Melakukan pengumpulan data dan melakukan data preprocessing tahap awal

  • Bertanggung jawab atas analisis statistik dan interpretasi data

  • Optimalkan efisiensi dan kualitas statistik

  • Memanipulasi database dengan bahasa query

  • Melakukan reporting dan visualisasi data untuk menceritakan kesimpulan yang telah di dapat

  • Memastikan kualitas dan pemeliharaan data


4. Peran Data Analyst Di Perusahaan

Secara umum, peran seorang Data Analyst memiliki tanggung jawab untuk menerjemahkan data mentah seperti data penjualan, logistik, atau laporan tahunan guna menemukan suatu insight baru di balik data tersebut yang dapat digunakan oleh divisi yang terkait dalam bentuk laporan. Adapun tahapan yang harus dilakukan oleh Data Analyst mulai dari mengumpulkan data, mengolah data serta menganalisis data berdasarkan data dari berbagai sumber data di perusahaan terkait. Goals dari seorang Data Analyst adalah memvisualisasikan data yang telah dianalisa tadi dengan tools tertentu, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan untuk kemajuan suatu perusahaan


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Yuk, Mulai Belajar Data Analyst dari Nol Hingga Advance!

Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita









Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :