2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 10 Menit 54 Detik

Data Analyst juga Perlu Upgrade Belajar SQL, Lho!

Belajar Data Science di Rumah 01-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-06-2024-05-01-111853_x_Thumbnail800.jpg

SQL (Structured Query Language) merupakan salah satu bahasa query yang banyak digunakan oleh para pengelola database. SQL ini sangat digunakan untuk pengaksesan sistem basis data relasional. Bahkan saat ini hampir semua server basis data mendukung bahasa SQL untuk memproses manajemen data. Dalam SQL ini terdiri dari berbagai macam fungsi atau fitur, salah satunya adalah SQL join table yang secara umum berfungsi untuk menggabungkan tabel yang saling berkaitan.


Data analyst adalah salah satu profesi yang bergerak dalam bidang data. Data analyst sama dengan profesi lainnya, yaitu memiliki beragam tugas yang perlu dilakukan. Perusahaan yang memiliki kepentingan yang berbasis data memerlukan bantuan data analyst untuk beberapa kepentingan. Data analyst menggunakan berbagai bahasa pemrograman salah satunya adalah SQL. Dengan demikian seorang data analyst perlu menguasai SQL untuk mempermudah pekerjaannya.


1. Tugas Data Analyst

Data analyst memiliki tanggung jawab dan peranan penting dalam perusahaan. Seorang data analyst tentu memiliki beberapa tugas yang perlu diketahui. Beberapa tugas data analyst antara lain seperti

  • mengumpulkan data yang akan dianalisis

  • menganalisis data, untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang bisa digunakan

  • mengekstrak data

  • merancang dan memelihara database

  • memiliki kerjasama tim yang baik

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Skill Data Analyst

Menjadi seorang data analyst adalah impian banyak orang di masa kini. Untuk menjadi data analyst yang profesional tentu diperlukan skill data analyst yang bisa diikuti untuk menunjang kerjanya. Beberapa skill data analyst yang bisa mulai dipelajari antara lain menguasai bahasa pemrograman, menguasai software yang membantu penyelesaian, menguasai statistik dan matematika, bisa memvisualisasikan data dan presentasi atau menyampaikan hasil analisis.

SQL


3. SQL

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa salah satu skill yang perlu dikuasai adalah menguasai bahasa pemrograman, seperti SQL. SQL termasuk ke dalam bahasa query yang sering digunakan dalam pengelolaan database baik untuk mengakses database, mengedit database maupun memanipulasi database. SQL ini menjadi salah satu bahasa query yang banyak digunakan oleh para programmer. Mempelajari SQL berarti akan memudahkan dalam proses penanganan database dan proses analisis data kedepannya.

SQL



4. Tipe Data dan Perintah Dasar SQL

SQL memiliki beragam tipe data yang bisa digunakan sebagai acuan untuk menggunakan software. Beberapa tipe data SQL yang sering digunakan antara lain seperti binary, numeric, string, date & time, dan boolean. SQL juga memiliki beberapa perintah dasar seperti DDL (Data Definition Language), DQL (Data Query Language), DML (Data Manipulation Language), dan lainnya.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Data analyst adalah suatu profesi yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan memegang peranan penting di dalamnya. Untuk menjadi seorang data analyst yang terampil diperlukan berbagai skill dan perlu terus dilatih.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login