2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 25 Menit 0 Detik

Belajar Data Analyst Pemula dengan Tiga Bahasa Pemrograman Ini Bersama DQLab!

Wede 02-November-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cbdf7c21a0ca320b364e1bff8564a02c_x_Thumbnail800.png

Belajar data analyst adalah salah satu cara yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang praktisi data. Salah satu komponen atau posisi dalam bidang data science ini merupakan posisi yang menjanjikan jika ingin didalami. Karena dalam hirarkinya data analyst menempati posisi ketiga dalam lingkaran profesi data science yaitu data scientist, data engineer, dan data analyst.


Belajar data analyst akan membantu kamu dalam mendapatkan banyak pengetahuan tambahan yang juga dapat kamu implementasikan kedalam real case industri. Namun, bagi kamu yang bingung untuk mengawali belajar sebagai seorang data analyst kamu tidak perlu khawatir lagi karena DQLab sudah menyediakan akses pembelajaran untuk menjadi seorang praktisi data dengan harga yang sangat terjangkau. 


Belajar data analyst di DQLab menggunakan tiga bahasa populer saat ini dikalangan Data Science yaitu Python, R, dan SQL. Ketiga bahasa ini dapat kamu kuasai secara bertahap bersama DQLab. Nah, untuk kamu yang belum mengetahui ketiga bahasa pemrograman ini, DQLab akan membahas satu per satu sehingga kamu dapat menjadi seorang praktisi data. Tidak hanya belajar, bersama DQLab dan data mentor dari DQLab, kamu dapat menghasilkan portfolio data di berbagai bidang seperti industri retail, dan keuangan. Namun, sebelum pembahasan lebih rinci yuk perhatikan mind mapping artikel berikut ini. 


1. R : Implementasi Statistik yang Ringan untuk Dipelajari

R adalah nama sebuah bahasa pemrograman sekaligus software untuk pengolahan data dan grafik. R sangat populer saat ini karena memiliki jumlah fitur yang sangat besar - mencapai puluhan ribu fitur. Mulai dari membaca file teks, membaca database, menghasilkan berbagai grafik, menghasilkan dashboard yang menarik, sampai ke penggunaan machine learning - semuanya tersedia di R. Selain itu, R bersifat gratis dan open source. Artinya, dengan R kita tidak perlu biaya lisensi macam-macam untuk menggunakannya secara bebas dan luas.

 

Dunia saat ini penuh dengan data, akibat meluasnya penggunaan aplikasi smartphone dan juga pemakaian sistem pada seluruh perusahaan. Namun data-data ini belum tentu menjadi informasi yang dibutuhkan oleh organisasi dan bisnis bila tidak bisa diolah dengan baik. Sekarang muncul sebuah disiplin ilmu untuk menjawab permasalahan tersebut, ilmu yang mempelajari bagaimana mengolah data menjadi informasi yang berguna, yaitu data science.

 

Seseorang yang bekerja dengan dibekali ilmu data science dinamakan data scientist - saat ini merupakan salah satu profesi paling hot menurut LinkedIn. Untuk membantu pekerjaannya, data scientist perlu dibekali dengan aplikasi yang bagus - R dengan segala kekayaan adalah jawabannya.


Baca Juga : Belajar Data Analyst : Tips Sukses Interview Kerja Sebagai Data Analyst


2. Python : Yuk, Kenali dan Pahami Mulai dari Dasar Bersama DQLab 

Python merupakan bahasa pemrograman yang termasuk ke dalam high level programming atau bahasa pemrograman tingkat tinggi. Python dapat digunakan pada banyak kondisi seperti digunakan untuk web development, software development, mathematics, scripting, data science, big data, data mining bahkan hingga computer vision, machine learning, pemrograman android bahkan pada artificial intelligence. 


Tidak hanya itu, sebagai bahasa yang opensource python sangat cocok bagi pemula. Hal ini disebabkan karena python tidak membutuhkan biaya dalam penggunaannya. Bahasa yang dirancang dengan konsep mudah dibaca ini, memiliki dua jenis python yaitu python 2 dan python 3. Saat ini, python 3 sedang dalam proses developing atau perkembangan. 

 

3. SQL : Tingkatkan Produktivitas Penyimpanan Data

SQL atau Structured Query Language merupakan sebuah bahasa pemrograman yang efektif untuk meningkatkan produktivitas penyimpanan data. Selain itu, seluruh sistem digital di dunia saat ini dipastikan menggunakan sistem database dalam menyimpan data yang dimilikinya. Data digital yang disimpan dapat berasal dari data profil pelanggan hingga seluruh transaksi yang dilakukan oleh pelanggan selesai dilakukan.

Untuk mengolah seluruh data ini, terdapat satu konstruksi bahasa standar yang disebut dengan SQL (Structured Query Language).

 

Dengan standar ini, SQL telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas dan memungkinkan berbagai aplikasi yang dibangun dapat "berkomunikasi" dengan baik ke database. SQL bahkan diterapkan di dunia Big Data, sehingga pengadopsian bahasa ini meningkat. Ini artinya jika kamu ingin berkarir di ranah data, SQL adalah syarat mutlak yang harus dikuasai.

 

Baca Juga : 3 Hal Utama yang Perlu Kamu Persiapkan Untuk Mendapatkan Role Sebagai Data Analyst

 

4. Yuk, Mulai Kursus Data Science dengan Coba Mini Quiz Basic Data Analytics

Tetap produktif dirumah saja untuk persiapkan kompetensi Data Analyst bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati quiz GRATIS "Basic Analytics" untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. 

Bagaimana cara mengikuti quiznya? simak caranya dibawah ini :


1. Klik button dibawah untuk signup di DQLab.id

2. Masuk ke Academy.dqlab.id 

3. Pilih menu "Quiz"

4. Ikuti Quiz Basic Analytics yang tersedia

5. Selamat mencoba sahabat data DQLab!


Penulis : Tantut Wahyu

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login