TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 15 Jam 50 Menit 0 Detik 

Data Analyst vs Data Scientist, Sudah Tahu Kah Peran dan Tanggung Jawabnya?

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4ba7f9007e19dd6a43e04f88ba2442f9_x_Thumbnail800.png

Saat ini profesi dalam bidang data sudah terkenal dimana-mana. Beberapa profesi itu antara lain seperti data analyst, data scientist, data engineer, dan masih banyak lainnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa peran profesi-profesi tersebut sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan. Hal ini salah satunya dikarenakan berkembangnya data dengan sangat cepat di era perkembangan teknologi ini. Terkait beberapa profesi dalam bidang di atas, masih banyak yang tidak mengerti terkait data analyst vs data scientist. Sering kali orang mengira bahwa kedua profesi di atas memiliki peran dan tanggung jawab yang sama, padahal sebenarnya adalah berbeda.


Beberapa dari kita mungkin masih ada yang belum mengerti apakah tugas dan peran dari profesi-profesi tersebut. Bahkan ada yang belum pernah mendengar istilah tersebut. Bagi kalian yang pernah menonton drama korea berjudul ‘Start Up’ tentunya sedikit banyak mengerti bahwa dalam drama tersebut menggunakan artificial intelligence untuk membuat ‘sesuatu’ yang baru. Sebenarnya profesi ini tidak jauh berbeda dengan apa yang ada di drama tersebut. Kira-kira apa saja perbedaannya?


1. Data Analyst

Data analyst merupakan profesi yang secara umum bertugas untuk mengolah data sampai mengambil kesimpulan kemudian memvisualisasikannya. Data analyst pun bertugas untuk mencari insight dari suatu perusahaan dengan tujuan memajukan bisnis. Untuk menjadi seorang data analyst setidaknya kita perlu memiliki beberapa keterampilan seperti memahami matematika dan statistik, SQL, data visualization, microsoft excel, SAS, dan ilmu bisnis.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Data Scientist

Data scientist merupakan profesi yang bertugas menganalisis dan menafsirkan kumpulan data yang ada mulai dari mengumpulkan data, mengolah data, serta menganalisis data dalam jumlah yang besar. Selain itu data scientist juga memantau atau melihat apakah ada peluang bisnis baru berdasarkan informasi atau data yang ada. Adapun keterampilan yang perlu dimiliki oleh data scientist antara lain matematika, statistika, ilmu komputer data visualization, storytelling, machine learning, tools big data, machine learning dan deep learning.


3. Peran dan Tanggung Jawab

Setelah mengetahui definisi serta keterampilan yang dimiliki oleh data analyst dan data scientist, maka selanjutnya kita perlu mengetahui peran dan tanggung jawab kedua profesi tersebut dalam berbagai bidang terutama bidang industri. Data analyst memiliki peran dan dan tanggung jawab mengumpulkan data, melakukan preprocessing data, representasi data, visualisasi data, analisis statistik, serta interpretasi data. Sedangkan data scientist memiliki peran dan tanggung jawab mengintegrasi data, mengembangkan pemodelan, menganalisis data menggunakan machine learning dan deep learning dan ikut serta dalam perencanaan strategis analisis data.


4. Jenjang Karir dan Gaji

Setiap orang yang melakukan pekerjaan tentunya sebagian besar dari mereka mengharapkan perkembangan dirinya salah satunya adalah mencapai jenjang karir yang diinginkan. Jenjang karir dari data scientist antara lain data scientist -> senior data scientist -> senior data scientist lead -> senior principal data scientist -> assistant VP of data science -> VP of data science. Adapun jenjang karir dari data analyst adalah data analyst entry level -> data analyst junior -> data analyst senior. Bagaimana? jenjang karir yang cukup menjanjikan bukan? Selain jenjang karir yang menjanjikan, kedua profesi tersebut juga memberikan gaji yang cukup menggiurkan yaitu mulai dari sekitar Rp5.000.000 s/d Rp7.000.000 bahkan bisa lebih tergantung tingkatan karirnya.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Gapai Mimpi Jadi Data Analyst Bersama DQLab

Data analyst saat ini menjadi profesi yang populer dan sangat diminati oleh berbagai kalangan usia. Beberapa hal yang menarik dari data analyst adalah gaji yang tinggi, jenjang karir yang menjanjikan serta waktu kerja yang fleksibel dan ilmunya yang dapat terus berkembang. Untuk menjadi data analyst kita dapat mulai mempelajari teori serta praktiknya di DQLab . Caranga sangat mudah, langsung aja coba DQLab.id/signup dan tentunya ada modul gratis loh di DQLab serta dilengkapi dengan bahasa pemrograman penunjang lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!