Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Data Engineer Sebagai Arsitek pada Data Berskala Besar

Belajar Data Science di Rumah 29-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-04-2024-04-29-172001_x_Thumbnail800.jpg

Dewasa ini, peran data engineer semakin diperhitungkan berkat perkembangan big data yang sungguh mengesankan. Bisa dilihat bahwa volume data yang dihasilkan oleh organisasi terus meningkat secara eksponensial, baik dari sumber internal maupun eksternal. Dalam menghadapi ledakan data yang sangat besar, Data Engineer menjadi ujung tombak dalam menyusun strategi pengelolaan data yang efisien, baik dalam hal penyimpanan, pemrosesan, maupun proses analisis.


Tidak hanya itu, kompleksitas data yang semakin bertambah menuntut Data Engineer untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang berbagai jenis data, termasuk data terstruktur, semi-terstruktur, dan tak terstruktur. Mereka juga harus memahami beragam tools dan teknologi untuk mengelola data ini dengan baik, dari platform penyimpanan dan streaming data hingga alat analisis dan visualisasi.  Secara keseluruhan, peran Data Engineer menjadi semakin vital dalam menghadapi tantangan dan peluang yang disajikan oleh era big data. 


Sejalan dengan hal tersebut, data engineer semakin eksis data engineer semakin eksis sebagai salah satu elemen kunci dalam peta karier di dunia teknologi. Peran mereka tidak hanya dianggap sebagai posisi teknis biasa, tetapi sebagai profesi yang sangat dicari dengan prospek karier yang cerah. Kira-kira secerah apa eksistensi dari profesi ini? Simak penjelasannya yuk sahabat DQLab!


1. Peran Data Engineer selayaknya “Arsitek” Data

Data Engineer, jika diibaratkan dari sekian profesi, layaknya seorang arsitek. Hal ini karena seperti arsitek, Data Engineer bertanggung jawab untuk merancang, membangun, dan memelihara struktur yang mendasari keseluruhan "bangunan" data dalam organisasi. Seperti seorang arsitek yang memperhitungkan setiap detail dalam desain bangunan, seorang Data Engineer harus mempertimbangkan berbagai aspek dalam merancang sistem data, mulai dari kebutuhan bisnis hingga skala operasional yang diperlukan.


Selain itu, seperti arsitek yang menggunakan beragam material dan teknologi untuk membangun bangunan yang kokoh, Data Engineer juga menggunakan berbagai teknologi dan alat untuk membangun infrastruktur data yang andal. Mereka harus mengintegrasikan berbagai sistem, platform, dan alat untuk menciptakan ekosistem data yang kompleks dan berfungsi dengan baik.


Tidak hanya itu, seorang Data Engineer juga harus memiliki visi jangka panjang tentang bagaimana infrastruktur data dapat berkembang seiring dengan kebutuhan bisnis yang berubah dan teknologi yang berkembang. Mereka harus mampu merancang sistem yang fleksibel dan skalabel, sehingga dapat dengan mudah disesuaikan dengan perubahan dalam lingkungan bisnis yang dinamis.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Apa yang Membuat Profesi Data Engineer Semakin Eksis?

Banyak orang awam yang mungkin bertanya-tanya, kira-kira apa sih keistimewaan dari profesi data engineer? Kenapa data engineer merupakan salah satu profesi yang eksistensinya semakin melejit?


Pertama-tama, salah satu keistimewaan utama dari profesi data engineer adalah permintaan yang tinggi dan terus meningkat. Dengan ledakan data yang terus berlangsung dan semakin banyaknya organisasi yang menyadari pentingnya data untuk pengambilan keputusan yang cerdas, permintaan akan para ahli data seperti data engineer terus meningkat. Ini menciptakan peluang karier yang luas dan berkelanjutan bagi para profesional di bidang ini.


Kedua, data engineer memiliki peran kunci dalam mengelola data berskala besar dan kompleks. Mereka adalah arsitek yang merancang dan membangun infrastruktur data yang kokoh dan efisien, yang memungkinkan organisasi untuk menyimpan, mengelola, dan menganalisis data dengan baik. Kemampuan untuk bekerja dengan teknologi dan alat terkini serta memahami berbagai jenis data merupakan keunggulan utama dari profesi ini.


Selain itu, data engineer juga memiliki potensi untuk mempengaruhi perubahan strategis dan inovasi dalam organisasi. Dengan memberikan wawasan yang didukung data kepada tim manajemen dan pemangku kepentingan lainnya, mereka dapat membantu mengarahkan kebijakan, strategi, dan produk organisasi ke arah yang lebih sukses dan inovatif.


3. Menjadi Garda Terdepan dalam Proses Arsitektur Data

Data engineer semakin eksis karena berperan sebagai garda terdepan dalam proses analisis data. Mereka bukan hanya bertanggung jawab untuk membangun infrastruktur yang memungkinkan pengumpulan dan penyimpanan data yang efisien, tetapi juga untuk memastikan bahwa data tersebut dapat diolah dan dianalisis dengan cara yang memberikan wawasan berharga bagi organisasi.


Dalam era di mana data menjadi aset yang sangat berharga, kemampuan untuk menghasilkan wawasan yang akurat dan relevan dari data merupakan faktor kunci bagi keberhasilan bisnis. Data engineer, dengan pemahaman yang mendalam tentang teknologi dan metode analisis data, berperan dalam memastikan bahwa proses analisis data berjalan lancar dan menghasilkan hasil yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Punya Dampak bagi Kemajuan Organisasi atau Bisnis

Alasan lainnya adalah keberadaan data engineer ternyata punya dampak bagi kemajuan organisasi atau bisnis. Dengan adanya data engineer, organisasi memiliki sumber daya yang mampu mengelola, menganalisis, dan menginterpretasikan data dengan lebih efisien dan efektif. Ini berarti organisasi dapat mengambil keputusan yang lebih tepat waktu dan tepat sasaran berdasarkan informasi yang diberikan oleh data. Dalam konteks persaingan bisnis yang semakin ketat, kemampuan untuk menggunakan data sebagai aset strategis dapat menjadi pembeda yang signifikan antara organisasi yang sukses dan yang tidak.


Selain itu, permintaan pasar untuk Data Engineer terus meningkat seiring dengan pertumbuhan volume dan kompleksitas data. Banyak perusahaan mencari profesional yang memiliki keterampilan teknis yang kuat dalam pengelolaan data, serta pemahaman yang mendalam tentang bisnis dan kebutuhan pengguna akhir. Oleh karena itu, eksistensi Data Engineer tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang dalam ekosistem bisnis yang semakin tergantung pada data.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login