2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 20 Menit 43 Detik

Data Engineer vs Software Engineer, Kenali Bedanya

Belajar Data Science di Rumah 16-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-04-2024-04-16-203718_x_Thumbnail800.jpg

Jika kita mendengar istilah engineer, mungkin secara garis besar kita akan membayangkan seorang teknisi atau sebagainya. Pernahkah kalian mendengar profesi software engineer dan data engineer? Kedua profesi ini secara singkat mungkin akan terlihat sama dikarenakan sama-sama bergerak di bidang teknologi dan informasi. Namun keduanya memiliki ciri khas dan perbedaan masing-masing. Data engineer vs software engineer, apa sajakah perbedaannya? Kita akan bahas lebih lanjut di artikel berikut ini.


Perkembangan teknologi di masa kini tentu memiliki dampak yang begitu besar di berbagai bidang. Baik itu bidang teknologi, pendidikan, kesehatan, manufaktur, manajemen bisnis, dan lainnya. Hal Itu sebanding dengan diperlukannya profesi yang bisa menyeimbangkan perkembangan teknologi tersebut, antara lain seperti software engineer dan data engineer. Walaupun secara sekilas profesinya terlihat serupa, namun kedua profesi ini memiliki definisi dan tugas serta tanggung jawab masing-masing. Untuk mengenali lebih lanjut, yuk simak artikel berikut ini! 


1. Data Engineer

Data engineer adalah sebuah profesi yang berkaitan dengan data.  Seoran data engineer kini banyak dibutuhkan oleh perusahaan terutama yang memiliki data berukuran besar. Keberadaan data engineer akan sangat membantu praktisi dan lainnya seperti data analyst dan data scientist. hal ini dikarenakan seorang data engineer bertugas menyiapkan data yang akan diolah sehingga praktisi data lainnya akan lebih mudah melaksanakan pekerjaannya.  Gaji data engineer pun cukup menggiurkan serta memiliki peluang karir yang bagus. 

Data Engineer

sumber: coding studio


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Skill dan Tugas Data Engineer

Seorang data engineer hampir sama dengan profesi lainnya, yaitu memiliki tanggung jawab terhadap data perusahaan. Secara lebih spesifik, data engineer memiliki beberapa tugas sepeti mengumplkan dan mengurutkan data, menegmbangkan data sebagai materi eksperimen untuk mendukung perkembangan bisnis, dan mengelola infrastruktur perusahaan. Untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, diperlukan beberapa skill seperti pemahaman database, cloud computing, scripting, bahasa pemrograman, dan menguasai tools yang diperlukan.

Data Engineer


3. Software Engineer

Sesuai dengan namanya, software engineer adalah sebuah profesi yang berkaitan dengan software atau perangkat lunak. Saat ini telah banyak perangkat lunak yang tersedia dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Perangkat lunak tersebut tentu perlu dirancang, dikembangankan, diuji sampai divlevaluasi oleh seorang ahli di bidangnya.


Dalam hal ini seorang software engineer secara umum memiliki tugas seperti di atas. Oleh karena itu tidak mengherankan jika jurusan yang berkaitan dengan software engineering ini termasuk menjanjikan dan banyak diminati oleh para pemula.

Data Engineer

sumber: jetorbit.com


4. Skill dan Tugas Software Engineer

Jika kalian berminat menjadi software engineer maka perlu menguasai beberapa skill seperti bahasa pemrograman, software testing, object oriented design (OOD), serta komunikasi dan kerjasama dalam tim. Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab seorang software engineer antara lain mengembangkan sistem informasi, menguji kelayakan program software, mengembangkan software sesuai dengan kebutuhan, dan lainnya yang berkaitan dengan software atau perangkat lunak.

Data Engineer


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


Profesi engineer baik itu data engineer maupun software engineer sama-sama memiliki peranan dan tugas penting yang perlu dimaksimalkan dalam dunia penelgembangan data dan sfotware. Oleh karena itu kamu perlu menguasai skill-skill dasar yang diperlukan profesi tersebut.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login