PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 29 Menit 8 Detik 

Data Science & Peluangnya pada Tren Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/850b86df4182f355f5eaba3c1ba9c96e_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini kita semua sedang berada dalam era dimana segala informasi mudah diakses tanpa harus mengeluarkan biaya, tenaga serta waktu yang banyak. Kemudahan dalam mencari informasi ini memberikan berbagai dampak, salah satunya adalah meningkatnya jumlah data dengan sangat pesat. Untuk menyeimbangkan itu, kita perlu mempelajari ilmu tentang data yaitu Data Science. Kita juga perlu mengetahui beberapa alasan kenapa Data Science itu penting.


Data Science merupakan salah satu bagian dari pesatnya perkembangan teknologi digital. Bisa dibayangkan apabila sekarang ini hampir semua orang berinteraksi dengan teknologi. Contoh sederhananya mudah, andaikan kamu melakukan penelusuran melalui internet. Maka dengan bantuan Data Science, algoritma ini bisa menyaring informasi yang kamu dapatkan berdasarkan histori pencarian yang telah ada sebelumnya.


Apalagi di era digital seperti sekarang ini, pertumbuhan data semakin cepat dan juga beragam. Banyaknya data tersebut diolah dengan menerapkan ilmu Data Science. Data Science merupakan ilmu yang menjadi perbincangan hangat beberapa tahun ini. Kenapa Data Science? Seberapa penting manfaatnya di era digital seperti saat ini? 

Simak pembahasannya dibawah ini, yuk!


1. Sebagai Kompetensi Wajib di Era Digital

Seperti yang sudah disinggung di awal paragraf, lahirnya era digital ini didukung oleh boomingnya era internet di tahun 2005 dimana penggunanya bisa mencapai 1 Milyar pengguna dan hingga saat ini pengguna internet akan terus berkembang, hal tersebut selaras dengan membludaknya data. Oleh sebab itu, munculah era yang disebut Big Data. 

Eksistensi Big Data membuat Data Science menjadi kompetensi yang wajib dikuasai di era digital ini, karena dengan menerapkan Data Science maka sekumpulan data tersebut dapat diolah dengan melalui proses sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan bisnis.

Beberapa kompetensi yang wajib dikuasai oleh seorang Data Scientist seperti skill programming, analisis statistik dan matematika, analisis resiko, Machine Learning, Data Mining, pengetahuan kalkulus dan aljabar, dan penyimpanan serta struktur data besar. Seorang Data Scientist juga harus berpikir kritis, problem solving yang baik, dan kemampuan komunikasi yang efektif.


Baca juga: Teknik Data Mining pada Algoritma Data Science


2. Dibutuhkan di Berbagai Macam Perusahaan 

Beberapa waktu belakangan ini kita mengetahui bahwa saat ini sudah banyak perusahaan baru maupun lama yang mulai menyesuaikan dengan perkembangan teknologi masa kini. Salah satu contohnya adalah dalam bidang data. Data yang terkumpul sangat banyak dalam waktu yang singkat ini memiliki peranan penting dalam perusahaan. Namun data tersebut kurang berarti dan kurang bisa dipahami maknanya jika tidak dianalisis menggunakan Data Science.


Oleh karena itu saat ini semakin banyak pula dibutuhkan orang yang ahli dalam Data Science. Dengan data yang dianalisis Data Science, pihak perusahaan akan mendapatkan suatu gambaran atau kesimpulan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.


3. Ilmu yang Dapat Meningkatkan Kehidupan

Data Science tidak hanya untuk kepentingan bisnis dan pengoptimalan keuntungan namun juga dapat membantu meningkatkan kondisi hidup. Misalnya seperti dalam dunia medis, Data Science telah membantu mendorong untuk diagnosis penyakit yang canggih, penemuan obat untuk penyembuhan, dan dapat membantu pencegahan penyakit berdasarkan prediksi berbasis data.


Adapun juga Data Science memprediksi sebuah bencana alam, baik banjir, gempa bumi, dan bencana alam lainnya berdasarkan real-time data. Kehadiran teknologi dan Data Science menunjukkan sebuah harapan dan inovasi yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik lagi.


4. Persiapan Menghadapi Tren Di Era Digital

Perkembangan teknologi, melalui revolusi industri, kini memasuki era keempat yang disebut dengan “Revolusi Industri 4.0”. Saat ini teknologi informasi menjadi faktor penting untuk perkembangan industri, baik untuk bisnis hingga kehidupan sehari-hari. Maka tak heran, mempelajari Data Science menjadi salah satu hal penting untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Sebab, Data Science bisa membantumu untuk dapat menganalisis data dimanapun kamu berada, kamu pun bisa memiliki kemampuan problem solving yang baik dan skill tambahan di berbagai bidang ilmu lain yang terkait dengan ilmu matematika, statistik, dan komputer.


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


Setelah mengetahui beberapa poin diatas, yakin masih ragu untuk belajar Data Science? Yuk, tanpa ragu lagi dan mulai bergabung bersama platform belajar online DQLab untuk belajar Data Science secara FREE!

Modul DQLab disusun secara terstruktur mulai untuk beginner hingga penerapannya di berbagai bidang sehingga kamu bisa belajar Data Science dari basic hingga advanced.

Caranya mudah banget, dengan hanya coba buat akun disini DQLab.id, serta kamu juga bisa cobain free module "Introduction to Data Science with R" dan "Introduction to Data Science with Python".

Ayo, nikmati pengalaman menarik belajar Data Science yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :