2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 7 Menit 18 Detik

Data Science dalam Kegiatan Harian, Sudah Rasakan?

Belajar Data Science di Rumah 03-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-05-2024-04-05-204930_x_Thumbnail800.jpg

Halo sobat data, sadarkah kalian bahwa dari tahun ke tahun kita telah semakin banyak menggunakan kecanggihan teknologi yang mana membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien? Hal ini tentunya seimbang dengan perkembangan internet yang memiliki banyak dampak di berbagai bidang. Data science merupakan suatu bidang ilmu yang bisa membantu kita menghadapi kecanggihan teknologi tersebut. Bahkan beberapa contoh penerapan data science dalam keseharian sudah sering kita gunakan.


Perkembangan teknologi di berbagai bidang ini membuat kita perlu untuk mengimbanginya dengan ilmu yang sesuai. Data science adalah suatu disiplin ilmu yang terdiri dari berbagai kombinasi ilmu seperti matematika, statistika, teknologi informasi, bahasa pemrograman, sistem informasi, manajemen bisnis, dan sebagainya. Ilmu yang memiliki banyak pondasi seperti ini tentu memiliki begitu banyak manfaat dan telah diterapkan untuk mempermudah kegiatan keseharian kita.


Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa contoh data science dalam kehidupan sehari-hari.


1. Aplikasi Streaming Video

Jika sebelumnya ketika ingin menonton video atau film kita perlu pergi ke bioskop atau sejenisnya, maka saat ini kita tidak harus melakukan itu. Kini telah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk streaming video atau menonton video dengan cara berlangganan aplikasi streaming video tersebut. beberapa contohnya yang sering kita jumpai antara lain seperti Netflix, Viu, Disney Hotstar, dan masih banyak lainnya. Tersedianya layanan seperti ini salah satunya menggunakan penerapan dari algoritma data science.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Memprediksi Cuaca

Bagi sebagian besar orang, ada yang pekerjaannya menggantungkan kondisi cuaca terkini dan prediksi cuaca. Salah satu contohnya adalah nelayan atau pelaut. Mereka dapat menentukan tindakan jika mengetahui perkiraan cuaca terlebih dahulu. Prediksi cuaca ini dapat dilakukan dengan menerapkan machine learning.


Dengan bantuan machine learning, kondisi cuaca di suatu daerah dapat diprediksi dengan akurat yang mana nantinya mesin akan mengolah data yang diobservasi dan mendapatkan hasil berupa pola cuaca yang akan membantu dalam menganalisis cuaca.

Data Science


3. Chatbot

Pernahkah kalian menjumpai website atau aplikasi yang terdapat fitur chatbot di dalamnya? Chatbot ini sudah sering digunakan oleh para developer sebagai virtual assistant. Chatbot ini biasanya digunakan untuk berinteraksi antara pengguna dengan penyedia layanan. Chatbot diatur sedemikian rupa oleh machine learning agar dapat menjawab pertanyaan pengguna. Selain itu chatbot juga dapat berfungsi untuk mengirimkan pengingat dan notifikasi kepada pelanggan dengan cepat.

Data Science


4. Pengenalan Wajah

Pengenalan waja atau bisa disebut pula dengan face recognition merupakan suatu sistem verifikasi yang cepat dan efisien. Face recognition ini termasuk ke dalam contoh penerapan dari data science. Face recognition ini seringkali digunakan untuk menambah sistem keamanan pada smartphone atau elektronik lainnya, yang mana ini membutuhkan lebih sedikit sentuhan dibandingkan dengan penggunaan PIN atau kata sandi.

Data Science

sumber: selular.id


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Beberapa contoh penerapan data science seringkali kita jumpai dalam kehidupan sehari hari, namun ada kalanya kita kurang menyadarinya. Hal ini membuktikan betapa pentingnya peranan data science di masa kini. Jadi, kita juga bisa mulai belajar data science dari dasar agar bisa terus update ilmu.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login