FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 8 Menit 23 Detik 

Data Science Skills, Skill Digital yang Paling Dicari Banyak Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/77c314a14084aa4e9e8bf6381e9f82b8_x_Thumbnail800.jpg

Apakah kamu pernah mendengar apa itu profesi Data Scientist sebelumnya? Jika kamu sering membuka lowongan pekerjaan tentang IT, istilah Data Scientist ini pasti sudah tidak asing lagi. Singkatnya, Data Scientist adalah profesi yang berada dibalik kendali teknologi pengolahan data dalam suatu perusahaan ” mulai dari melakukan analisis, mendapatkan insight, sampai memberikan rekomendasi untuk pengembangan bisnis tersebut.


Contoh penerapan dari profesi ini salah satunya, ketika Data Scientist mengumpulkan dan menganalisis data penjualan suatu produk untuk mengetahui perilaku pelanggan. Dengan hasil analisisnya, Data Scientist dapat memberikan rekomendasi peluang baru maupun memberikan solusi mengatasi masalah suatu produk.


Skill Data Science merupakan salah satu keahlian yang sedang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dan industri. Terdapat begitu besar peluang untuk berkarir di dunia Data Science. Pekerjaan yang dibutuhkan pun beragam, tidak hanya Data Scientist dan Data Analyst, tapi juga ada banyak pilihan pekerjaan lain yang dapat kamu raih dalam dunia Data Science seperti Data Engineer, Big Data Specialist, Data Architect, Business Intelligence Analyst, dan berbagai peran lainnya.


Bagi kamu pemula data yang ingin menjadi Data Scientist, sudah tahukah kamu apa saja skill yang perlu dikuasai? Pada artikel kali ini kita akan bahas apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi Data Scientist. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!


1. Programming Skill

data scientist

Tidak dipungkiri lagi untuk memproses dan memvisualisasikan data di komputer kita memerlukan bahasa pemrograman. Data Scientist harus mempunyai kemampuan ini. Kenapa? Karena Data Science adalah ilmu yang terdiri dari tiga pilar ilmu yaitu matematika, statistika, dan komputer yang berkolaborasi dengan tujuan membuat proses pengolahan data lebih efektif. Apalagi dengan teknologi sekarang yang juga menyebabkan pertukaran data yang begitu cepat.


Bahasa Pemrograman untuk Data Scientist yang paling banyak fitur dan lengkap yakni antara lain Bahasa R, Python dan SQL. Bahasa R memiliki banyak library yang sangat berguna untuk mendukung para Data Scientist. Sementara Python juga tidak kalah hebat, terlebih lagi jika Python dikolaborasikan dengan library seperti Numpy, Panda, Scipy, dan lainnya. Selain itu terkadang juga NoSQL termasuk kemampuan yang dibutuhkan. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Machine Learning Skill

data scientist

Jika bekerja di perusahaan internet atau perusahaan yang berdasar pada data untuk produk dan servicenya seperti Google Maps, Netflix atau Gojek. Pasti kamu tidak akan jauh jauh dari namanya Machine Learning. Machine learning menjadi booming dikarenakan banyaknya data yang ada di dunia dipanen dengan bantuan sistem komputerisasi dunia yang sudah maju dan sangat murah.


Machine Learning merupakan bagian dari Artificial Intelligence (AI) yang banyak diterapkan berbagai industri. Machine Learning dikenal dengan kemampuan mempelajari pola data dan pattern history dengan sendirinya. Semakin banyak train data yang diberikan, maka semakin baik algoritma Machine Learning yang digunakan. Bagi kamu yang mau belajar Machine Learning direkomendasikan menggunakan library Tensorflow.


3. Statistic Skill & Math Skill

data scientist

Skill Statistik dan Matematika diperlukan oleh Data Scientist untuk menganalisis dan menginterpretasikan data. Diperlukan skill untuk menghitung standard deviation, central tendency, Q1, Q2, Q3 dan Q4. Pada bidang statistika, kecakapan dasar mengenai descriptive statistics dan probability theory akan mempermudah kamu dalam memberi interpretasi data dan keputusan bisnis. Sementara itu, kemampuan matematis akan membantu kamu dalam memahami bahasa pemrograman.


Untuk mempelajari ini tentunya by experience atau secara otodidak sudah cukup. Tetapi yang harus di-aware adalah banyak formula sudah dipermudah oleh library programing language, jadi ada formula yang sudah siap untuk digunakan. Jadi setidaknya kamu harus mengenali akan semua fungsi supaya tidak mempelajari sesuatu yang mubazir.


4. Data Visualization Skill

data scientist

Ketiga poin sebelumnya merupakan beberapa contoh basic skill yang perlu dimiliki oleh Data Scientist. Kemampuan satu ini juga tidak kalah penting untuk dikuasai sebelum merintis karir menjadi seorang Data Scientist. Skill terakhir yang mesti kamu kuasai adalah memvisualisasikan data. Data Scientist yang baik harus menyadari bahwa data mengandung pesan tertentu dan mereka wajib menerjemahkan pesan itu.


Data yang sudah dianalisis harus disajikan dalam bentuk yang mudah dimengerti ketika seseorang membaca laporannya. Maka dari itu, kemampuan visualisasi dan komunikasi sangat penting karena dapat berimplikasi terhadap pengambilan keputusan perusahaan. Terlebih jika perusahaan tempat kamu bekerja membutuhkan data yang akurat dalam menentukan kebijakan perusahaan dan stakeholder lain perlu memahami insight apa yang didapat dari hasil pengolahan data. Beberapa tools yang bisa membantu dalam memvisualisasikan data adalah Tableau dan Power BI.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Berbagai skill tentu diperlukan untuk menghadapi persaingan Data Scientist yang semakin ketat. Kemampuan dan skill harus terus diasah untuk menjadikan dirimu lebih menarik dan berkualitas. Untuk itu kamu ga perlu takut ketinggalan untuk asah dan update skill kamu!


Yuk mulai belajar Data Science dan berbagai program lainnya secara fun dan praktis bersama DQLab. Caranya gampang, mulai sign up di DQLab.id sekarang dan nikmati pengalaman belajar yang seru dan aplikatif!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :