Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Data Scientist: Peluang dan Skill yang Dibutuhkan 2024

Belajar Data Science di Rumah 09-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-02-2024-05-09-201018_x_Thumbnail800.jpg

Hai, pencari karir teknologi masa depan! Apakah kamu tertarik menjadi seorang Data Scientist? Profesi ini telah menjadi sorotan utama di pasar kerja digital, tetapi apakah kamu tahu apa sebenarnya pekerjaan seorang Data Scientist itu? Mari kita eksplorasi bersama tentang jobdesc, tantangan, peluang, dan keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Data Scientist di tahun 2024!


Sebagai data scientist, kamu akan berada di garis depan dalam memahami dan menerjemahkan data menjadi wawasan berharga bagi perusahaan. Tugas utamamu termasuk menganalisis data untuk mendukung pengambilan keputusan, mengidentifikasi tren, dan mengembangkan model prediktif yang canggih. Namun, pekerjaan ini juga hadir dengan tantangan yang menarik dan peluang yang tak terbatas. Mari kita lihat lebih dalam apa yang kamu butuhkan untuk memasuki dunia menarik ini.


1. Tantangan Seorang Data Scientist

Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh seorang data scientist adalah kompleksitas data yang terus berkembang. Data saat ini sangat besar dan beragam, dari data terstruktur hingga data tidak terstruktur seperti teks dan gambar. Tantangan lainnya adalah kecepatan perkembangan teknologi dan algoritma. Seorang data scientist harus terus memperbarui keterampilan mereka untuk tetap relevan dalam industri yang dinamis ini.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Peluang Karir yang Luas

Data Scientist

Meskipun tantangannya besar, peluang karir sebagai data scientist sangatlah menjanjikan. Permintaan akan data scientist terus meningkat seiring dengan pertumbuhan bisnis berbasis data. Banyak industri, mulai dari e-commerce, keuangan, kesehatan, hingga manufaktur, berusaha memanfaatkan data untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi. Sebagai data scientist, kamu memiliki kesempatan untuk berkontribusi pada proyek-proyek yang berdampak dan memainkan peran penting dalam transformasi digital.


3. Keahlian yang Dibutuhkan

Data Scientist

Untuk menjadi sukses sebagai data scientist, kamu perlu menguasai sejumlah keahlian kunci. Kemampuan analitis yang kuat, pemahaman yang mendalam tentang statistik dan matematika, serta penguasaan bahasa pemrograman seperti Python, R, atau SQL sangat penting. Selain itu, kemampuan untuk mengkomunikasikan temuan data secara efektif kepada pemangku kepentingan non-teknis juga merupakan keahlian yang diperlukan.


4. Jobdesc Market di 2024

Data Scientist

Di tahun 2024, pasar kerja untuk data scientist diprediksi akan semakin berkembang. Perusahaan akan semakin membutuhkan ahli data untuk membantu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis data yang akurat. Tren ini didukung oleh perkembangan teknologi seperti AI dan machine learning yang semakin merambah ke berbagai sektor industri.


5. Tanggung Jawab dalam Etika Data

Sebagai seorang data scientist, tanggung jawab terhadap etika data juga semakin penting. Data scientist harus memastikan bahwa penggunaan data dilakukan secara etis dan sesuai dengan kebijakan privasi. Ini termasuk melindungi data pribadi pengguna dan menghindari bias dalam analisis data. Keberadaan data scientist yang bertanggung jawab akan semakin dicari di masa depan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Dengan mempertimbangkan jobdesc data scientist, penting bagi pemula untuk mengikuti pelatihan data scientist untuk mempersiapkan diri mereka dengan baik dalam memasuki dunia data science yang dinamis dan berkembang pesat. Dengan fondasi yang kuat dalam dasar-dasar data science, keterampilan teknis yang solid, pemahaman tentang alat-alat dan teknologi terkini, serta peluang karir yang luas, pelatihan data scientist dapat menjadi langkah awal yang penting dalam meraih kesuksesan dalam karir yang menarik ini.


Yuk bangun portfolio di bidang data science kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login