PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 19 Menit 45 Detik 

Day to Day Data Scientist Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 14-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cd9dc7b18a46b7ab7c4fd8804721cca9_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah salah satu profesi yang sekarang banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan dalam bidang teknologi informasi apalagi dalam hal memproses dan juga mengolah sebuah data sampai data tersebut dianalisa lalu terbentuklah data baru yang sudah sempurna. Kebanyakan orang mengira bahwa menjadi seorang data scientist dibutuhkan background pendidikan tinggi. Padahal kalian bisa menjadi seorang data scientist tanpa perlu background pendidikan tinggi, karena pekerjaan jenis ini siapapun pasti bisa melakukannya dan juga banyak sekali kursus online ataupun berbasis bootcamp dan sejenisnya.


Nah, jika kalian masih pemula dan masih tidak terlalu mengenal seluk beluk dari data scientist. Maka dari itu artikel dibawah ini cocok untuk kalian untuk mengenal tugas-tugas apa saja yang dilakukan oleh seorang data scientist. Jadi simak terus ya artikel di bawah ini! Jangan sampai terlewat!


1. Mengumpulkan Data

Salah satu tugas dari seorang data scientist adalah meneliti mengenai data mentah. Jadi ketika seorang data scientist menghadapi sebuah permasalahan baru yang belum ditemui sebelumnya, mereka biasanya akan berinovasi dan juga meneliti terkait permasalahan baru tersebut dan harus segera menyelesaikan masalah tersebut.


Inovasi dan juga penelitian yang dilakukan oleh seorang data scientist adalah cara mereka untuk menyimpulkan suatu permasalahan dan data seperti apa yang seharusnya dibutuhkan oleh perusahaan dan juga harus memastikan data yang dipakai valid atau tidak, selanjutnya seorang data scientist melakukan pengumpulan data dan juga mengolah data tersebut. Tugas ini biasanya dilakukan oleh seorang data scientist yang berada di perusahaan berjenis analytical platform atau jasa analisis data.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis data

Tugas selanjutnya adalah menganalisis sebuah data, seorang data scientist haruslah memiliki skill untuk menganalisis sebuah data. Biasanya perusahaan-perusahaan yang berskala menengah melakukan hal seperti mengambil sebuah data yang berasal dari database dengan menggunakan query SQL, membuat sebuah tabel pada Microsoft Excel biasanya tabel yang dibentuk adalah tabel pivot, melakukan visualisasi data dengan bentuk grafik, data scientist juga tidak jarang menggunakan bantuan dari bahasa pemrograman untuk melakukan suatu analisis data seperti R dan juga MATLAB.


Perusahaan yang biasanya memberikan tugas untuk para data scientist untuk melakukan analisis akun Google Analytic atau dapat menggunakan platform lain contohnya seperti PIWIK yang dapat terkoneksi langsung dengan data penjualan perusahaan.


3. Memiliki Tanggung Jawab Terhadap Kualitas Data perusahaan

Biasanya perusahaan yang memiliki trafik data yang cukup tinggi dalam data konsumen, penjualan, maupun dalam statistik website membutuhkan seseorang yang cukup mampu dalam menyiapkan infrastruktur data di dalamnya. Perusahaan-perusahaan inilah yang sering mencari data scientist untuk melakukan tanggung jawab besar ini dari perusahaan.


Pada konteks kali ini, seorang data scientist yang memiliki latar belakang software engineer biasanya memiliki peluang yang cukup besar untuk diambil oleh perusahaan. Karena perusahaan memiliki infrastruktur data dengan struktur data yang baik dan juga memiliki kemudahan mengakses data tersebut dan juga mudah dalam menganalisis datanya.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Big Data

Beberapa perusahaan yang memiliki big data biasanya adalah perusahaan non-data. Tugas yang dilakukan oleh data scientist kali ini adalah melakukan analisis data perusahaan tersendiri dengan data yang berjumlah sangat banyak dan juga besar. Perusahaan-perusahaan ini pasti akan mencari seorang data scientist yang lebih banyak dari perusahaan pada umumnya. Karena data scientist disini sangatlah dituntut untuk bisa dan mahir menggunakan platform big data contohnya seperti mahir menggunakan Hadoop, Hive, dan juga Pig serta dapat memahami menggunakan SAS dan R untuk bisa mengurangi beban dari komputer yang melakukan analisis data.


Pemahaman yang cukup matang terhadap machine learning akan menjadi sebuah pertimbangan yang sangat luar biasa penting bagi para perusahaan yang memiliki data super besar dan banyak. Perusahaan ini biasanya memiliki trafik yang sangatlah tinggi seperti perusahaaan telekomunikasi, marketplace, dan lain sebagainya.


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :