Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Definisi Hingga Contoh String Split Python

Belajar Data Science di Rumah 03-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/88177b2c658512be31bb4a6a430f727e_x_Thumbnail800.jpeg

Python memiliki banyak sekali metode untuk melakukan pengolahan data string atau data karakter. Salah satunya adalah metode split python. Metode split python adalah metode yang berfungsi untuk membagi string menjadi daftar string setelah memecah string yang diberikan oleh pemisah yang sudah ditentukan sebelumnya.


operasi ini adalah kebalikan dari metode penggabungan string. Jika kalian pernah mengerjakan serangkaian string split yang dipakai untuk menggabungkan string yang berbeda menjadi satu maka fungsi split jenis ini berbeda yaitu, fungsi ini melakukannya secara kebalikannya. Jadi fungsi split akan menganalisis melalui string dan memisahkannya setiap kali melakukan program untuk menentukan pemisah yang sudah ditentukan sebelumnya. Nah jika kalian tertarik dengan pembahasan tentang string split ini, simak terus artikel dibawah ini ya!


1. Definisi dan Syntax Split Python

Metode string python adalah metode yang mengembalikan daftar semua kata dalam string, dengan menggunakan str sebagai pemisahnya, untuk membatasi jumlah pemisahnya menjadi num. Sebelumnya sudah disinggung bahwa ketika kalian mengerjakan rangkaian string split untuk menggabungkan string yang berbeda maka untuk fungsi ini menggunakannya secara sebaliknya. Tetapi, jika fungsi ini tidak menemukan pemisah yang sudah ditentukan, maka fungsi ini menggunakan spasi putih secara default. Untuk syntaxnya adalah seperti ini:


str.split(str=””, num=string.count(str)).


Baca juga : String Split dalam Python untuk Membagi Data Teks 


2. Kenapa Kita Membutuhkan Split di Python?

Itu karena fungsi split ini akan mengembalikan daftar kata setelah kita memisahkan string atau baris dengan bantuan string pembatas contohnya seperti karakter koma (,). Alasan-alasan lain adalah metode ini memiliki kegunaan dalam sebuah situasi yang dimana kalian perlu memecahkan string besar menjadi string yang lebih kecil lagi ukurannya, selanjutnya adalah ketika tidak ada pemisah dalam fungsi split, spasi putih akan dianggap sebagai pemisah atau bisa dikatakan separator. Selanjutnya adalah fungsi split membantu untuk menganalisis dan menyimpulkan kesimpulan dengan mudah.


3. Parameter String Split

Fungsi split ini akan menganalisis melalui string dan memisahkannya setiap kali program menemukan pemisah yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini juga tergantung kembali kepada tiga parameter yang berbeda untuk bisa mengoptimalkan eksekusi program. Parameternya apa saja pertama ada separator, nah separator ini berfungsi sebagai pembatas dan string dipisahkan tergantung pada pemisa yang telah ditentukan sebelumnya. Kedua ada maxsplit, maxsplit ini berfungsi untuk menentukan berapa kali string dapat diputus. Jadi parameter ini juga termasuk opsional dan nilai defaultnya adalah -1 yang berarti bahwa tidak ada batasan beberapa kali string dapat dipisah. Terakhir ada return, parameter ini berguna untuk mengembalikan daftar string setelah fungsi split memecah string dengan pemisah yang sudah ditentukan.


Baca juga : Macam-Macam Operasi String Split Python, Sudah Tahu? 


4. Operasi String Split Regex

Dalam python terdapat operasi string split, salah satunya adalah operasi string split regex. Regex ini adalah singkatan dari Regular Expression. Regex adalah alat powerful untuk berbagai jenis manipulasi string. Dalam regex berisikan domain specific language yang hampir semua bahasa pemrograman memiliki fungsi jenis ini. Tugas dari regex ini adalah memverifikasi kecocokan string dan juga melakukan substitusi dalam suatu string. Nah, fungsi ini bisa diakses dengan menggunakan modul re.


Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab yang berjudul “Python for Data Professional Beginner”. Modul ini terdiri dari 3 part yang bisa kamu selesaikan secara bertahap loh. 


Python


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login