PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 6 Menit 54 Detik

Deretan Rekomendasi Skill untuk Data Engineer Pemula

Belajar Data Science di Rumah 21-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-04-3-2023-07-22-221139_x_Thumbnail800.jpg

Di tengah ledakan data yang terjadi saat ini, peran seorang Data Engineer menjadi semakin penting dalam dunia teknologi informasi. Data Engineer bertanggung jawab untuk merancang, mengelola, dan memelihara infrastruktur data yang memungkinkan pengumpulan, pemrosesan, dan analisis data yang efisien. Bagi para pemula yang tertarik untuk memulai karir sebagai Data Engineer, memiliki keterampilan yang tepat adalah kunci untuk sukses dalam bidang ini.


Dalam artikel ini, DQLab akan memberikan rekomendasi skill yang perlu dipersiapkan Data Engineer pemula untuk membangun fondasi yang kuat dan berkontribusi pada pengolahan data yang berkualitas.


1. Penguasaan Bahasa Pemrograman

Data Engineer

Salah satu keterampilan paling penting yang harus dimiliki oleh Data Engineer pemula adalah penguasaan bahasa pemrograman. Python, Scala, dan Java adalah beberapa bahasa pemrograman populer yang sering digunakan dalam industri data.


Python adalah bahasa yang sangat populer karena kemudahan sintaksnya dan banyaknya pustaka (library) yang mendukung analisis data dan pemrosesan data secara efisien. Scala sering digunakan dalam lingkungan Apache Spark, sementara Java adalah bahasa umum untuk proyek besar dan sistem terdistribusi.


Menguasai salah satu atau lebih dari bahasa ini akan memungkinkan Data Engineer untuk mengimplementasikan solusi analitis dengan mudah dan efisien.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Pemahaman tentang Sistem Basis Data

Machine Learning

Sebagai Data Engineer, pemahaman tentang sistem basis data relasional dan non-relasional sangatlah penting. Kamu harus menguasai bahasa query SQL untuk memanipulasi dan mengambil data dari basis data relasional seperti MySQL, PostgreSQL, atau Microsoft SQL Server.


Selain itu, memahami konsep NoSQL dan teknologi seperti MongoDB, Cassandra, atau Elasticsearch juga akan membantumu dalam mengelola data semi-struktur atau tidak terstruktur. Pengetahuan tentang cara merancang skema basis data, indeks, dan struktur data lainnya juga menjadi keterampilan penting bagi seorang Data Engineer.


3. Penguasaan Teknologi Big Data

Dalam era data besar, teknologi big data seperti Apache Hadoop dan Apache Spark adalah bagian integral dari pekerjaan Data Engineer. Menguasai alat-alat ini memungkinkan kita untuk mengelola data dalam skala besar dan melakukan pemrosesan data secara terdistribusi dengan efisien.


Hadoop adalah kerangka kerja yang ideal untuk menyimpan dan memproses data secara terdistribusi, sementara Spark menyediakan performa tinggi untuk pemrosesan data real-time dan analisis data interaktif. Familiaritas dengan alat-alat ekosistem big data ini akan memberikan keunggulan bagi karir Data Engineer Anda.


4. Kemampuan Menggunakan Alat ETL

Ekstraksi, Transformasi, dan Pemuatan (ETL) adalah proses kritis dalam pengolahan data. Data Engineer perlu menguasai alat-alat ETL seperti Apache NiFi, Apache Airflow, atau Talend untuk mengotomatiskan aliran data antara berbagai sumber dan tujuan.

Kemampuan untuk mengenali, membersihkan, dan mengubah format data dari berbagai sumber menjadi penting agar data dapat diolah dan dianalisis dengan benar.


5. Pemahaman tentang Konsep Cloud dan Infrastruktur

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang beralih ke teknologi cloud untuk mengelola data mereka. Maka dari itu, pemahaman tentang konsep cloud dan layanan dari penyedia cloud seperti AWS, Google Cloud Platform (GCP), atau Microsoft Azure sangatlah berharga. Data Engineer perlu tahu cara menggunakan infrastruktur cloud untuk menyimpan dan memproses data dengan efisien, serta mengoptimalkan performa untuk kebutuhan bisnis.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Menjadi seorang Data Engineer pemula adalah kesempatan yang menarik untuk berkontribusi dalam mengolah dan menganalisis data yang berarti bagi berbagai industri. Dengan mempersiapkan keterampilan yang disebutkan di atas, kamu dapat membangun fondasi yang kuat dalam karir ini.


Ingatlah untuk terus belajar dan menjajaki teknologi terbaru dalam bidang ini, serta mencari proyek-proyek yang relevan untuk mengasah kemampuanmu. Dengan dedikasi dan semangat, kamu akan siap menghadapi tantangan data yang kompleks dan menemukan kesuksesan sebagai seorang Data Engineer.


DQLab sebagai platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT siap membantu kamu menggeluti karir di industri data. 


Metode HERO (Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based) yang ramah pemula juga membantu kamu untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif! Tunggu apa lagi? sign up sekarang di DQLab.id!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login