PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 22 Jam 45 Menit 43 Detik

Deretan Tools Data Science Terpopuler 2024

Belajar Data Science di Rumah 02-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-05-2024-03-02-083409_x_Thumbnail800.jpg

Data science menjadi bidang dengan pertumbuhan tercepat dan bisa dimanfaatkan oleh setiap industri. Sehingga membuat banyak sekali orang yang tertarik untuk menjadi seorang data scientist. Mempelajari data science tentu memiliki keterkaitan dengan yang namanya tools. Tools ini digunakan untuk mengolah data dalam jumlah yang sangat banyak dan juga lebih kompleks.


Banyak pekerjaan data science yang bisa dengan mudah dikerjakan dengan menggunakan tools ini. Mulai dari membersihkan data, manipulasi data, visualisasi data, dan membuat dashboard. Tools data science juga memiliki beragam jenis dan kegunaannya. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis tools data science yang sering digunakan oleh para data scientist. Apa sajakah tools tersebut?Yuk kita lihat pembahasanya!


1. Pytorch

Pytorch adalah frameworks dari machine learning yang bersifat open source dan fleksibel yang banyak digunakan untuk mengembangkan model jaringan saraf. Pytorch menawarkan modularitas dan ekosistem alat yang sangat besar untuk menangani berbagai jenis data seperti teks, audio, dan tabular. Dengan dukungan GPU dan TPU kalian bisa mempercepat pelatihan model kalian sampai dengan 10x lipat.

Data Science

Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science


2. MLFlow

MLFlow adalah Platform open source dari Databricks untuk mengelola siklus hidup dari machine learning dari ujung ke ujung. MLFlow ini akan melacak eksperimen, mengemas model dan juga menerapkan ke dalam produksi sambil mempertahankan produktivitas. Platform ini juga sudah kompatibel dengan LLM (Large Language Models) dan sudah mendukung interface barisan perintah dan interface pengguna grafis. MLFlow juga menyediakan API untuk tools lainnya seperti R, Java, Python, dan Rest.

Data Science


3. RapidMiner

RapidMiner adalah platform analitik canggih yang menyeluruh untuk membangun machine learning dan saluran data yang menawarkan perancangan alur kerja visual untuk menyederhanakan proses. Dari persiapan data sampai dengan penerapan model, RapidMiner ini menyediakan semua tools yang diperlukan untuk mengelola setiap langkah alur kerja dari Machine Learning.


Perancangan alur kerja visual pada RapidMiner ini memungkinkan para penggunanya untuk membuat pipeline dengan mudah tanpa harus menuliskan code.

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Pandas

Pandas adalah library Python yang paling sering digunakan untuk menganalisis data dan juga membangun sebuah machine learning. Pandas ini salah satu library dari Python yang open source, jadi tidak heran jika library ini cukup banyak penggunanya.


Pandas juga dibuat dengan berdasarkan satu package lain bernama Numpy yang mendukung arrays multi dimensi. Sebagai salah satu library Python, Pandas juga bisa digunakan secara optimal dengan modul data science yang lainnya dalam ekosistem Python. 

Data Science


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login