Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Deskripsikan Role dan Jobdesc Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 10-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-02-2024-04-06-213910_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah profesi yang memiliki tanggung jawab yang cukup penting di dalam perusahaan. Tanggung jawab seorang data scientist dalam perusahaan ini dapat berupa mengumpulkan, menganalisis, dan juga menjelaskan data-data mereka dalam skala yang cukup besar dan berfokus pada bidang teknologi. Profesi ini memiliki kaitan dengan data science. Data science sendiri adalah kemampuan untuk melakukan pengolahan data yang bertujuan untuk menciptakan strategi bisnis. 


Data scientist ini biasanya bekerja di dalam sebuah tim untuk mengumpulkan berbagai data dan juga informasi dari berbagai sumber. Data-data ini digunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan dan juga mengidentifikasikan peluang bisnis yang lebih terbarukan. Pada praktiknya sendiri, data scientist ini akan melakukan sebuah eksperimen terhadap data-data yang telah mereka kumpulkan dengan maksud untuk membuktikan dan juga memberikan solusi yang tepat untuk perkembangan sebuah bisnis di dalam perusahaan.


Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa macam role data scientist di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Apa sajakah itu? Yuk kita pelajari bersama!


1. Melakukan Riset dan Analisis Data

Role yang penting dari seorang data scientist adalah melakukan riset terhadap permasalahan yang akan dihadapi oleh perusahaan agar memahami gambaran dari permasalahan yang sedang perusahaan hadapi. Selain itu, data scientist akan melakukan analisis data dengan menggali berbagai macam pola yang tersembunyi dibalik sekumpulan data agar menghasilkan sebuah insight yang bisa bermanfaat bagi bisnis di perusahaan tersebut.


Setelah itu data scientist akan menggunakan query data dengan menggunakan SQL atau bisa dengan menggunakan tools lainnya seperti Hadoop dan juga Hive untuk bisa mengambil data dalam skala yang cukup besar. 

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Memiliki Tanggung Jawab atas Kualitas Data yang Ada di Perusahaan

Role selanjutnya adalah seorang data scientist harus memiliki tanggung jawab atas kualitas data yang ada di dalam perusahaan tempat mereka bekerja. Jadi, data scientist harus memastikan data yang akan digunakan harus bersih dan lebih terhindar dari kesalahan yang akan menimbulkan bias pada hasil analisis data yang akan mereka lakukan.


Data scientist ini akan menjaga kualitas data dengan melakukan data preparation yang mencakup proses cleaning data, normalize data, selection data, dan juga transform data yang disesuaikan dengan kondisi data itu sendiri.


3. Mendukung Keputusan Bisnis

Tujuan dari seorang data scientist di dalam perusahaan adalah untuk menghasilkan insight baru dan juga membaca pola-pola tersembunyi yang ada di balik data yang dimiliki suatu perusahaan terkait, yang dimana data tersebut sebagai alat pendukung keputusan yang ada di suatu perusahaan.


Contohnya seperti menggali data berdasarkan kebiasaan-kebiasaan konsumen ketika mereka melakukan pencarian produk, biasanya produk apa yang sedang mereka cari. Dari pola tersebut, bisa menjadi sebuah informasi yang bisa mendukung keputusan suatu perusahaan untuk memberikan rekomendasi produk seperti apa kepada para konsumennya.

Data Scientist


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Menciptakan Solusi Analitis

Role data scientist selanjutnya adalah bisa menciptakan solusi analitis yang komprehensif. Jadi seorang data scientist akan mengumpulkan berbagai macam jenis data dari beragam sumber sampai dengan tampilan dari data tersebut. Dengan adanya solusi analitis ini dapat membantu perusahaan untuk membangun jalur rekayasa data yang jelas dan terjaga keamanannya. 


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Sahabat DQ juga bisa gali potensi dari materi Machine Learning dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login