GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Digital Transformation : Google Colaboratory sebagai Aplikasi Pengolahan Data Open Source

Google Colaboratory sebagai Aplikasi Pengolahan Data Open Source untuk Peneliti dan Pemula

Belajar Data Science di Rumah 21-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/368bf844da0290b7856ba36cf91fa5d8_100_persen.jpg

Banyak aplikasi pengolahan data yang digunakan untuk melakukan analisis data mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Nah, jangan khawatir untuk para pemula karena Tentu saja, bagi pemula terutama Non-IT yang ingin memulai karir sebagai praktisi data dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman seperti python atau R harus melakukan instalasi beberapa perangkat lunak. Salah satunya melakukan install python untuk windows, macOS, atau Linux. Namun, hal ini akan menjumpai beberapa kesulitan terutama bagi para pemula. Sehingga untuk mereka yang belum familiar terhadap beberapa perangkat lunak untuk bahasa pemrograman python akan merasa jenuh jika kemudian terdapat beberapa kesalahan instalasi pada aplikasi pengolahan data. Namun, kamu tidak perlu khawatir! Karena saat ini google sudah menyediakan salah satu tools berbasis cloud yang dapat kamu gunakan untuk membantumu mulai belajar sebagai praktisi data. 


Google Colaboratory atau akrab disebut dengan Google Colab merupakan sebuah aplikasi pengolahan data berbasis cloud dan free yang disediakan untuk tujuan penelitian atau proses pembelajaran. Tools ini dibuat dengan environment jupyter dan mendukung hampir semua library yang diperlukan dalam proses development AI atau Artificial Intelligence. Tahukan kamu, bahwa Google Colab memiliki kesamaan dengan Jupyter Notebook dan bisa disebut bahwa Google Colab adalah jupyter notebook yang dijalankan secara online dan free. Sebelum menggunakannya lebih jauh yuk kenali beberapa kelebihan yang dimiliki oleh tools ini bersama DQLab.


Layout Google Colaboratory


1. Free Access

Google Colaboratory dapat dibuat dan disediakan untuk tujuan penelitian atau proses pembelajaran. Biasanya dalam penelitian yang membutuhkan spesifikasi komputer yang sangat tinggi. Google Colab sangat dapat diandalkan untuk mengatasi ini. Namun, hal yang kamu ketahui adalah walaupun memiliki kelebihan free access google colab membutuhkan koneksi internet untuk dapat digunakan atau tidak dapat digunakan secara offline.


Baca Juga : Kombinasikan Teknik Pengolahan Data untuk Bangun Insight dan Visualisasi Data Agar Semakin Menarik Belajar Data Science di Rumah


2. Good Specification

Kata good specification sangat cocok diberikan untuk google colab ini. hal ini dikarenakan google colab memiliki spesifikasi seperti GPU NVIDIA K80s, T4s, P4s dan P100s. memiliki RAM sebesar 13GB dan mampu menyediakan penyimpanan sebesar 130 GB, dan akses ini diberikan secara free atau gratis untuk siapapun yang ingin belajar dan melakukan penelitian lho. 


3. Zero Configuration dan Easy Sharing

Penggunaan google collab yang sangat mudah ini dibarengi dengan tidak perlunya kamu untuk melakukan setting konfigurasi apapun. Hanya saja ketika kamu ingin menambahkan library baru, kamu perlu melakukan instalasi package dari library yang akan kamu gunakan untuk analisis datamu. Dilain sisi, google colab dapat dengan mudah diintegrasikan dengan google drive yang kita miliki sehingga  kita dapat dengan mudah melakukan penyimpanan script ke github yang kita punya. Tidak hanya itu, ketika mengerjakan proyek data kita bisa melakukan berbagi link agar bisa dikerjakan bersama sama. 


Baca Juga : Metode Pengolahan Data dengan Machine Learning untuk Perbaikan Forecasting Bisnismu


4. Mulai Tertarik untuk Belajar Python Bersama DQLab? Yuk, Mulai Belajar Data Science Gratis sekarang!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulis : Tantut Wahyu

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!