PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 55 Menit 24 Detik 

Dua Jenis Teknik Analisis Data & Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 15-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1843634ca1e91644a98c67642e71150d_x_Thumbnail800.jpeg

Data merupakan suatu komponen penting dalam penelitian. Data berisi kumpulan informasi yang berkaitan dengan penelitian. Namun adakalanya data yang didapatkan belum bisa sesuai dengan rumusan masalah yang ada. Oleh karena itu perlu dilakukannya proses analisis data, yaitu suatu proses pengolahan data menjadi informasi yang kesimpulannya dapat digunakan untuk tujuan tertentu. Pada penerapannya, proses analisis ini memerlukan teknik analisis data. Pada artikel ini akan dikenalkan beberapa jenis teknik analisis data yang dapat digunakan.


Teknik analisis data secara umum terbagi menjadi dua, yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif ini digunakan pada data yang bersifat numerik dan penerapannya menggunakan ilmu statistik. Adapun teknik analisis data kualitatif diterapkan pada data yang bersifat non numeri. Biasanya teknik analisis data kualitatif ini berisi bahasan konseptual suatu permasalahan. Ingin mengenal lebih jauh terkait dua jenis teknik analisis data diatas? Yuk, simak bersama DQLab!


1. Teknik Analisis Data Kualitatif

Mungkin bagi seseorang yang jarang terlibat dalam dunia penelitian atau masih baru dengan dunia penelitian biasanya mengira bahwa penelitian hanyalah untuk data yang berbentuk angka saja. Padahal terdapat banyak pula penelitian yang diterapkan pada data kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang bersifat non numerik. Biasanya tipe dat aini dikumpulkan dengan melalui metode wawancara, focus group discussion, observasi, studi literatur, dan lainnya.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Contoh Teknik Analisis Data Kualitatif

Teknik analisis data kualitatif tidak kalah sering digunakan pula dalam penelitian. Data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini perlu dikumpulkan dengan metode pengumpulan data yang tepat dan pemilihan teknik analisis data yang tepat pula. Terdapat beberapa contoh teknik analisis data kualitatif yang sering digunakan, antara lain:

  • wawancara, proses tanya jawab secara lisan dengan tujuan mendapatkan informasi, yang mana dengan wawancara peneliti dapat mencari informasi lebih mendalam dan mengembangkan pertanyaan untuk mendapatkan informasi yang lebih berkualitas.

  • focus group discussion, proses wawancara yang semi terstruktur dengan topik yang ditentukan sebelumnya.

  • studi literatur, proses mengkaji ulang literatur yang berkaitan dengan penelitian kemudian mencoba mengambil poin penting atau intisari dari tema yang sedang diangkat.

Teknik Analisis Data


3. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Jika dalam bagian sebelumnya telah membahas terkait teknik analisis data kualitatif dan contohnya, kini saatnya kita mengenali teknik analisis data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif merupakan teknik yang diterapkan pada data kuantitatif. Data kuantitatif merupakan data yang dapat dihitung secara numerik. Teknik analisis data kuantitatif ini tentunya menerapkan ilmu statistik dan matematika yang juga harus dilakukan secara akurat. Hasil analisis data ini pun dapat ditampilkan atau divisualisasikan menggunakan beberapa chart yang tersedia dan sesuai keinginan.

Teknik Analisis Data


4. Contoh Teknik Analisis Data Kuantitatif

Setelah mengetahui pengertian teknik analisis data kuantitatif, selanjutnya kita akan mencoba mengenali apa saja teknik analisis data kuantitatif yang sering digunakan. Beberapa diantaranya adalah:

  • analisis deskriptif, bertujuan untuk memberikan gambaran umum terkait data penelitian

  • analisis regresi, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel

  • analisis komparatif, untuk mengetahui adanya perbedaan atau tidak pada dua jenis data variabel

  • analisis inferensial, bertujuan untuk menarik kesimpulan kemudian hasilnya dapat digeneralisasikan ke seluruh populasi.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Teknik analisis data merupakan bagian penting yang tidak boleh terlewatkan dalam proses analisis data. Teknik analisis data ini tentu penggunaannya harus sesuai dengan jenis data yang digunakan pula. Supaya lebih mudah memahaminya, langsung saja coba praktik di DQLab!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :