TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 11 Jam 59 Menit 57 Detik

Dua Mode Operasi Python & Kelebihannya

Belajar Data Science di Rumah 12-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/713c968e2d09569db42d3ce8ff00f66a_x_Thumbnail800.jpeg

Pada zaman kecanggihan teknologi kini kemampuan menggunakan bahasa pemrograman adalah suatu keahlian yang dibutuhkan di berbagai profesi. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan pun semakin beragam, salah satunya adalah bahasa python. Bahasa python termasuk bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pemula. Terdapat beberapa mode operasi yang dapat diterapkan di python, diantaranya adalah mode operasi script dan mode operasi interactive.


Bahasa python saat ini menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Pengguna bahasa python pun terdiri dari berbagai kalangan usia dan latar belakang pendidikan maupun profesi. Hal ini dikarenakan bahasa python memiliki beberapa kelebihan seperti sintaks yang mudah dipahami, bersifat open source, memiliki komunitas yang luas, mudah diakses, dan lainnya. Pada artikel ini khususnya kiaa akan mengenali dua mode operasi python beserta kelebihannya.


1. Mode Operasi Script

Mode operasi script python berarti pengguna langsung menuliskan program python ke dalam file. File yang telah dibuat nantinya dapat disimpan dan dieksekusi menggunakan command prompt. Dengan demikian, kita dapat melihat kode kapan saja dan dapat diedit sewaktu-waktu. Mide script ini cocok untuk menulis potongan kode yang panjang. Pengguna cukup membuka IDE (Integrated Development Environment) seperti PyCharm atau Visual Studio Code.

Python


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Kelebihan Mode Operasi Script

Pada bagian sebelumnya kita telah mengenali pengertian singkat dari mode operasi script/ Mode operasi ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan mode operasi script antara lain:

  • cocok untuk menulis program python yang panjang

  • dapat melakukan pengeditan program dengan mudah

  • dapat menyimpan kode yang telah ditulis untuk digunakan di kemudian hari

  • dapat melakukan pengeditan kapan saja

Python


3. Mode Operasi Interactive

Mode interaktif artinya merupakan fasilitas atau fitur yang disediakan oleh python untuk tempat menulis kode secara interaktif. Fitur ini dikenal pula dengan Shell, Console, REPL (Read, Eval, Print, Loop). Mode interaktif ini dapat dimanfaatkan untuk uji coba suatu fungsi, eksperimen modul tertentu, kalkulator, mencari bantuan tentang fungsi tertentu, dll. Mode ini sangat membantu para pemula dalam belajar bahasa pemrograman dikarenakan membantu dalam mengevaluasi kode baris demi baris dan memahami eksekusi kode dengan baik.

Python


4. Kelebihan Mode Operasi Interactive

Hampir sama halnya dengan mode operasi script, mode operasi interactive juga memiliki beberapa kelebihan seperti:

  • pengguna bisa memasukkan langsung perintah berupa kode

  • nyaman digunakan untuk menuliskan kode yang pendek

  • dapat membantu pengguna dalam mengevaluasi kode baris demi baris

  • dalam penggunaannya dapat menggunakan command prompt di Windows, terminal di Linux dan macOS

Python

Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Penguasaan bahasa python seringkali dijadikan persyaratan yang harus dipenuhi bagi orang-orang yang berprofesi dalam dunia data. Bahasa ini memang memiliki banyak kelebihan untuk proses analisis data maupun kebutuhan lainnya. Kamu bisa mulai coba mempelajarinya dari dasar di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :