Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Efesiensi Waktu dengan Tools Data Scientist Ini!

Belajar Data Science di Rumah 24-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6cbd3154ab73de9c1c4b4e38e4d3850d_x_Thumbnail800.jpeg

Halo sobat data! Sadarkah kalian bahwa saat ini kita dapat dengan mudah memperoleh informasi maupun data? Kita tidak harus selalu datang ke sebuah instansi untuk memperoleh data perusahaan yang kita perlukan, Saat ini sudah banyak perusahaan yang memiliki alamat website yang bisa diakses secara gratis. Bahkan tools data scientist yang dapat kita gunakan untuk menganalisis data pun juga sudah sangat beragam dengan fungsi dan tujuan masing-masing.


Penggunaan tools data scientist sudah sepatutnya kita pahami dan kita manfaatkan dengan semaksimal mungkin. Dalam menganalisis data dengan jumlah yang sangat banyak, kecil kemungkinannya jika kita lakukan dengan cara manual. Saat ini pun sudah tersedia sangat banyak tools data scientist yang dapat memudahkan pekerjaan kita. PAda artikel ini khususnya kita akan mengenali beberapa tools data scientist yang cukup sering digunakan oleh para praktisi data.


1. Python

Mendengar istilah python pertama kalinya biasanya seseorang akan bingung, mengapa nama jenis ular ini berkaitan dengan data scientist. Python disini maksudnya adalah bahasa pemrograman dan sudah sangat sering digunakan untuk menganalisis data. Bahasa python ini dikenal memiliki berbagai keunggulan seperti mudah dipelajari, bahasa script yang mudah dimengerti, tersedia banyaknya library, memiliki komunitas yang besar dan bersifat open source sehingga dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja dan cocok digunakan untuk pemula.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. SQL

Istilah database atau biasa dikenal dengan sistem basis data merupakan suatu hal yang wajib dipahami oleh para praktisi data. Menyiapkan database dengan baik juga merupakan tugas data scientist. Salah satu bahasa khusu atau bahasa query yang dapat digunakan untuk mengakses database relasional adalah SQL. Dengan menggunakan SQL kita dapat dengan mudah mengelola data dalam jumlah sedikit maupun banyak, baik itu digunakan untuk menambahkan data, mengedit data, menggabungkan tabel, dan masih banyak fungsi lainnya.


Data Scientist


3. Tableau

 Tableau merupakan suatu software data science yang seringkali digunakan untuk proses visualisasi data. Visualisasi data juga termasuk bagian penting dalam proses analisis data dimana hasil analisis ini perlu ditampilkan dalam bentuk visual agar mudah dimengerti pembaca. Selain untuk visualisasi data, Tableau juga dapat memudahkan pengguna dalam mengimpor data dalam berbagai ukuran. Kelebihan Tableau antara lain dapat memberikan visualisasi data yang menarik, tidak melupakan detail, mudah digunakan, dan dapat memproses data dari berbagai sumber.

Data Scientist

4. RapidMiner

RapidMiner merupakan salah satu software yang digunakan dalam pembelajaran data mining. RapidMiner ini sudah sering digunakan untuk berbagai metode seperti K-Means, Regresi Linear, Decision Tree, Regresi Penalized Spline, dan masih banyak metode lainnya yang menggunakan tools ini. RapidMiner memiliki beberapa kelebihan antara lain banyaknya banyaknya algoritma yang tersedia, bentuk grafis yang canggih, memiliki banyak variasi plugin. Adapun kekurangan RapidMiner tingkat akurasi yang tidak terlalu tinggi. 

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Menguasai tools data scientist adalah nilai lebih bagi seorang data scientist. Dengan menguasai berbagai macam tools, tentunya akan lebih memudahkan dalam menyelesaikan tugas terutama dengan teknik yang cukup sulit dan permasalahan data yang beragam. beberapa tools data scientist dapat kamu pelajari dari dasar di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login