PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 49 Menit 14 Detik

Evolusi Job Description Data Scientist 2024

Belajar Data Science di Rumah 13-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-02-2024-06-13-101007_x_Thumbnail800.jpg

Pengertian data scientist secara umum adalah seorang praktisi yang mengumpulkan, mengolah, menganalisis data sampai data tersebut pada akhirnya bisa diambil sebuah kesimpulan untuk mengambil sebuah keputusan di dalam suatu perusahaan. Data-data ini terdiri dari data terstruktur dan juga tidak terstruktur. Ditambah lagi banyak perusahaan sudah memiliki data yang jumlahnya cukup besar, maka dari itu perusahaan-perusahaan ini membutuhkan banyak sekali praktisi data khususnya data scientist.


Banyak orang sudah melirik peluang bekerja pada bidang ini. Tetapi kebanyakan dari mereka masih bingung akan tugas-tugas apa saja yang dilakukan oleh seorang data scientist. Maka dari itu pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tugas-tugas dari seorang data scientist. Simak terus ya!


1. Riset adalah Kunci

Hal pertama yang harus kalian lakukan jika kalian sudah masuk menjadi seorang data scientist adalah melakukan sebuah riset. Hal ini diperlukan karena pekerjaan ini melibatkan banyak sekali data di dalamnya. Jadi kalian haruslah mampu dalam mengidentifikasikan sebuah data sebelum masuk ke tahapan selanjutnya yaitu tahap analisis.

Data Scientist

Selain hal itu, riset ini juga memiliki fungsi lain yaitu untuk memastikan apakah data yang diambil kredibel ataukah tidak. Tahap riset juga sangat berguna untuk dapat mengetahui peluang dari suatu perusahaan untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang perusahaan hadapi. Riset akan sangat mendukung dalam pengambilan sebuah keputusan yang tepat.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis dan juga Mengolah Data

Data Scientist

Tugas kedua yaitu kalian harus bisa menganalisis dan juga mengolah sebuah data mentah menjadi data yang utuh atau data jadi. Biasanya data scientist memakai Query SQL untuk bisa menarik sebuah data dan juga mengolahnya menggunakan bahasa pemrograman. 


Selain hal itu, kalian harus mampu juga dalam menafsirkan hasil informasi dengan sangat jelas dan tentunya tepat. Karena tugas ini harus melakukannya dengan menggunakan cara membuat sebuah pemetaan, prototype, dan juga visualisasi berdasarkan hasil analisis melalui sebuah software khusus. Visualisasi dilakukan karena dapat memudahkan kalian, karena data ini akan lebih mudah dipahami oleh orang umum ataupun perusahaan.


3. Memberi Opsi Solusi untuk Pengembangan Bisnis

​​Data Scientist

Dengan beberapa hal yang sudah disebutkan tadi, seorang data scientist juga memerlukan skill komunikasi untuk bisa memaparkan data dengan baik. Jadi seorang data scientist memiliki tanggung jawab untuk memberikan sebuah saran kepada perusahaan dengan berdasarkan hasil temuan analisis yang sudah diuji sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk bisa membantu perusahaan maupun klien dalam meningkatkan pelayanan mereka. Maka dari itu seorang data scientist harus memiliki skill komunikasi yang baik agar mereka dapat memahami apa yang dipaparkan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Infrastruktur Data Perusahaan

Perusahaan pastinya memiliki trafik data yang cukup tinggi baik data konsumen, penjualan, maupun statistik website pastinya memerlukan seseorang yang bisa mempersiapkan infrastruktur datanya dengan baik. Dalam hal tersebut perusahaan akan mencari seorang data scientist dan juga data engineer untuk melakukan tanggung jawab ini. Infrastruktur data yang diinginkan pastinya dengan struktur data yang bagus, memiliki kemudahan aksesnya dan juga dapat melakukan analisis data dengan mudah.


Segera asah kemampuan Data Scientist kamu sekarang! Jangan khawatir yuk, bergabung bersama DQLab dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science onlinedi DQLab  waktu belajar kamu akan lebih fleksibel dan tentunya dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Kamu bisa mulai dengan free modul DQLab yang bertajuk Introduction to Data Science with Python and R dan dapatkan free sertifikat. Caranya mudah banget, cukup buat akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS atau ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login