SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 37 Menit 13 Detik

Excel, Tools Pilihan untuk Buat Grafik Simpel

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-08-1-2023-06-30-203432_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, tahukah kalian bahwa microsoft excel tidak hanya bisa digunakan untuk mengurutkan data, menyimpan data atau menghitung data saja? Microsoft excel juga telah populer digunakan untuk proses analisis data dan visualisasi data loh. Dalam hal visualisasi data ini banyak orang mencari tahu bagaimana cara membuat grafik di excel. Penggunaan grafik di excel ini tentunya memudahkan pembaca dalam memahami hasil analisis data.


Microsoft excel telah digunakan banyak orang untuk berbagai keperluan baik itu keperluan pribadi maupun perusahaan. Bidang yang menggunakan software excel inipun juga terdiri dari berbagai bidang mulai dari kesehatan, keuangan, ekonomi, pendidikan, infrastruktur, dan lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa jenis grafik dan bagaimana cara membuat grafik di excel dengan mudah dan singkat. Yuk, simak bersama-sama!


1. Pentingnya Visualisasi Data

Pada tahapan analisis data proses visualisasi data merupakan bagian penting yang tidak bisa Terlewatkan mungkin bagi sebagian orang yang mengerti tentang data akan dapat mudah memahami hasil analisis data walau tidak ditampilkan dalam bentuk visual yang menarik namun bagi orang yang awam terhadap data akan sulit memahami hasil analisis data jika disajikan apa adanya Oleh karena itu diperlukanlah proses visualisasi data yang mana hasil analisis data divisualisasikan dalam bentuk yang menarik representative dan mudah dimengerti dan dipahami oleh pembaca.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Excel untuk Visualisasi Data

Saat ini telah tersedia begitu banyak tools yang dapat digunakan untuk membuat visualisasi data yang menarik. Setiap tools memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Adakalanya pengguna ingin menggunakan satu tools yang sama dengan yang digunakan untuk proses analisis data, salah satunya adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel dapat digunakan mulai dari proses cleaning data, analisis data sampai visualisasi data. Selain itu Excel juga memiliki kelebihan yaitu mudah dipelajari dan cukup dikenal banyak orang. Selain itu excel juga menyediakan berbagai macam grafik yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan cara menggunakannya yang mudah.


3. Jenis Grafik di Excel

Setiap tools analisis data memiliki kegunaan dan fungsi masing-masing. Dalam microsoft excel, salah satu fungsinya adalah untuk membuat visualisasi data. Berikut ini beberapa jenis grafik visualisasi data yang dapat kamu coba.

  • column chart, atau grafik kolom yang menyajikan kategori data dalam kolom atau baris di sepanjang sumbu horizontal dan kategori nilai di sepanjang sumbu vertikal.

  • line chart, atau grafik garis yang menampilkan data yang didistribusikan secara merata di sepanjang sumbu horizontal dan semua data nilai didistribusikan merata di sepanjang sumbu vertikal.

  • pie chart, biasanya digunakan untuk mengukur perbandingan persentase atar item dari dataset.

  • bar chart, atau grafik batang yang juga digunakan untuk membandingkan nilai masing-masing item dalam bentuk batang

Excel


4. Cara Membuat Grafik di Excel

Setelah mengetahui pentingnya visualisasi data dan dapat diproses menggunakan excel, maka kita juga perlu mengetahui langkah mudah cara membuat grafik di excel yaitu sebagai berikut:

  1. membuka aplikasi microsoft excel lalu pilih ‘blank workbook’

  2. input data yang akan dijadikan grafik, lalu blok data

  3. pilih menu toolbar ‘insert’ lalu pilih ‘charts’ atau ‘grafik’

  4. pilih model grafik yang diinginkan

  5. grafik akan muncul dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan

Berikut adalah contoh hasil penggunaan grafik di excel

Excel



Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Membuat visualisasi data merupakan bagian penting dalam proses analisis data. Kamu dapat menggunakan berbagai macam tools yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, salah satunya dalam Microsoft Excel. Visualisasi data menggunakan Microsoft Excel dapat kamu pelajari di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login