GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 30 Menit 54 Detik 

Fakta Seputar SQL yang Wajib Calon Data Scientist Ketahui!

Belajar Data Science di Rumah 10-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a690fce859c8f2932cd0e971a5d8d717_x_Thumbnail800.png

Saat ini dapat disebut dengan era big data, karena bisnis dan industri sekarang bergantung pada data. Selain itu juga mereka mengumpulkan dan menghasilkan miliaran data setiap harinya, namun setiap perusahaan dan bisnis perlu melakukan proses analisis data-data tersebut agar dapat dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan atau perancangan strategi.


Apabila membahas mengenai big data, kita tidak dapat melewatkan SQL atau Structured Query Language. SQL merupakan bahasa database yang digunakan untuk membuat, memelihara, dan mengambil basis data relasional oleh seorang Data Scientist. Maka dari itu, jika kalian tertarik untuk menjadi calon Data Scientist, ketahui dulu fakta seputar SQL disini!


1. SQL Mudah Dipahami

SQL disukai karena kesederhanaannya, tidak seperti bahasa pemrograman lain yang memerlukan pemahaman konseptual tingkat tinggi dan menghafal langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan tugas. SQL dapat dikatakan sebagai bahasa pemrograman terbaik jika kalian baru akan mulai belajar.


SQL juga merupakan salah satu dasar dari Data Science, sangat mudah mempelajari dasar-dasar dari SQL dan menggunakannya untuk menanyakan serta memanipulasi data. Dengan mempelajari SQL, kalian bisa mendapatkan pengetahuan dasar yang dapat membantu dalam mempelajari bahasa pemrograman lain.


Baca Juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. SQL Membantu Pemahaman Dataset

Ketika kalian sudah memutuskan menjadi seorang Data Scientist, hal pertama yang pasti ingin kalian pelajari atau ketahui adalah pemahaman mengenai dataset yang akan menjadi pekerjaan kalian. Dengan belajar SQL, kalian bisa mendapatkan pemahaman yang kuat mengenai basis data relasional dan memungkinkan kalian untuk menguasai dasar-dasar lain dalam Data Science.


Dalam prosesnya, SQL akan membantu kalian menyelidiki dataset secara memadai, memvisualisasikannya, mengidentifikasi strukturnya, dan mengetahui bagaimana bentuk asli dari dataset. Hal tersebut memungkinkan kalian untuk mengetahui kejanggalan dari dataset. Sebagai Data Scientist, kalian memerlukan pemahaman dataset untuk memudahkan pekerjaan kalian kedepannya.


3. SQL Terintegrasi dengan Bahasa Scripting

Meskipun SQL sangat kuat dalam akses data, query, dan manipulasi, SQL masih memiliki keterbatasan dalam beberapa aspek, contohnya adalah visualisasi. Salah satu tanggung jawab seorang Data Scientist adalah dapat menyajikan data agar mudah dipahami oleh pemangku kepentingan atau orang yang berhubungan dengan data yang akan disajikan.


Karena SQL terintegrasi dengan baik dengan bahasa scripting lain seperti Python dan R, kalian dapat dengan mudah mengintegrasikan SQL dan Python untuk melakukan pekerjaan kalian. Oleh karena itu, SQL menjadi hal pertama yang perlu kalian pelajari ketika sedang mendalami profesi Data Scientist.


4. SQL Sebagai Kunci Masuk Industri Data

Pekerjaan seorang Data Scientist tidak hanya mengelola volume data yang kecil atau sedang, namun sangat besar. Setiap perusahaan pun memiliki volume data yang sangat besar dan tersimpan dalam database relasional mereka. Bekerja dengan volume data yang sangat besar membutuhkan solusi tingkat tinggi untuk mengelolanya.


Maka dari itu, dapat dikatakan SQL perlu kalian pelajari karena tanpa pemahaman akan SQL, kalian tidak dapat menjadi seorang Data Scientist atau bahkan salah satu profesi data. Bagi banyak perusahaan, pengalaman dan pemahaman akan SQL menjadi salah satu komponen utama dalam syarat perekrutan tenaga kerja dalam bidang data.


Baca Juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Telusuri Lebih Banyak Fakta Seputar SQL di DQLab

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, SQL merupakan salah satu hal atau materi penting yang perlu kalian pelajari. Kalian membutuhkan tempat belajar yang sesuai dan dapat memberikan kalian materi secara lengkap mengenai SQL. DQLab dapat menyajikan semua itu untuk kalian, kalian cukup sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis sebagai materi awal kalian bergabung di DQLab. Ayo, kuasai dasar dari Data Science bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!