GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 26 Menit 17 Detik 

Tutorial install XAMPP, Paket Lengkap SQL dan MySQL pada Windows

Belajar Data Science di Rumah 07-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2f90292e25d5c75b4bf656b8baa66106_x_Thumbnail800.jpg

SQL alias Structured Query Language, adalah bahasa standar yang digunakan dalam mengelola sistem manajemen basis data relasional. Mengelola disini termasuk memasukkan, mencari, memperbarui, dan menghapus data pada basis data relasional. Berdasarkan hasil survei stackoverflow, SQL termasuk bahasa pemrograman nomor 4 terpopuler. Hal ini dikarenakan SQL digunakan di banyak bidang, termasuk bidang data. Kemampuan SQL menjadi syarat wajib untuk berkarir di bidang data.


Ada beberapa basis data relasional yang menggunakan SQL sebagai bahasa kuerinya, salah satunya adalah MySQL. Awalnya MySQL dikembangkan oleh MySQL AB, namun kini telah diakuisisi dan dikembangkan oleh Oracle Corporation. Kabar baiknya MySQL masih bersifat open source, setidaknya sampai sekarang. Sehingga MySQL bebas dan gratis digunakan oleh siapa saja. Walau begitu, penggunaannya tentu harus sesuai dengan lisensi yang digunakan MySQL.


Sekedar informasi tambahan, tidak semua orang sepakat dengan diakuisisinya MySQL oleh Oracle, termasuk Michael œMonty Widenius si founder MySQL. Oleh karena itu, dimulai sebuah project baru bernama mariaDb yang merupakan fork dari MySQL. Sahabat data tidak perlu bingung perbedaan antara mariaDb dan MySQL. Secara umum kedua basis data ini memiliki kesamaan dan saling kompatibel. Baik MySQL ataupun mariaDb sama-sama menggunakan SQL sebagai bahasa kuerinya.


1. XAMPP

XAMPP sendiri adalah akronim dari X Apache MySQL (dulu)/mariaDb (sekarang)  PHP dan Perl. Dengan menginstall XAMPP, secara tidak langsung kita telah menginstall setidaknya keempat aplikasi tersebut, tanpa harus melakukan konfigurasi. XAMPP kompatibel di banyak sistem operasi seperti linux dan tentunya Windows. Penginstalan XAMPP termasuk mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Artikel ini akan menjelaskan cara menginstall XAMPP di sistem operasi Windows.


2. Download XAMPP

Buka web browsing, lalu cari dengan kata kunci xampp. Lalu klik œDownload XAMPP .. untuk berpindah ke halaman download XAMPP.

SQL


Silahkan pilih versi XAMPP yang sahabat data inginkan. Pada artikel ini, akan diinstall versi 8.12 / PHP 8.1.2. Klik download (64 bit), lalu tunggu proses pengunduhan selesai. Apabila sahabat data ingin menginstall selain 3 versi yang muncul di halaman utama, silahkan cari versi yang diinginkan dengan meng-klik More Downloads


SQL


Cara mengunduh XAMPP



Baca juga: Yuk Belajar Data Analyst Mulai dari SQL 


3. Instalasi XAMPP

Setelah pengunduhan selesai, lakukan instalasi dengan membuka file installer XAMPP. Pilih Yes untuk melanjutkan. Selanjutnya klik Next.

SQL

Seperti yang dibahas sebelumnya, XAMPP mendukung banyak layanan, mulai dari Apache, MySQL hingga Fake Sendmail. Silahkan pilih layanan ingin sahabat data install, tentunya prioritas kita disini untuk menginstall MySQL. Klik Next untuk melanjutkan.

SQL


Selanjutnya pilih folder untuk menginstall. Tidak perlu khawatir jika  folder C:xampp belum pernah dibuat, karena akan dibuat secara otomatis. Klik Next untuk melanjutkan.


SQL


Pilih bahasa yang dinginkan, umumnya tersedia bahasa English dan Deutsch. Setelah itu klik Next.

SQL

Karena kita hanya akan fokus menginstall MySQL, bagian Learn more about Bitnami for XAMPP bisa di uncheck. Klik Next.

SQL


XAMPP sudah siap untuk di install. Klik Next  dan tunggu proses instalasi selesai.


SQL


sql

Proses instalasi sedang berlangsung.


sql


Apabila saat proses instalasi muncul Windows Security Alert seperti gambar di atas, klik Allow acces. 


Cara instalasi XAMPP



Baca juga: Ingin Belajar SQL Ikuti Tahapan ini agar mahir dalam SQL


4. Menjalankan XAMPP

Untuk mengecek apakah XAMPP telah berhasil diinstall atau tidak, sahabat data menuju folder XAMPP tadi diinstall. Buka aplikasi xampp-control.

sql


Selanjutnya akan muncul XAMPP Control Panel. Untuk membuka MySQL, klik actions start pada bagian Apache dan MySQL.

SQL


Setelah actions start Apache dan MySQL berubah menjadi stop, selanjutnya buka web browser, masuk ke halaman localhost/phpmypadmin.


sql

Jika muncul halaman seperti dibawah aritnya proses penginstalan XAMPP telah berhasil, begitu pula menginstal MySQL. Tapi kalau diperhatikan belum ada tabel tuh di basis datanya. Mau tau cara membuat tabel baru di MySQL?

SQL


Cara menjalankan MySQL dengan Phpmyadmin



5. Kuasai SQL sebagai skill wajib praktisi data bersama DQLab.

Bagaimana, sekarang sudah paham kan bagaimana cara insitalasi SQL pada Windows kamu? Yuk praktikan sekarang!

DQLab sebagai salah satu platform unggulan belajar data science di Indonesia, tentunya memiliki modul berkualitas tentang SQL. Modul yang tersedia membahas SQL dari dasar, sehingga ramah untuk sahabat DQ yang baru mulai belajar SQL.


Modul-modul SQL yang tersedia di DQLab akan menjelaskan dengan lengkap apa itu SQL dan penggunaan kueri dasar hingga kompleks. Di akhir modul juga tersedia Mini Project agar sahabat data bisa merasakan bagaimana mengerjakan project data science menggunakan SQL.

Memulai belajar di DQLab mudah loh, langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratisnya sekarang di DQLab.



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :