DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 38 Menit 46 Detik 

Tutorial Install DBeaver pada Windows, SQL Client Ramah Pemula

Belajar Data Science di Rumah 21-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/36558da5139117462c2fc70bac425971_x_Thumbnail800.jpg

SQL atau structured query language merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mutlak diketahui oleh data analyst. Sebab, SQL adalah bahasa paling dasar yang hampir selalu ada dalam pengolahan basis data.  SQL dapat dikelola lewat berbagai aplikasi SQL client. Ada banyak sekali aplikasi-aplikasi semacam ini yang bisa kamu temukan, baik itu berupa aplikasi desktop maupun web-based. Beberapa aplikasi SQL client juga hanya dapat digunakan secara berbayar.


SQL client gratis yang cukup populer di kalangan pengguna SQL salah satunya adalah DBeaver. DBeaver mulai dikenalkan sebagai SQL client sejak tahun 2011 pada sebuah situs bernama freecode. Seiring waktu, aplikasi ini menjadi sangat populer terutama bagi komunitas open-source. Aplikasi ini menyajikan database dengan fitur GUI (Graphical User Interface), sangat user-friendly untuk digunakan. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai cara menginstall DBeaver di windows.


Pengenalan Singkat DBeaver

Dilansir dari situs resmi DBeaver, DBeaver adalah universal tools Database multi-platform yang gratis untuk pengembang, administrator basis data, analis, dan semua orang yang perlu bekerja dengan database. Mendukung semua database populer: MySQL, PostgreSQL, SQLite, Oracle, DB2, SQL Server, Sybase, MS Access, Teradata, Firebird, Apache Hive, Phoenix, Presto, dll.  


DBeaver memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya salah satu SQL client favorit. Beberapa keunggulan tersebut diantaranya :


  • Memiliki beberapa versi yang bisa dijalankan pada berbagai Operating System. Mulai dari Windows, Linux, Mac OS X, hingga Solaris.

  • Dapat mendukung banyak sekali jenis database, seperti MySQL, MS SQL Server, Greenplum, Oracle, Teradata, PostgreSQL, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja. Khusus edisi Enterprise, aplikasi ini juga dapat mengolah database noSQL seperti Mongodb, Cassandra, dan Redis.

  • Menyajikan database melalui GUI yang memudahkan pengguna untuk mengolah database.

  • Memiliki kemampuan menulis berbagai ekstensi (plugin)

  • Mendukung multi-platform

  • Tersedia dalam beberapa pilihan bahasa seperti Bahasa Inggris, Jerman, Cina, Rusia, serta Italia


Mengunduh DBeaver

Untuk menginstall DBeaver, pertama-tama kita perlu mengunduhnya di situs resmi DBeaver, yakni https://dbeaver.io/


sql


Kemudian klik menu Download. Selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman pengunduhan.


Terdapat 2 versi DBeaver yakni versi Community dan Enterprise. Kita akan mengunduh versi community di sistem operasi windows. Tunggu proses pengunduhan selesai.

sql



Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


Menginstall DBeaver

Setelah proses pengunduhan selesai, selanjutnya kita akan menginstall DBeaver. Berhubung karena SQL Client ini open source, maka instalasinya sangat mudah. Pertama kita perlu membuka file unduhan DBeaver dengan klik kanan lalu open administrator. Pilih bahasa yang ingin digunakan, misal disini kita memilih english


sql


Setelah itu, pada bagian setup kita klik next saja.

sql


Bagian selanjutnya adalah mengenai lisensi, disarankan untuk membaca License Agreement yang disyaratkan oleh DBeaver. Jika setuju, klik I Agree.

sql


Pada pemilihan user, pilih “For Anyone who uses this computer (all user)”.

sql


Pilih komponen yang ingin diinstall, silahkan dicentang sesuai kebutuhan. Disini akan dipilih komponen yang di centang secara default, yaitu DBeaver Community dan Include Java

sql


Langkah berikutnya memilih lokasi penginstalan. Sama seperti sebelumnya, lokasi penyimpanan kita pilih yang default saja.

sql


Berikutnya membuat membuat shortcut mode folder. Klik install untuk melanjutkan.

sql


Tunggu hingga proses penginstalan selesai.

sql


Setelah proses penginstalan selesai akan muncul pesan “DBeaver Community has been installed on Your Computer”. Centang “Create Desktop Shortcut” untuk membuat shortcut.

sql


Berikut video penginstalan DBeaver:




Baca juga : 4 Query Dasar SQL yang Wajib Diketahui Pemula Tanpa Gelar IT 


Menjalankan DBeaver

Pada desktop kita akan menemukan shortcut DBeaver, yang bergambar berang-berang. Klik 2 kali untuk membuka


sql


Berikut tampilan depan DBeaver, yang artinya kita telah berhasil DBeaver di windows.

sql


Di awal sudah dijelaskan bahwa DBeaver dapat dikoneksikan ke berbagai platform SQL. Baik itu MySQL, MariaDb dan lainnya. Sehingga semudah apapun penggunaan SQL Client, kita tetap butuh pengetahun mengenai bahasa SQL. DQLab menyediakan modul-modul yang bisa membantu menguasai SQL maupun tools lain dalam bidang data science. Tunggu apalagi? Yuk sign-up sekarang di DQLab.id selesaikan modul-modulnya sekarang.



Penulis : Ashari Ramadhan

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :