PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 5 Menit 48 Detik

Finger Print, Contoh Data Science dalam Keseharian

Belajar Data Science di Rumah 05-Juli-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-05-2024-07-05-193408_x_Thumbnail800.jpg

Dalam era digital yang semakin maju, keamanan dan identifikasi personal menjadi aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi yang telah terbukti andal dan efektif dalam hal ini adalah teknologi fingerprint atau sidik jari. Di balik kehebatan teknologi tersebut, ternyata didukung oleh data science.


Data science berperan penting dalam mengolah dan menganalisis data sidik jari untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas teknologi ini. Bagaimana cara kerjanya? Simak pada pembahasan di bawah ini!


1. Apa itu Teknologi Finger Print?

Data Science

Teknologi fingerprint atau sidik jari adalah metode identifikasi biometrik yang menggunakan pola unik yang ditemukan di ujung jari. Setiap individu memiliki pola sidik jari yang berbeda, yang terdiri dari loop, whorl, dan arch, yang diatur dalam kombinasi yang sangat kompleks. Teknologi ini bekerja dengan mengambil gambar digital dari sidik jari dan kemudian menyimpannya sebagai data numerik yang dapat dianalisis dan dibandingkan dengan data sidik jari lainnya.


Metode ini telah digunakan selama beberapa dekade dalam forensik untuk membantu mengidentifikasi individu berdasarkan jejak yang ditinggalkan di tempat kejadian perkara. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi fingerprint telah berkembang pesat dan menjadi komponen penting dalam berbagai aplikasi keamanan, seperti akses kontrol, perangkat mobile, dan pembayaran digital.


Baca juga: Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science


2. Penerapan Data Science dalam Finger Print

Data Science

Penerapan data science dalam teknologi fingerprint melibatkan berbagai teknik analisis data dan machine learning untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi proses identifikasi. Data science memungkinkan pengolahan data sidik jari dalam jumlah besar secara cepat dan akurat, serta membantu dalam pengenalan pola dan deteksi anomali. Misalnya, algoritma machine learning dapat dilatih menggunakan dataset sidik jari yang luas untuk mengenali pola-pola unik dan mengidentifikasi perbedaan halus antara sidik jari yang sangat mirip.


Teknik ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan sistem pengenalan sidik jari dengan mengurangi tingkat kesalahan identifikasi dan meningkatkan kemampuan sistem untuk bekerja dengan kondisi yang bervariasi, seperti perubahan kondisi kulit atau sensor yang kotor. Dengan bantuan data science, teknologi fingerprint dapat dioptimalkan untuk berbagai aplikasi, mulai dari keamanan perangkat hingga penegakan hukum.


3. Keunggulan Finger Print di Banding Metode Lainnya

Data Science

Salah satu keunggulan utama teknologi fingerprint dibandingkan metode identifikasi lainnya adalah tingkat keunikannya yang tinggi. Setiap individu memiliki sidik jari yang unik, bahkan kembar identik pun memiliki pola sidik jari yang berbeda. Hal ini membuat teknologi fingerprint sangat andal untuk tujuan identifikasi dan verifikasi. Selain itu, pengambilan sidik jari relatif mudah dan cepat, tidak memerlukan peralatan mahal atau prosedur yang rumit.


Dibandingkan dengan metode identifikasi biometrik lainnya seperti pengenalan wajah atau iris, teknologi fingerprint juga lebih sulit untuk dipalsukan atau direplikasi. Selain itu, sidik jari tidak berubah sepanjang hidup seseorang, sehingga tidak memerlukan pembaruan data secara berkala. Keunggulan-keunggulan ini menjadikan teknologi fingerprint sebagai pilihan utama dalam berbagai aplikasi keamanan dan identifikasi personal.


4. Contoh Data Science dalam Keseharian Lainnya

Data Science

Selain teknologi fingerprint, data science juga telah diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah sistem rekomendasi yang digunakan oleh platform e-commerce dan streaming seperti Netflix. Dengan menganalisis data perilaku pengguna, sistem ini dapat merekomendasikan produk atau konten yang sesuai dengan preferensi individu, meningkatkan pengalaman pengguna dan penjualan.


Di bidang kesehatan, data science digunakan untuk analisis data medis yang lebih lanjut hasilnya untuk prediksi penyakit dan personalisasi pengobatan. Aplikasi kesehatan mengumpulkan data aktivitas fisik dan vital pengguna, kemudian menganalisisnya untuk memberikan saran kesehatan yang spesifik. Di bidang transportasi, aplikasi seperti Google Maps menggunakan data science untuk memprediksi lalu lintas dan memberikan rute perjalanan terbaik.


Baca juga: 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Tertarik untuk secara langsung tahu bagaimana penerapan data science dalam beragam masalah-masalah nyata? Nah kalian perlu mempersiapkan diri nih! Mulai langsung belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan siapkan diri untuk berkarir di industri impian kalian! 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login