PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 14 Menit 2 Detik

Fokus 4 Hal Ini Saat Konversi String ke Int pada Python

Belajar Data Science di Rumah 22-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-01-2024-06-23-212433_x_Thumbnail800.jpg

Konversi dalam bahasa pemrograman Python merupakan proses penting yang memungkinkan perubahan tipe data satu ke tipe data lainnya. Hal ini sangat berguna dalam berbagai situasi di mana data dari satu jenis perlu diubah menjadi jenis lain untuk keperluan operasi matematika, manipulasi data, atau kompatibilitas dengan fungsi tertentu.


Python menyediakan berbagai cara untuk melakukan konversi ini, baik melalui fungsi bawaan seperti int(), float(), dan str(), maupun melalui metode khusus untuk tipe data yang lebih kompleks seperti list(), dict(), dan set(). Namun, pada artikel kali ini, kita akan berfokus pada aspek konversi string (str()) menjadi integer (int())


Mengkonversi string menjadi integer di Python adalah operasi yang sering kali diperlukan dalam berbagai situasi pemrograman. Meskipun tampaknya sederhana, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan proses konversi berjalan lancar dan bebas dari kesalahan. Artikel ini akan membahas hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan konversi dari string ke integer di Python. So, simak penjelasannya sampai habis ya sahabat DQLab!


1. Pemahaman Dasar Konversi String ke Int

Pada bahasa pemrograman Python, untuk mengonversi string menjadi integer kamu bisa menggunakan fungsi bawaan “int()”. Fungsi ini mencoba untuk mengonversi argumen yang diberikan menjadi angka integer. Berikut adalah contoh dasar:

Python

Meskipun contoh ini tampak sederhana, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar proses konversi tidak menimbulkan kesalahan atau masalah.

 

Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Memastikan String Berisi Angka yang Valid

Sebelum melakukan konversi, pastikan bahwa string yang akan dikonversi benar-benar mewakili angka valid. Jika string tersebut mengandung karakter non-numerik, maka fungsi int() akan menghasilkan “ValueError”. Contoh:

Python


3. Mengatasi Spasi dan Karakter Khusus

String yang memiliki spasi atau karakter khusus juga dapat menyebabkan kesalahan saat konversi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu perlu membersihkan string dari karakter yang tidak diperlukan menggunakan metode strip() atau metode string lainnya.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Mengonversi String dengan Angka Desimal

Jika string yang akan dikonversi mengandung angka desimal (misalnya “123.45”) maka kamu perlu mengubah terlebih dahulu menjadi float sebelum mengonversinya menjadi integer. Mengonversi langsung dari string desimal ke integer akan menimbulkan “ValueError”. 

Python

Mengonversi string menjadi integer di Python memerlukan pemahaman yang baik tentang kemungkinan kesalahan yang bisa terjadi dan cara untuk mengatasinya. Dengan memperhatikan hal-hal seperti validasi input, pengelolaan eksepsi, dan pembersihan data, kamu dapat memastikan bahwa konversi berjalan dengan aman dan efektif. 


Bagi kalian yang baru belajar bahasa pemrograman, tidak ada salahnya memulai dengan bahasa python. Kalian perlu mengetahui dasar-dasar python dan bisa langsung mempraktekkannya dengan modul-modul yang tersedia di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login