FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 13 Menit 31 Detik 

Formula Excel DATEDIF Simple pada Data Tanggal

Belajar Data Science di Rumah 19-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ba1ec441f7e3c76b6ba86e04decb5cca_x_Thumbnail800.jpeg

Excel memiliki beragam formula yang membantu proses perhitungan, analisis, atau administratif dalam sebuah pekerjaan. Masing-masing formula memiliki kegunaan dan bergantung pada jenis datanya. Begitu juga dengan data tanggal (date) memiliki formula khusus supaya dapat dioperasikan. Tentunya menghitung selisih dua tanggal tidak bisa menggunakan formula selisih untuk data numerik biasa.


Formula Excel untuk kebutuhan menghitung selisih dua data tanggal adalah DATEDIF. Formula ini juga biasanya digunakan untuk menghitung umur atau lama bekerja karyawan pada perusahaan. Bagaimana penggunaannya? Yuk, simak penjelasan dan praktik sederhana di bawah ini!


1. Bentuk Umum Formula DATEDIF

Formula DATEDIF digunakan untuk menghitung selisih hari, bulan, atau tahun dari dua tanggal yang diberikan. Untuk kebutuhan kerja, biasanya formula ini digunakan untuk menghitung umur atau masa kerja karyawan. Formula DATEDIF tidak terdapat pada fitur auto complete pada Excel. Meski demikian, bukan berarti formula ini tidak tersedia atau tidak bisa digunakan.


Excel


Jadi, untuk menggunakan formula ini, kalian perlu mengetikkan secara manual pada cell yang dimaksud atau pada formula bar yang tersedia. Bentuk umum formula DATEDIF adalah sebagai berikut.


Excel


  • start_date: Diisi dengan tanggal awal dimulainya periode tanggal atau tanggal yang lebih dahulu

  • end_date: Diisi dengan tanggal akhir periode atau tanggal terakhir yang akan dihitung

  • unit: Diisi dengan kode satuan yang diinginkan

Berikut kode satuan argumen yang bisa kalian inputkan ke dalam formula DATEDIF.


Excel


2. Menghitung Selisih Dua Data Tanggal dengan DATEDIF

Agar lebih paham mari praktikkan cara penggunaan DATEDIF dalam menghitung selisih dua data tanggal. Diberikan data dua tanggal seperti berikut.


Excel


Selanjutnya kita coba untuk menghitung jumlah total hari diantara dua tanggal tersebut. Dengan cara ketikkan rumus berikut.


Excel


Karena ingin menghitung jumlah total hari maka kode satuan yang digunakan adalah “D”. Dari contoh di atas, artinya jumlah hari dari tanggal 03-04-2020 sampai 08-12-2022 adalah 979 hari.

Mari kita coba untuk kode satuan lainnya, yaitu bulan.


Excel


Kode satuan yang digunakan kali ini adalah “M” karena ingin menghitung total jumlah bulan dalam selang kedua tanggal tersebut. Sekarang kita coba menghitung jumlah bulan dengan mengabaikan tahun dari kedua tanggal tersebut.


Excel


Pada kasus ini kita menggunakan kode satuan YM. Sehingga diperoleh jumlah bulan sejak 03-04-2020 sampai 08-12-2022 dengan mengabaikan tahunnya adalah 8 bulan. Artinya dari bulan April sampai Desember terdapat 8 bulan. Kalian bisa mencoba kode satuan lainnya supaya lebih mahir.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


3. Menggunakan Formula DATEDIF dan TODAY Untuk Menghitung Umur

Pada praktik selanjutnya kita akan menggunakan kombinasi formula DATEDIF dan TODAY untuk menghitung umur. Misalkan diberikan data seperti berikut ini.


Excel


Ketikkan formula berikut untuk mendapatkan data umur.


Excel


TODAY() berfungsi untuk mendapatkan data tanggal saat ini secara real time. Selanjutnya kita menghitung selisih tahun dari tanggal lahir dan tanggal hari ini. Sebagai contoh Indah Sari berumur 25 tahun pada tahun 2023 karena 2023 - 1998 = 25 tahun. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan DATEDIF

Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui dalam menggunakan DATEDIF. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Jika formula DATEDIF menghasilkan error berupa #NAME? maka kemungkinannya adalah  ada kesalahan penulisan fungsi. Karena fungsi ini tidak muncul pada autocomplete sehingga bisa jadi ada kesalahan seperti DATEIF, atau penulisan lainnya.

  • Jika nilai pada start_date lebih besar dibandingkan end_date akan menghasilkan nilai error #NUM!

  • Disarankan untuk tidak menggunakan kode satuan “MD” karena kode ini mungkin akan menghasilkan nilai angka negatif, nilai nol, atau hasil yang tidak akurat lainnya.

Sebagai seorang data analyst sangat penting untuk memahami kegunaan beragam formula yang ada di Excel. Ini akan mempermudah dan mempercepat proses analisis data yang kalian miliki. Nah, bagi kalian yang tertarik untuk meningkatkan pemahaman Excel tapi bingung belajar dari mana, DQLab adalah solusi yang tepat.


Di DQLab, kalian akan mendapatkan modul pembelajaran yang lengkap. Baik untuk level pemula sampai profesional. Dilengkapi dengan studi kasus yang membantu kalian mendapatkan pengalaman menyelesaikan permasalahan dunia nyata. Jika kalian masih ragu, ada modul gratis yang bisa dicoba loh! Caranya mudah, tinggal Sign Up di website DQLab ya. Yuk, perkuat pemahaman Excel kalian di DQLab!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :