Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Fundamental dalam Pelatihan Employee dengan MySQL

Belajar Data Science di Rumah 23-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-06-2023-10-23-184932_x_Thumbnail800.jpg

Pelatihan employee dengan MySQL adalah langkah penting dalam memahami cara mengelola basis data dan memaksimalkan efisiensi operasional perusahaan. MySQL adalah salah satu RDBMS (Relational Database Management System) yang telah ada sejak lama dan masih bisa mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Untuk menjalankan MySQL, tentunya kita harus menguasai bahasa SQL yang menjadi bahasa universal untuk membuat dan mengakses database.


Dalam perjalanan perkembangan teknologi, hampir semua perusahaan memiliki database internalnya masing-masing yang akan memuat data-data penting, mulai dari data customer, data supplier, hingga data employee. Sementara untuk mengakses data yang ada di database hanya bisa menggunakan bahasa SQL.


Hal inilah yang kemudian membuat perusahaan mulai menyadari bahwa pentingnya pelatihan salah satu platform yang bisa menggunakan SQL untuk employee, seperti MySQL ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan beberapa hal dasar yang perlu diketahui saat memulai pelatihan employee dengan MySQL.


1. Pengenalan MySQL dan Database Management

SQL

Pict by Wikipedia


MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang digunakan secara luas di seluruh dunia. Untuk melakukan pelatihan employee mengenai MySQL, maka harus dimulai dengan pemahaman dasar tentang MySQL dan konsep dasar database management, termasuk:

  • Pengenalan MySQL

    Biasanya dalam tahapan ini akan dibahas mengenai pengenalan singkat MySQL, sejarah, serta bagaimana MySQL berperan penting dalam pengelolaan data.

  • Relational Database

    Pada materi ini akan lebih banyak membahas konsep dasar relational database, termasuk tabel, baris, kolom, dan kunci dari tabel tersebut.

  • SQL (Structured Query Language)

    Umumnya, di materi ini akan lebih banyak membahas tentang pengenalan singkat tentang SQL yang merupakan bahasa untuk berinteraksi dengan MySQL, termasuk perintah dasar seperti SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pengelolaan Tabel dan Skema Basis Data

SQL


Tahapan selanjutnya yang akan ditemui dalam pelatihan MySQL bagi employee adalah pemahaman tentang cara membuat, mengubah, serta mengelola tabel dalam MySQL. Hal ini akan mencakup beberapa poin, misalnya:

  • Membuat Tabel 

    Tahapan ini adalah bagian penting dalam proses pembuatan database. Employee harus mengetahui cara membuat tabel dalam MySQL, termasuk definisi kolom dan jenis data.

  • Primary Key dan Index

    Tahapan selanjutnya adalah menentukan primary key. Selain itu juga akan dijelaskan pentingnya primary key dalam tabel dan penggunaan indeks untuk meningkatkan kinerja query.

  • Normalisasi

    Konsep normalisasi dalam perancangan basis data untuk menghindari redundansi data dan menjaga integritas.


3. Query Data

SQL

Query data adalah aspek penting dalam MySQL. Setiap perintah akan dijalankan jika pengguna telah menuliskan query yang tepat. Beberapa query dasar yang akan diajarkan dalam pelatihan biasanya akan mencakup:

  • SELECT Statements

    Dalam materi ini, employee akan diajarkan cara mengambil data dari tabel menggunakan perintah SELECT. Biasanya juga bisa digabungkan dengan penggunaan klausa WHERE untuk mengambil data yang relevan (filtering).

  • Aggregate

    Fungsi agregasi menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam memproses data, sehingga sudah sewajarnya jika pelatihan yang ada akan memuat materi tentang penggunaan  aggregate seperti COUNT, SUM, AVG, MIN, dan MAX untuk merangkum data.

  • JOIN Table

    JOIN table juga termasuk hal yang sering digunakan untuk mendapatkan hasil yang lebih lengkap dan bisa menjawab permasalahan yang ada. Dalam materi ini, employee akan diajarkan cara menggabungkan data dari beberapa tabel menggunakan operasi JOIN.


4. Keamanan dan Pengaturan Izin

SQL

Di tengah maraknya kejahatan yang menyerang server data, maka pembahasan mengenai keamanan data dan pengaturan izin yang sesuai dalam MySQL menjadi materi yang sangat penting untuk dibahas. Materi ini akan mencakup:

  • Authentication 

    Materi ini akan membahas tentang pengaturan autentikasi pengguna dan penggunaan kata sandi yang kuat. Hal ini bisa menghindari dari kejahatan cyber yang bisa terjadi kapan saja.

  • Authorization

    Selain authentication, authorization juga menjadi hal penting yang harus dibahas. Authorization bermanfaat untuk mengatur izin pengguna, mengontrol akses ke tabel dan data.

  • Keamanan Server

    Materi tentang keamanan server akan memberikan pemahaman tentang cara menjaga keamanan server MySQL dari ancaman potensial.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data

Pelatihan employee dengan MySQL adalah sebuah langkah awal untuk memaksimalkan manajemen basis data yang kita miliki. Memahami dasar yang didapatkan dari pelatihan ini akan memberikan dasar yang kuat untuk kemahiran lebih lanjut dalam penggunaan MySQL sehingga kita bisa mengelola data dengan lebih efisien.


Untuk kamu yang tertarik belajar SQL, DQLab menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Selain itu, Bootcamp Data Analyst with SQL and Python juga termasuk kelas yang direkomendasikan bagi pemula yang ingin melakukan pembelajaran data untuk menjadi seorang Data Analyst. Tentunya nanti kita akan dihadapkan dengan study case yang bisa menambah portfolio data.


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login