PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 22 Jam 29 Menit 20 Detik

Fungsi DATEVALUE Excel & Contoh Penggunaannya

Belajar Data Science di Rumah 27-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-08-2024-02-27-151304_x_Thumbnail800.jpg

Excel menyediakan rumus dan fungsi yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan praktisi data. Tak melulu rumus yang bersifat numerik, data berupa tanggal dan satuan waktu pun juga bisa diatasi hanya dengan memakai rumus Excel. Salah satunya dengan menggunakan fungsi DATEVALUE. DATEVALUE merupakan fungsi Excel yang berguna untuk mengubah teks yang mewakili tanggal menjadi nilai tanggal yang dapat digunakan dalam perhitungan.


Dengan DATEVALUE, pengguna dapat dengan mudah mengkonversi format tanggal yang berbeda menjadi nilai yang dapat digunakan dalam berbagai rumus dan analisis data. Misalnya, jika sebuah data memiliki tanggal dalam format teks seperti "1 Januari 2024", dengan menggunakan fungsi DATEVALUE, Excel dapat mengubahnya menjadi nilai tanggal yang dapat dioperasikan dalam perhitungan, seperti "44239" untuk tanggal 1 Januari 2024.


Hal ini sangat berguna dalam mengelola data waktu dan membuat analisis yang lebih mendalam dengan menggunakan Excel. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang fungsi DATEVALUE yang diterapkan pada Microsoft Excel! Simak yuk penjelasannya sahabat DQLab


1. Sistematika Penulisan Fungsi DATEVALUE pada Excel

Sebelum membahas lebih jauh tentang fungsi DATEVALUE, mari kita kenalan terlebih dahulu dengan sistematika atau persamaan umum penulisan fungsi DATEVALUE. Kamu bisa lihat contohnya di bawah ini:


=DATEVALUE(“Date_text”)


Excel

Keterangan:

  • Date_text adalah data teks tanggal yang akan dikonversi

  • Date_text hanya ditulis secara langsung dengan tanda petik

  • Adapun format penulisan Date_text mengikuti tanggal default Microsoft Excel

  • Format mm/dd/yy, contoh 24 Agustus 2015 adalah 8.24/2015

  • Format dd-mm-yy, contoh 24 Agustus 2015 adalah “24-Aug-2015””

  • Output nilai numerik yang merupakan nomor seri Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Informasi Soal Nomor Seri pada Excel

Ketika ingin menghitung jumlah hari pada tanggal menggunakan DATEVALUE, pengguna harus tahu dulu nomor seri yang digunakan. Nomor seri ini dihasilkan fungsi-fungsi tanggal merupakan nilai numerik standar Microsoft Excel. Nomor ini digunakan seragam untuk keperluan perhitungan aritmatika, logika, hingga pemrograman Visual Basic. Hal ini berdasarkan tanggal dimulai yaitu 1 Januari 1900 yang dihitung interval 1 hari. 


Contoh: 

  • 1 Januari 1900 = 1

  • 2 Januari 1900 = 2

  • 24 Agustus 2015 = 42240

Excel


3. Contoh Penggunaan Fungsi DATEVALUE 

Agar lebih jelas, mari kita coba untuk mempraktikkan fungsi DATEVALUE ini menggunakan Microsoft Excel. Kamu bisa lihat contoh berikut:

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Fungsi DATEVALUE dengan Kombinasi Logika Excel

Fungsi DATEVALUE tak cuma didefinisikan dalam bentuk numerik. Namun, tanggal yang ada dalam formula Excel harus diubah menjadi nilai numerik. Misalnya seorang dosen akan mengecek mahasiswa yang terlambat mengumpulkan makalah. Deadline yang diberikan dosen harus mengumpulkan tugas tersebut sebelum 28 September 2018.


Berikut adalah data mahasiswanya:

Excel


Nah, dari data mahasiswa dan waktu pengumpulan tersebut, kamu bisa menyelesaikannya dengan menggunakan formula logika melalui fungsi IF yang dikombinasikan dengan DATEVALUE. Berikut adalah contohnya:

Excel


Penasaran apalagi fungsi lanjutan lainnya yang ada di Excel? Kalian bisa mulai belajar di DQLab.

Excel

Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apalagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Yuk ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login