Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Fungsi Excel MID untuk Analisis Data Teks, Yuk Terapkan!

Belajar Data Science di Rumah 05-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-08-2024-05-03-180307_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel tidak hanya terampil dalam menangani data numerik saja. Data teks juga bisa diaplikasikan dengan mudah. Salah satu fungsi yang sering digunakan dalam analisis data teks adalah MID. Fungsi MID yang diturunkan dari kata "middle" (tengah) memungkinkan pengguna untuk mengekstraksi bagian-bagian tertentu dari teks berdasarkan posisi karakter awal dan panjang kata yang diinginkan. 


Dengan menggunakan MID, pengguna dapat dengan cepat memanipulasi dan menganalisis data teks, seperti mengambil nomor identifikasi unik dari string teks, mengekstraksi tanggal dari format teks yang kompleks, atau mengambil bagian-bagian tertentu dari alamat atau deskripsi produk apabila dimasukkan ke dalam Excel.  Nah, jika kamu penasaran dengan rumus MID pada Excel beserta variasi fungsinya, jangan skip artikel ini! Simak penjelasan berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Apa itu MID Excel

Fungsi MID pada Excel adalah salah satu fungsi teks yang digunakan untuk mengekstraksi sebagian dari teks tertentu dari sebuah string. Ini memungkinkan pengguna untuk memilih bagian dari teks berdasarkan posisi karakter awal dan panjang yang diinginkan. Fungsi MID sangat berguna dalam analisis data teks, karena memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas seperti ekstraksi informasi kunci, pembersihan data, analisis sentimen, dan pembuatan laporan dengan lebih efisien.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Persamaan Umum Fungsi MID Excel

Fungsi MID memiliki persamaan umum sebagai berikut:

Excel

Keterangan:

text: Merupakan teks atau string dari mana kamu ingin mengekstraksi bagian tertentu.

start_num: Merupakan posisi karakter awal dari mana kamu ingin memulai ekstraksi data

num_chars: Merupakan jumlah karakter yang ingin kamu ekstraksi dari string teks.


3. Kegunaan Fungsi MID dalam Analisis Data Teks

Fungsi MID pada Microsoft Excel dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kira-kira apa saja? Berikut adalah penjelasannya:

  • Ekstraksi Informasi Kunci: Salah satu penggunaan paling umum dari fungsi MID adalah untuk mengekstraksi informasi kunci dari string teks. Misalnya, kamu dapat menggunakan MID untuk mengekstraksi nomor identifikasi unik, kode produk, atau tanggal dari format teks yang kompleks.

  • Pembersihan Data: Dalam proses pembersihan data, MID dapat menjadi alat yang sangat berguna. Kamu dapat menggunakan fungsi ini untuk memotong atau mengekstraksi bagian tertentu dari teks yang tidak diperlukan atau untuk memformat kembali teks sesuai kebutuhan analisis kamu.

  • Analisis Sentimen: Dalam analisis sentimen, MID dapat membantu kamu mengekstraksi bagian penting dari ulasan atau opini pelanggan. Dengan mengekstraksi kata-kata kunci atau frasa tertentu, kamu dapat menganalisis sentimen secara lebih mendalam.

  • Pembuatan Laporan: Fungsi MID juga dapat digunakan untuk membantu dalam pembuatan laporan. Kamu dapat menggunakannya untuk mengekstraksi informasi tertentu yang diperlukan dalam laporan, seperti data produk, nomor identifikasi, atau informasi pelanggan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Contoh Penggunaan Fungsi MID pada Excel

Biar lebih jelas dan paham, berikut adalah penggunaan fungsi dari MID Excel. Misalnya disediakan beberapa macam teks yang dijadikan dalam satu cell. Cell 1 berisi kata DQLab, cell 2 diisi Data Science, cell 3 diisi Data Analyst, dan seterusnya. Kita ingin mencari nilai pada data teks menggunakan fungsi MID sesuai panjang karakter yang diinginkan. Berikut adalah hasilnya:


Excel

Dari hasil di atas, pastinya kamu bingung. Nilai-nilai tersebut didapatkan darimana dan atas dasar apa penentuannya? Mari kita bongkar dari nilai cell pertama. Cell pertama yaitu kata DQLab yang mana penulis mencoba untuk mengetikkan rumus

=MID(A2; 5; 2)

Artinya pada cell A2 terdapat tulisan DQLab, kemudian karakter kelima sendiri adalah b pada kata DQLab. Sedangkan nilai 2 ini berarti kita ingin mengekstraksi dua karakter setelah karakter ke-5, sehingga outputnya akan menjadi "b". Dengan demikian, rumus tersebut akan menghasilkan "b" sebagai output.


Hal ini berlaku juga pada kata “Machine Learning” dimana dengan formula yang sama yaitu

=MID(A6; 5; 2)

Artinya pada cell A6 terdapat tulisan Machine Learning, kemudian karakter kelima sendiri adalah in. Sedangkan nilai 2 ini berarti kita ingin mengekstraksi dua karakter setelah karakter kelima, sehingga hasilnya adalah "in". Dengan menggunakan fungsi MID dalam contoh ini, kita dapat dengan cepat dan mudah mengekstraksi bagian tertentu dari string teks, yang merupakan dasar dari banyak analisis data teks yang lebih kompleks.


Selain fungsi MID, apakah kamu penasaran tentang fungsi lanjutan lainnya yang ada di Excel? Kalian bisa mulai belajar di DQLab.

Excel

Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apalagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Yuk ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login