PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 6 Jam 45 Menit 19 Detik

Fungsi Keuangan dan Cara Menggunakannya pada Excel

Belajar Data Science di Rumah 15-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-08-2023-11-15-174435_x_Thumbnail800.jpg

Di bidang finance, excel merupakan ‘senjata’ andalan karena fitur-fiturnya yang bisa mempermudah pekerjaan sehingga proses pengolahan data menjadi lebih efektif dan efisien. Bahkan, excel menyediakan formula khusus untuk perhitungan finance sehingga hanya dengan satu formula kita bisa mendapatkan suatu angka yang apabila dihitung secara manual membutuhkan effort yang tidak sedikit.


Dengan formula excel, perhitungan finance yang sangat melelahkan akan lebih akurat karena human error bisa diminimalisir.


Microsoft excel adalah alat yang paling penting untuk seorang Investment Bankers dan Financial Analysts. Role ini  menghabiskan lebih dari 70% waktunya untuk menyiapkan model excel, merumuskan asumsi, penilaian, perhitungan, menyusun grafik, dan lain sebagainya.


Dengan kata lain, dapat diasumsikan jika Investment Bankers adalah seseorang yang ahli dalam shortcut dan fungsi excel. Meskipun ada lebih dari 50 Fungsi Keuangan di Excel, namun ada beberapa fungsi keuangan yang sering digunakan.


Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa fungsi keuangan pada excel yang sering digunakan oleh profesi-profesi di bidang finance. Penasaran apa saja fungsi tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Internal Rate of Return (IRR)

Untuk memahami apakah suatu proyek atau investasi baru menguntungkan atau tidak, kita bisa menggunakan fungsi menggunakan IRR. Jika IRR lebih besar dari tingkat rintangan (tingkat yang dapat diterima/biaya modal rata-rata) – dalam bahasa inggris dikenal dengan hurdle rate, maka investasi tersebut akan menguntungkan bagi perusahaan, begitu juga sebaliknya.


Secara umum, rumus IRR dapat ditulis sebagai berikut

SQL

Sumber: WallStreet Mojo


Values adalah arus kas positif atau negatif (berbagai nilai) sedangkan guess adalah asumsi kita mengenai bagaimana seharusnya IRR.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Net Present Value (NPV)

NPV adalah rumus pada excel yang digunakan untuk menghitung jumlah total arus kas positif dan negatif selama bertahun-tahun. Secara umum, fungsi atau rumus excel ini ditulis sebagai berikut

SQL

Sumber: WallStreet Mojo


Rate adalah discount rate untuk setiap periode sedangkan Value 1, [Value 2], [Value 3]…  adalah arus kas positif atau negatif. Pada fungsi ini, nilai negatif akan dianggap sebagai pembayaran, dan nilai positif akan dianggap sebagai arus masuk.


3. Modified Internal Rate of Return (MIRR)

MIRR adalah fungsi finance pada excel yang lebih advance dibandingkan dengan IRR. MIRR menandakan bahwa investasi tersebut menguntungkan dan digunakan dalam bisnis. MIRR dihitung dengan mengasumsikan NPV bernilai nol. Secara umum, rumus ini ditulis sebagai berikut.

SQL

Sumber: WallStreet Mojo


Values adalah arus kas positif atau negatif (berbagai nilai). Finance_rate merupakan tingkat bunga yang dibayarkan untuk uang yang digunakan dalam arus kas, sedangkan reinvest_rate adalah tingkat bunga yang dibayarkan untuk investasi kembali arus kas.


4. Future Value (FV)

Fungsi ini adalah fungsi finance yang cukup sederhana. Kegunaan dari FV adalah untuk menghitung atau mengetahui nilai masa depan dari suatu investasi tertentu yang memiliki tingkat bunga konstan dan pembayaran berkala. Secara umum, fungsi ini ditulis sebagai berikut.

SQL

Sumber: WallStreet Mojo


Rate adalah suku bunga per periode. Nper adalah jumlah periode, pmt adalah pembayaran per periode, pv merupakan nilai saat ini dan terakhir type adalah kapan pembayaran dilakukan (jika tidak disebutkan, diasumsikan pembayaran dilakukan pada akhir periode).


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Selain powerful di bidang finance, excel juga banyak digunakan diberbagai bidang industri. Yuk perdalam skill excel kamu bersama DQLab! 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login