3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 21 Menit 24 Detik

Fungsi ROMAN Pada Microsoft Excel, Simak Caranya!

Belajar Data Science di Rumah 21-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-08-2024-01-19-172744_x_Thumbnail800.jpg

Excel menangani berbagai macam kebutuhan rumus baik rumus yang sederhana maupun rumus yang terbilang rumit. Alhasil keberadaan fungsi Excel turut membantu kinerja seorang praktisi data dalam menarik kesimpulan berdasarkan data yang ia miliki. Coba kita sejenak menoleh ke belakang, kira-kira sahabat DQ masih ingat nggak sama pelajaran matematika soal angka romawi? Memang materi yang satu ini tidak pernah kamu lewatkan namun terkadang juga menyulitkan karena materi angka romawi secara penomoran juga berbeda dengan angka biasa. 


Mungkin kamu sedikit hafal dengan urutan angka romawi dari 1 sampai 10. Namun apa jadinya bila data yang kamu punya ini bertingkat. Bisa puluhan, ratusan, bahkan ribuan. Kira kira apa bisa dirubah ke dalam bentuk romawi jika angkanya semakin lama semakin besar? Tak perlu khawatir dan risau ya sahabat DQLab! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang penggunaan fungsi ROMAN Excel yang biasa digunakan untuk konversi angka biasa ke angka romawi. Simak yuk!


1. Merubah Nilai Bilangan Satuan ke Angka Romawi

Rumus ROMAN memang tergolong ke dalam rumus underrated pada Microsoft Excel. Tak heran, jika rumus ini banyak yang tidak mengetahuinya. Rumus ROMAN dapat dikombinasikan dengan berbagai situasi tertentu. Misalnya, nilai angka dalam bilangan satuan, kita bisa ubah angkanya hanya dengan menggunakan rumus ROMAN saja lho untuk mengkonversi angka satuan biasa ke angka Romawi.


Dengan menggunakan fungsi ROMAN, proses konversi menjadi lebih mudah dan cepat. Berikut adalah contoh penggunaan rumus ROMAN untuk bilangan satuan melalui Microsoft Excel

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Merubah Nilai Bilangan Puluhan ke Angka Romawi

Selain angka satuan, kita juga bisa mengubah angka puluhan menjadi angka Romawi. Angka puluhan mencakup 10-99. Keseluruhan angka ini dapat kamu konversi dari angka biasa ke angka romawi dengan ROMAN Excel. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh dari nilai bilangan ratusan ke dalam angka romawi.

Excel


3. Merubah Nilai Bilangan Ratusan ke Angka Romawi

Berikutnya, rumus ROMAN juga bisa diubah ke dalam bentuk ratusan. Pada bagian ini, seringkali kamu kebingungan karena semakin lama angka yang kamu dapatkan terlampau besar. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh dari nilai bilangan ratusan ke dalam angka romawi.

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Merubah Nilai Bilangan Ribuan ke Angka Romawi

Tak cuma berhenti di angka ratusan, angka ribuan pun langsung tertangani hanya dengan Microsoft Excel melalui bantuan fungsi ROMAN. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh dari nilai bilangan ribuan ke dalam angka romawi.

Excel


Penasaran apalagi fungsi lanjutan lainnya yang ada di Excel? Kalian bisa mulai belajar di DQLab.

Excel

Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apalagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Yuk ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :