PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 17 Jam 54 Menit 26 Detik

Fungsi SQL Group By Count & Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 10-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/377f0986de470cd747d2e12ae3f1d09d_x_Thumbnail800.jpeg

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk mengelola dan memanipulasi data dalam suatu database. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan semakin banyaknya data yang dihasilkan, penggunaan SQL menjadi semakin penting dalam kegiatan bisnis, penelitian, dan pengambilan keputusan.


SQL membantu kalian untuk mengakses, mengubah, dan memanipulasi data dalam database dengan mudah dan efisien. Melalui SQL, kalian dapat melakukan berbagai operasi seperti menambahkan data, menghapus data, atau mengubah data yang sudah ada. Selain itu, SQL juga memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis data melalui perintah seperti SELECT, Group By, dan JOIN. Pada artikel kali ini, akan dibahas lebih mendalam beserta contohnya penggunaan Group By Count untuk menganalisis data. Yuk praktikkan sekarang!


1. Pengertian SQL Group By Count

SQL

SQL Group By adalah sebuah fitur dalam bahasa SQL yang digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan kriteria tertentu. Dalam penggunaannya, SQL Group By membantu untuk mengelompokkan data berdasarkan nilai-nilai tertentu yang terdapat pada kolom tertentu. Dengan SQL Group By, kalian bisa mengelompokkan data dengan mudah dan cepat, tanpa harus melakukan proses pengelompokkan secara manual.


Sementara itu, SQL Group By Count adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung jumlah data dalam setiap kelompok yang dibuat dengan SQL Group By. Dalam penggunaannya, SQL Group By Count dapat digunakan untuk menghitung jumlah data yang terdapat pada setiap kelompok berdasarkan kriteria yang telah ditentukan pada SQL Group By. 


Perbedaan antara keduanya adalah SQL Group By hanya digunakan untuk mengelompokkan data, sedangkan SQL Group By Count juga menghitung jumlah data dalam setiap kelompok. Dalam analisis data, SQL Group By Count sangat penting untuk memperoleh informasi mengenai jumlah data dalam setiap kelompok yang telah dibuat dengan SQL Group By, sehingga kalian dapat menemukan pola-pola dan trend dari data yang ada.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Sintaks SQL Group By Count

Berikut adalah bentuk sintaks umum dari SQL Group By Count:

SQL

Dalam sintaks di atas, “column_name” adalah nama kolom yang ingin dihitung jumlah datanya, “table_name” adalah nama tabel yang ingin diambil data-nya, dan “COUNT(*)” adalah fungsi untuk menghitung jumlah data dalam setiap kelompok. Perintah “GROUP BY column_name” digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan nilai yang terdapat pada kolom “column_name”. Setelah data dikelompokkan, maka fungsi “COUNT(*)” akan menghitung jumlah data dalam setiap kelompok.


3. Contoh Penggunaan SQL Group By Count

Misalkan kita memiliki data penjualan toko yang terdiri dari kolom nama_barang, jumlah_barang, dan harga_satuan.

SQL

Kita ingin menghitung jumlah penjualan (jumlah barang yang terjual) dari setiap jenis barang yang dijual. Berikut adalah contoh kode SQL Group By Count yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah penjualan barang tersebut:

SQL

Dalam contoh di atas, nama_barang adalah kolom yang digunakan untuk mengelompokkan data, dan COUNT(*) akan menghitung jumlah data dalam setiap kelompok. Perintah GROUP BY nama_barang digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan jenis barang yang dijual. Dengan menjalankan kode di atas, kalian akan mendapatkan hasil jumlah penjualan untuk setiap jenis barang yang dijual.

SQL

Dari output di atas, kalian dapat melihat jumlah penjualan untuk setiap jenis barang yang dijual. Barang A terjual sebanyak 2 kali, Barang B terjual sebanyak 2 kali, dan Barang C terjual sebanyak 1 kali.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Tips Menggunakan SQL Group By Count

Ada beberapa tips dalam menggunakan fungsi di atas. Berikut tipsnya.

  • Pastikan kolom yang digunakan untuk mengelompokkan data benar-benar relevan dengan tujuan analisis. Pemilihan kolom yang salah dapat menghasilkan hasil analisis yang tidak akurat.

  • Perhatikan urutan penulisan perintah dalam query SQL. Perintah GROUP BY harus selalu ditulis setelah perintah SELECT.

  • Perhatikan tipe data pada kolom yang akan dihitung jumlah datanya. Pada umumnya, fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah baris dalam suatu tabel. Namun, jika kolom yang akan dihitung memiliki nilai NULL, maka jumlah datanya tidak akan terekam.

  • Gunakan fungsi agregat lainnya seperti SUM, AVG, dan MAX jika memerlukan analisis lebih lanjut. Misalnya, kita dapat menggunakan fungsi SUM untuk menghitung total penjualan, atau fungsi AVG untuk menghitung rata-rata harga jual.

  • Hindari penggunaan subquery dalam perintah SQL. Subquery dapat membuat kode SQL menjadi lebih kompleks dan sulit dipahami.


5. Fungsi SQL Group By Lainnya

Selain fungsi COUNT, terdapat beberapa fungsi lain yang dapat digunakan dalam perintah SQL Group By, di antaranya:


Fungsi SUM: Fungsi ini digunakan untuk menghitung total nilai dari suatu kolom numerik dalam sebuah kelompok data.

SQL

Fungsi AVG: Fungsi ini digunakan untuk menghitung rata-rata nilai dari suatu kolom numerik dalam sebuah kelompok data.

SQL

Selain fungsi Group By, SQL juga memiliki fungsi lain yang lebih kompleks yang bisa digunakan untuk analisis data. Dengan memahami secara mendalam, tentu akan memudahkan kalian dalam mendapatkan informasi yang lebih kaya dan bermanfaat untuk menyimpulkan suatu data yang dimiliki. 


Bingung mulai belajar darimana? DQLab adalah jawabannya. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun

Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan asah kemampuan kalian dalam menggunakan SQL! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya  

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login