PROMO KILAT 2 DAYS ONLY!!
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 100K!

1 Hari 17 Jam 4 Menit 38 Detik

Fungsi Tanda Dollar Pada Rumus Excel, Untuk Apa?

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-08-2023-11-10-190214_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan perangkat lunak berbasis pengolah angka yang didasarkan untuk melakukan aktivitas pengolahan data. Salah satu aktivitas pengolahan data adalah melakukan kalkulasi sesuai dengan kaidah perhitungan menggunakan rumus yang tepat dan sesuai.


Tapi, pernahkah kamu menjumpai suatu rumus yang ditengah-tengahnya atau di bagian depan kolom yang dituju ada tanda ($) atau dollar? Kira-kira apa ya tujuannya kenapa suatu rumus menggunakan tanda tersebut? Nah, konsep ini disebut dengan rumus absolut pada Excel. Biasanya rumus absolut ini dipakai untuk mengunci referensi rumus agar kolom maupun baris yang dituju tidak hilang atau tertukar.


Apabila kita ingin mengunci rumus Excel atau mempertahankan sel asli dalam kolom maupun baris agar tidak pindah maupun berubah hasilnya, disinilah peranan tanda $ untuk menahan dengan mengawali tujuan kolom maupun baris yang dituju. Misalnya kita ingin mengacu pada sel C1 sampai C3 maka dengan tanda dollar ini, kita bisa memulai untuk mengunci sel tersebut menggunakan rumus =$C$1;$C$3.


Walaupun demikian, rumus ini keluarannya akan tetap sama dan sistem berusaha untuk lock sel tersebut agar hasilnya ketika dijumlahkan atau diolah tidak bergeser. Kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang penggunaan tanda dollar pada rumus Excel.


Simak yuk sahabat DQLab!


1. Fungsi Simbol $ dalam Rumus Excel

Fungsi "$" pada rumus Excel biasanya digunakan untuk mengunci alamat sel atau rentang sel agar tetap pada sel yang ditentukan, bahkan ketika kamu menyalin atau mengisi formula ke sel lain. Ini disebut sebagai "mengunci referensi sel" atau "referensi sel absolut." Dalam penerapannya, ada dua cara yang digunakan dalam rumus Excel, ketika ingin mengacu pada simbol dollar ini:

  • Mengunci kolom: Jika Anda ingin mengunci kolom, Anda menambahkan tanda "$" sebelum huruf kolom. Misalnya, "$A1" akan mengunci kolom A tetapi memungkinkan barisnya berubah saat formula disalin ke sel lain. Contoh: Jika Anda menyalin formula "$A1" dari sel A1 ke B1, maka formula di B1 akan tetap "$A1."

  • Mengunci baris: Jika Anda ingin mengunci baris, Anda menambahkan tanda "$" sebelum nomor baris. Misalnya, "A$1" akan mengunci baris 1 tetapi memungkinkan kolomnya berubah saat formula disalin ke sel lain. Contoh: Jika Anda menyalin formula "A$1" dari sel A1 ke A2, maka formula di sel A2 akan menjadi "A$1."


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus Absolut (Absolute Reference)

Dalam rumus absolut, baik kolom maupun baris di dalam sel referensi dikunci, sehingga sel tersebut tidak akan berubah saat rumusnya disalin ke sel lain. Dalam Excel, kamu bisa menambahkan tanda "$" sebelum huruf kolom dan sebelum nomor baris untuk mengunci keduanya.


Contoh: Jika dirimu memiliki rumus "$A$1" dan menyalinnya ke sel lain, referensi "$A$1" akan tetap sama tanpa perubahan.

Excel

Sumber Gambar: Spreadsheet Planet


3. Rumus Semi-Absolut (Mixed Reference)

Dalam rumus semi-absolut, hanya salah satu bagian (kolom atau baris) dari sel referensi yang dikunci, sementara yang lainnya tetap dapat berubah saat rumusnya disalin ke sel lain. Kamu bisa menggunakan tanda "$" hanya di satu sisi referensi (kolom atau baris), tergantung pada sel apa yang ingin dikunci.


Contoh: Jika kamu memiliki rumus "$A1" atau "A$1" dan menyalinnya ke sel lain, bagian yang tidak dikunci (kolom atau baris) akan berubah sesuai dengan posisi sel di mana rumus tersebut ditempatkan.

Excel

Sumber Gambar: WallStreetMojo


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Contoh Penggunaan Simbol $ dalam Rumus Excel

Agar lebih jelas, kita berikan sebuah ilustrasi. Jika kamu memiliki data di sel A1 dan ingin mengalikan setiap sel dalam kolom A dengan nilai yang ada di sel B1, kamu dapat menggunakan rumus "=$A1 * B$1." Saat rumus ini disalin ke sel lain, baik referensi kolom A maupun baris 1 akan tetap, sehingga kolom B akan berubah sesuai dengan posisi sel di mana rumus itu ditempatkan.


Penggunaan tanda "$" dalam Excel berguna ketika kamu ingin mempertahankan referensi ke sel tertentu dan mencegah perubahan selama menyalin atau mengisi formula ke sel lain.


Penasaran apalagi fungsi lanjutan lainnya yang ada di Excel? Kalian bisa mulai belajar di DQLab.

Excel

Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apalagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Yuk ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login