PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 42 Menit 49 Detik 

Fungsi Teknik Analisis Data, Pengertian, Jenis Hingga Contoh

Belajar Data Science di Rumah 22-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bacd85f60459e99c3f1010f177f87360_x_Thumbnail800.jpeg

Analisis data adalah suatu proses yang melakukan hal seperti pemeriksaan, pembersihan, transformasi, dan juga pemodelan data  dengan memiliki tujuan untuk dapat menemukan informasi yang berguna dan untuk menginformasikan sebuah kesimpulan yang mendukung dalam melakukan pengambilannya.  Analisis data juga memiliki banyak sekali pendekatan didalamnya yang mencakup beragam teknik dengan berbagai nama yang digunakan dalam domain bisnis, sains, dan juga ilmu sosialnya yang memiliki banyak perbedaan didalamnya. 


Dalam dunia bisnis, analisis memiliki peran penting didalamnya karena analisis data dapat membuat sebuah keputusan dengan lebih mudah dan dapat membantu bisnis beroperasi lebih efektif dibandingkan sebelumnya dengan memperoleh data yang lebih akurat dan juga secara real-time dibandingkan sebelumnya. Nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas Apa itu analisis data, jenis-jenis analisis data, fungsi-fungsi data, dan juga contoh dari analisis data. Simak terus artikel dibawah ini!


1. Apa itu Analisis Data

Teknik Analisis Data

Analisis data dapat didefinisikan dengan suatu proses pembersihan, transformasi, dan juga pemodelan data untuk memudahkan dalam menemukan informasi yang lebih berguna dan lebih akurat untuk mengambil sebuah keputusan bisnis. Tujuan dari analisis data sendiri ialah untuk mengekstrak informasi yang berguna dari sebuah data dan mengambil keputusan dengan berdasarkan analisis data. 


Dalam kehidupan sehari-hari juga kita pastinya mengambil sebuah keputusan. Ketika kita ingin mengambil sebuah keputusan pastinya kita akan menganalisis masa lalu ataupun  masa depan kita, lalu bisa membuat sebuah keputusan mutlak berdasarkan hal tersebut. Ini juga bisa disebut dengan analisis data, karena hal yang sama dilakukan analisis terlebih dahulu untuk tujuan yang lebih berguna, itulah yang disebut dengan analisis data.


Baca juga: 4 Cara Implementasi Teknik Analisis Data


2. Jenis-jenis Analisis Data

Teknik Analisis Data

Dalam sebuah penelitian pasti terdapat jenis-jenis analisis data didalamnya, diantaranya ada analisis data kualitatif dan juga analisis data kuantitatif. Jadi analisis data kualitatif adalah jenis analisis data yang memperoleh datanya dengan cara atau dengan proses yang sistematis. Sistematis disini adalah dengan cara mencari dan juga mengolah banyak data yang bersumber dari hasil lapangan seperti pengamatan, kajian dokumen, catatan, wawancara, dokumentasi, dan lain sebagainya sampai dapat menghasilkan sebuah laporan temuan penelitian. Analisis data jenis ini dapat dilakukan dengan cara mengorganisir data yang ada dalam sebuah kategori, lalu melakukan sintesa, menjabarkan ke dalam unit-unit, menyimpulkannya semua yang mudah dipahami oleh setiap orang.


Sedangkan analisis jenis kuantitatif ini biasanya memakai alat dengan memiliki sifat yang kuantitatif. Hal ini bisa diartikan sebagai analisis ini dilakukan dengan memakai model-model tertentu. Jadi analisis ini mirip seperti model matematika, model ekonometrik, model statistik, dan lain sebagainya . Kemudian analisis data jenis ini nantinya akan menghasilkan sebuah data yang akan disajikan dalam bentuk angka-angka yang diinterpretasikan atau dijelaskan dalam sebuah uraian. 



3. Fungsi-fungsi dari Analisis Data

Teknik Analisis Data

Di dalam penelitian pastinya seseorang akan memerlukan apa itu analisis data. Dengan melakukan kegiatan menganalisis sebuah data tersebut, pastinya kita akan dengan mudah mengolah datanya menjadi sumber informasi yang baru yang lebih akurat dan juga terpercaya. Jadi hal ini tidak membuat kita heran bahwa banyak sekali orang yang memerlukan penganalisisan data untuk memperoleh sebuah penjelasan dari sebuah masalah tertentu.


Jadi analisis data memiliki fungsi sebagai bahan evaluasi dari penelitian kita sebelumnya, analisis data juga dapat digunakan untuk menanggapi sebuah masalah tertentu, analisis data juga dapat memecahkan permasalahan dan juga menentukan sebuah keputusan. Nah fungsi-fungsi tersebut sangat memudahkan kita dalam melakukan sebuah penelitian, maupun mendapat informasi berupa kesimpulan dari sebuah data yang sudah dikumpulkan sebelumnya.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Contoh dari Analisis Data

Nah setelah kita mengetahui apa itu analisis data, jenis-jenisnya, dan juga fungsi-fungsinya disini kita akan mengetahui apa saja contoh dari analisis data. Contoh penerapannya bisa kita ambil dari pekerjaan jasa audit eksternal perusahaan keuangan. Jadi para pekerja yang bekerja di dalam perusahaan keuangan umumnya akan memberikan sebuah jasa pemeriksaan catatan keuangan maupun prosedur operasional kepatuhan terhadap peraturan. 


Jadi tugas para pekerja ini adalah melakukan analisis data. Yang dimulai dengan cara melakukan wawancara secara langsung, melakukan pengambilan sampel, dokumentasi, dan kegiatan lainnya dalam hal menganalisis data. Agar dapat memperoleh hasil yang maksimal pekerja ini melakukan analisis dengan kualifikasi yang cukup tinggi dengan tingkat kemampuan analisis yang juga tajam. Hal ini dapat dilakukan dalam kegiatan analisis data dengan cara meriset secara mendalam terhadap para narasumber.


Ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 

Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :