PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 6 Menit 31 Detik

Fungsi Teks Excel untuk Mudahkan Manipulasi Data Teks

Belajar Data Science di Rumah 04-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-08-2024-03-04-210338_x_Thumbnail800.jpg

Excel menjadi salah satu produk kebanggaan Microsoft yang masih mampu mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Excel adalah tools yang berbentuk spreadsheet yang bisa dijadikan sebagai alat analisis sederhana. Dengan memanfaatkan Excel, kita bisa mendapatkan informasi yang terkandung dalam data dengan cepat tanpa harus melakukan pengkodingan dengan bahasa pemrograman. Hal ini karena didukung oleh fitur dan fungsi Excel yang bisa diakses dengan mudah.


Dalam Excel, ada banyak sekali fungsi yang bisa digunakan. Salah satunya adalah fungsi teks. Fungsi teks ini akan sangat berguna untuk memanipulasi dan menganalisis data yang berbentuk teks dengan lebih efisien. Fungsi teks sendiri terbagi lagi menjadi beberapa fungsi dengan kegunaan yang berbeda-beda. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa fungsi teks yang dapat melakukan berbagai operasi, mulai dari menggabungkan teks hingga mengekstrak bagian-bagian tertentu dari teks. Simak pembahasannya, yuk!

1.CONCATENATE: Menggabungkan Teks dari Beberapa Sel

Salah satu fungsi teks yang paling umum digunakan adalah CONCATENATE. Fungsi ini bisa kita gunakan untuk menggabungkan data teks yang terdapat di beberapa sel menjadi satu teks. Misalnya, jika kita memiliki data nama depan dan nama belakang dalam dua sel terpisah, kemudian kita bisa menggunakan CONCATENATE untuk menggabungkannya menjadi satu nama lengkap.


Berikut ini adalah contoh penggunaan CONCATENATE:

Excel

Pada rumus di atas, kita menggabungkan data yang ada di kolom A dan kolom B, dengan dipisahkan oleh spasi (“ ”). Setiap bagian data akan dipisahkan dengan tanda koma (,).


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. LEFT, RIGHT, MID: Mengambil Bagian Tertentu dari Teks

Excel juga memiliki fungsi LEFT, RIGHT, dan MID yang bisa kita manfaatkan untuk mengambil bagian-bagian tertentu dari teks. Fungsi LEFT akan mengambil karakter-karakter pertama (dari sebelah kiri) dari teks, fungsi RIGHT mengambil karakter-karakter terakhir (dari sebelah kanan), dan fungsi MID akan mengambil karakter-karakter dari posisi tertentu. Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi LEFT:

Excel

Dari rumus di atas, kita akan mengambil 8 karakter pertama dari sel C2 yang dimulai dari sebelah kiri. 8 karakter yang dimaksud di atas termasuk dengan perhitungan spasi.


3. Fungsi LEN untuk Menghitung Panjang Teks

Di beberapa kondisi, kita akan butuh untuk mengetahui panjang data teks. Dalam hal ini, kita bisa memanfaatkan salah satu fungsi sederhana yaitu fungsi LEN yang memungkinkan kita untuk menghitung jumlah karakter dalam sebuah teks. Di bawah ini merupakan contoh dari penggunaan fungsi LEN:

Excel

Dari rumus di atas, kita bisa melihat bahwa fungsi LEN memang lebih sederhana dibandingkan fungsi sebelumnya. Kita hanya perlu menuliskan fungsinya dan menentukan sel yang akan dihitung jumlah karakternya. Kita tidak perlu mendefinisikan hal-hal lainnya.


4. FIND SEARCH: Mencari Teks dalam Teks

Excel juga memiliki fungsi FIND dan SEARCH yang memungkinkan kita untuk mencari teks tertentu dalam teks yang lain. Fungsi FIND akan mencari teks yang telah kita tentukan. Pada fungsi ini bersifat case sensitive dimana akan sangat memperhatikan huruf besar dan kecil. Sehingga jika pada data menggunakan huruf kecil namun dicari dengan menggunakan huruf kapital, maka akan menghasilkan error atau mengambil data yang salah.


Sementara fungsi SEARCH akan mencari teks tanpa memperhatikan huruf besar atau kecil. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi FIND:

Excel


Dari rumus di atas, kita bisa melihat bahwa antara huruf “M” dengan huruf “m” akan menghasilkan hasil yang berbeda. Sehingga sebagai praktisi data, kita harus mampu menentukan apakah ingin menggunakan fungsi FIND atau SEARCH.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Fungsi teks Excel akan membantu kita dengan mudah untuk melakukan berbagai operasi pada data teks dan memanipulasi data dengan lebih efisien. Hal ini akan sangat berguna dalam analisis data, pengolahan teks, dan pemformatan laporan.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login