SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 9 Jam 40 Menit 46 Detik

Gabungkan Tabel Lebih Mudah dengan SQL Join Table

Belajar Data Science di Rumah 07-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6e7e26c5-544e-4af6-bdcc-32dd2cbeee57-2023-06-07-224331_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini kita berada dalam zaman dimana kecanggihan teknologi semakin pesat. Berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan bantuan internet. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak dari kecanggihan internet ini adalah dalam bidang data, sampai muncullah istilah big data. Untuk mengolah dan menganalisis data lebih jauh diperlukan berbagai bahasa pemrograman yang dibutuhkan, salah satunya adalah bahasa SQL. Dalam SQL sendiri terdapat berbagai macam fitur, salah satunya adalah SQL join table yang secara umum dapat digunakan untuk menggabungkan tabel.


Structured Query Language atau biasa dikenal dengan SQL merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk memproses sistem database relasional. Dengan menggunakan SQL pengguna dapat membuat, menghapus, mengqueri, memperbaharui dan menyimpan informasi dari basis data. SQL ini termasuk bahasa query yang populer dan perlu dipelajari. Pada artikel ini khususnya kita akan mengenali beberapa hal terkait SQL join table. Yuk, simak bersama-sama!


1. Pengertian SQL

Data merupakan bagian penting dalam proses analisis data. Untuk memiliki data yang berkualitas baik dan mudah dianalisis, data perlu disiapkan dengan baik. SQL merupakan salah satu bahasa query yang dapat digunakan untuk mengelola database sehingga lebih mudah dan efisien. SQL memiliki empat jenis perintah yaitu Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language (DML), Data Control Language (DCL), dan Transaction Control Language (TCL).

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi Join

Dalam bahasa SQL terdapat berbagai jenis fungsi yang dapat digunakan untuk masing-masing keperluan, salah satunya adalah fungsi join. Fungsi join ini berfungsi untuk menggabungkan dua atau lebih tabel menjadi satu. Fungsi ini tentunya sangat bermanfaat untuk kondisi-kondisi tertentu. Dengan menggunakan fungsi ini programmer dapat lebih mudah dalam proses pembuatan tabel besar yang berisi gabungan dari beberapa tabel yang lebih kecil.


3. Jenis SQL Join

Fungsi SQL join memiliki beberapa jenis operasi yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan peserta. Beberapa diantaranya adalah inner join, left join, right join, full outer join. Inner join berfungsi untuk menggabungkan dua tabel dengan syarat tabel tersebut memiliki key kolom yang sama. Left join dan right join merupakan fungsi join yang berfungsi untuk menarik seluruh data dari salah satu tabel walaupun data tersebut tidak ada di tabel satunya. Full outer join dapat digunakan untuk menampilkan seluruh informasi menjadi satu atau untuk membandingkan dua tabel yang berkaitan.


4. Contoh Penerapan

Setelah memahami fungsi join SQL dan beberapa jenisnya, kita akan mencoba memahami contoh penggunaan salah satu fungsi join dalam SQL, yaitu inner join. Inner join merupakan salah satu fungsi yang digunakan untuk menggabungkan kedua tabel. Adapun syntax inner join secara umum adalah sebagai berikut

SQL

adapun contoh penerapan syntax INNER JOIN untuk menggabungkan tabel adalah sebagai berikut

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Bahasa SQL termasuk bahasa query yang populer dan penggunaannya telah banyak diterapkan di berbagai bidang. Salah satu tempat yang dapat membantu mempelajari SQL dari dasar adalah DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login