PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 9 Menit 30 Detik 

Gampang Banget! Ini Teknik Analisis Data Regresi dan Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 19-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/084b334f3c9c4160d6230ab54df931e8_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data merupakan proses pengumpulan sampai pengolahan data sehingga menjadi informasi yang berguna sebagai dasar pengambilan keputusan. Analisis data pun memerlukan teknik yang sesuai. Teknik analisis data terdiri dari beberapa jenis berdasarkan jenis penelitiannya, yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Oleh karena itu saat ini banyak pula yang mempertanyakan bagaimana cara implementasi teknik analisis data yang tepat. Hal ini tentunya perlu disesuaikan pula dengan jenis data, tujuan penelitian dan teknik analisis data yang digunakan. 


Pada teknik analisis data kuantitatif, dimana data yang digunakan adalah data bersifat numerik sehingga bisa diolah dengan analisis statistika. Salah satu teknik analisis data kuantitatif antara lain analisis regresi. Analisis regresi biasanya digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas (independen) dengan variabel terikat (dependen). Teknik analisis regresi pun terbagi menjadi analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Ingin tahu lebih lanjut mengenai analisis regresi? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Analisis Regresi

Analisis regresi merupakan salah satu teknik analisis data kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel dependen dan variabel independen. Analisis regresi ini telah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang seperti bidang ekonomi, industri, pemerintahan, dll. Tujuan dari analisis regresi antara lain menghitung nilai estimasi rata-rata dan nilai variabel terikat berdasarkan nilai variabel bebas, menguji hipotesis karakteristik dependensi, meramalkan nilai rata-rata variabel bebas. 


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Analisis Regresi Sederhana

Seperti yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya bahwa analisis regresi terbagi menjadi dua, yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Analisis regresi sederhana merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara satu variabel dependen dan satu variabel independen. Model regresi linier sederhana harus memenuhi beberapa syarat kelayakan antara lain seperti jumlah sampel yang digunakan harus sama, jumlah variabel bebas adalah satu, nilai residual harus berdistribusi normal, terdapat hubungan yang linear antara variabel bebas dengan variabel terikat, tidak terjadi gejala heteroskedastisitas dan tidak terjadi gejala autokorelasi.


3. Analisis Regresi Berganda

Jika pada bagian sebelumnya telah dibahas mengenai analisis regresi sederhana, maka pada bagian ini akan dibahas mengenai analisis regresi berganda. Pada analisis regresi berganda, variabel bebas yang dilibatkan jumlahnya lebih dari satu. Analisis regresi berganda pun terbagi menjadi beberapa jenis yaitu regresi linier berganda, regresi logistik berganda, regresi ordinal berganda, regresi multinomial berganda, regresi data panel berganda. Pada analisis ini data yang biasanya terlibat antara lain data yang berskala interval atau rasio, namun tidak menutup kemungkinan pula jika menggunakan skala data nominal atau ordinal. 


4. Implementasi Analisis Regresi Menggunakan Excel

Setiap teknik analisis data umumnya bisa diterapkan ke berbagai jenis aplikasi atau software. Pada bagian ini akan diberikan langkah-langkah analisis regresi menggunakan Excel, yaitu:

  • masukkan data untuk regresi

  • klik menu Tool kemudian klik Data Analysis

  • Klik Regression dan klik OK

  • Regression process, isi input Y Range yang menjadi variabel terikat dan isi input X Range yang menjadi variabel bebas

  • residual setelah uji regresi excel, dimana pada pilihan residual akan terdapat empat pilihan lalu kita bisa mencontreng sesuai dengan keinginan.


Baca juga : Metode Pengolahan Data: Ketahui Proses Pengolahan Data Dengan Metode Analisis Deskriptif


5. Perdalam Belajar Teknik Analisis Data di DQLab

Teknik analisis data merupakan salah satu bagian penting dalam proses pengolahan data. Terdapat berbagai macam teknik analisis data yang dapat digunakan sesuai dengan jenis data. Beragam teknik analisis data tersebut dapat dipelajari secara mendalam di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :