GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 31 Menit 44 Detik 

Gimana Sih, Cara Implementasi Teknik Analisis Data yang Simple?

Belajar Data Science di Rumah 27-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/69337458da48ef40fa61298219f85737_x_Thumbnail800.jpg

Memahami cara implementasi teknik analisis data sangat diperlukan dalam memenuhi skillset data science. Dengan menerapkan teknik analisis data maka akan sangat berguna untuk mencapai tujuan penelitian dan lainnya. Tanpa adanya teknik analisis data, data yang akan kita miliki tidak memiliki arti dan manfaat apapun.  Ada beberapa metode dan teknik untuk melakukan analisis tergantung pada industri dan tujuan analisis datanya. 


Data mining merupakan salah satu cabang ilmu yang akan mempelajari tentang seluk beluk analisis data dan teknik-tekniknya dengan menerapkan berbagai algoritma pada kumpulan data kompleks untuk mengungkap pola yang kemudian digunakan untuk mengutip data yang dapat digunakan dari kumpulan data tersebut. Sementara untuk penerapan statistik seperti analisis prediktif menggunakan data untuk mengukur peristiwa yang mungkin dan akan terjadi nanti.


Mungkin saat ini kamu sedang bingung dan kurang akrab dengan penelitian, metode penelitian maupun teknik analisis data. Tapi, ketika kuliah kamu akan sering menjumpai dan mendengar istilah dan terms tersebut. Bahkan kamu akan terlibat langsung di dalamnya. Dalam artikel ini, kamu akan melihat bagaimana ilmu data telah mengubah dunia saat ini dan bagaimana hal itu telah merevolusi cara kita memandang data. So, mari simak bagaimana cara implementasi teknik analisis data bersama DQLab!


1. Tahap Mengumpulkan Data

teknik analisis data

Tahap pertama untuk implementasi teknik analisis data adalah dengan melakukan pengumpulan data terlebih dahulu. Karena untuk menghasilkan data yang sesuai diperlukan teknik khusus untuk melakukan pengumpulan data yang sistematis. 

  • Wawancara mendalam yang merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang sering digunakan dengan cara mengajukan pertanyaan kepada narasumber secara langsung, teknik ini dapat digunakan untuk membuktikan data yang sudah kita peroleh sebelumnya. 

  • Observasi yaitu teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan untuk mendapatkan gambaran lebih detail mengenai suatu kegiatan. 

  • Focus group discussion (FGD) yang merupakan teknik untuk mengadakan diskusi bersama beberapa responden mengenai topik penelitian untuk mengetahui pandangan atau pemahaman mereka, dimana para responden akan mewakili suatu populasi tertentu. 

  • Teknik dokumentasi yang dilakukan dengan cara mengkaji dokumen-dokumen terkait penelitian atau riset.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Tahap Menyortir Data

teknik analisis data

Tahap selanjutnya adalah setelah kamu mengumpulkan data yang sesuai dengan tema penelitian kamu, pasti dari data yang ada tersebut tak bisa terhindar dari data noisy atau missing value. Selain itu, umumnya analis data perlu mengambil dari satu atau lebih sumber dan menyiapkan data sehingga siap untuk dianalisis berupa numerik dan kategorik. Dengan menerapkan data cleaning dan data preparation memiliki pengaruh sekitar 80% dari hasil penggalian suatu knowledge dan insight baru. 


Data cleaning juga melibatkan penanganan data yang hilang dan tidak konsisten yang dapat mempengaruhi analisis kamu. Data cleaning tidak selalu dianggap œseksi, tetapi menyiapkan data sebenarnya bisa sangat menyenangkan ketika diperlakukan sebagai latihan pemecahan masalah. Bagaimanapun ,disinilah sebagian besar proyek data dimulai, jadi itu adalah keterampilan utama yang kamu perlukan jika kamu akan menjadi data analyst.


3. Tahap Coding

teknik analisis data

Setelah menerima data yang benar-benar dibutuhkan dalam riset tersebut, lakukanlah pengkodean. Langkah ini dilakukan dengan mengidentifikasi dan mengelompokkan data berdasarkan variabel. Pengkodean sendiri merupakan suatu teknik yang dilakukan untuk memberikan penegasan pada proses transmisi data.


Dengan merubah karakter data yang akan dikirim dari suatu titik ke titik lain dengan kode yang dikenal oleh setiap terminal yang ada, dan menjadikan setiap karakter data dalam sebuah informasi digital informasi digital ke dalam bentuk biner agar dapat ditransmisikan.


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


4. Tahap Penyajian Data

Langkah penting berikutnya dalam teknik pengumpulan data kualitatif adalah penyajian data. Sederhananya penyajian data dapat diartikan sebagai sekumpulan informasi tersusun yang memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Sebuah penelitian kualitatif penyajian data dapat dilakukan dalam bentuk uraian singkat, bagan atau flowchart dan sejenisnya.


Saat ini penyajian data dalam bentuk bagan dan flowchart lebih sering dilakukan daripada penyajian data yang dilakukan dalam bentuk teks atau narasi. Tapi, apapun jenis penyajian data yang kamu gunakan tujuannya sama yaitu agar peneliti dapat memahami apa yang terjadi dan merencanakan tindakan selanjutnya yang akan dilakukan.

teknik analisis data

Ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :