Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Grafik Excel : Tips Pilih Warna yang Menarik

Belajar Data Science di Rumah 26-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-08-2024-03-16-134337_x_Thumbnail800.jpg

Warna dalam grafik Excel mungkin sering dianggap sebagai elemen dekoratif, tetapi sebenarnya, pemilihan warna yang tepat dapat memiliki dampak besar pada pemahaman data dan pesan yang ingin disampaikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tips sederhana tentang bagaimana memilih warna yang tepat dalam grafik Excel.


Dengan mengikuti panduan ini, kamu akan dapat membuat grafik yang lebih informatif dan menarik bagi penggunanya. Selamat belajar!


1. Perhatikan Kontras Warna

Saat memilih warna untuk grafik, pastikan ada kontras yang jelas antara elemen-elemen dalam grafik. Misalnya, jika kamu memiliki grafik batang dengan beberapa baris data, pastikan warna setiap batang berbeda dengan cukup jelas.


Kontras yang baik membuat pembaca dapat dengan mudah membedakan data dan membuat grafik lebih mudah dipahami.


Excel


Selain itu, pastikan teks atau label dalam grafik juga mudah terbaca di atas latar belakangnya. Terlalu banyak warna yang cerah pada latar belakang dapat membuat teks sulit terbaca. Pastikan kontras antara teks dan latar belakangnya cukup kuat.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Gunakan Warna yang Konsisten

Konsistensi adalah kunci. Jika kamu menggunakan warna tertentu untuk menggambarkan kategori atau elemen tertentu dalam satu grafik, pastikan warna yang sama digunakan dalam grafik lain yang terkait. Ini membantu pembaca mengidentifikasi konsistensi data dan membuat pemahaman lebih mudah.


Excel


Misalnya, jika dalam grafik batang, warna biru digunakan untuk kategori A, maka sebaiknya warna biru juga digunakan untuk kategori A di grafik lain. Ini membantu dalam pelacakan data yang konsisten dalam presentasi atau laporan yang lebih besar.


3. Hindari Kombinasi Warna yang Terlalu Terang

Terlalu banyak warna cerah dalam satu grafik dapat mengganggu dan membuat mata lelah. Sebaiknya hindari penggunaan terlalu banyak warna cerah yang bersaing satu sama lain. Pilih warna yang lebih tenang dan pastel untuk latar belakang atau elemen yang tidak perlu menonjol.


Excel


Warna cerah bisa digunakan untuk menyoroti data penting atau poin kunci, tetapi perlu digunakan dengan bijak. Terlalu banyak warna cerah dalam satu grafik dapat mengurangi kesan profesional dan membingungkan pembaca.


4. Pertimbangkan Arti Psikologis Warna

Setiap warna memiliki arti psikologis yang berbeda. Misalnya, biru sering dihubungkan dengan kepercayaan dan ketenangan, sementara merah sering dikaitkan dengan energi dan perhatian. Pertimbangkan pesan yang ingin kamu sampaikan melalui grafik dan pilih warna yang sesuai dengan pesan tersebut.


Misalnya, jika kamu ingin menunjukkan peningkatan positif dalam data, warna hijau mungkin lebih cocok daripada warna merah. Pemahaman arti psikologis warna dapat membantu memilih warna yang mendukung pesan grafik.


5. Uji Grafik dengan Pengguna Lain

Sebelum mempresentasikan grafik, uji terlebih dahulu pada beberapa pengguna atau rekan kerja. Mereka dapat memberikan masukan berharga tentang apakah warna yang digunakan membuat grafik lebih mudah dipahami atau sebaliknya. Terkadang, pandangan dari luar dapat membantu mengidentifikasi masalah yang tidak terlihat sebelumnya.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Jika kamu tertarik untuk menggali lebih dalam tentang visualisasi data dan cara menghasilkan grafik yang efektif, pertimbangkan untuk bergabung dengan kursus di DQLab.

Kursus-kursus DQLab dapat membantu kamu memahami konsep ini dengan lebih baik dan menerapkannya dalam situasi nyata.


Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apalagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun. Yuk ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login