PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 5 Jam 5 Menit 59 Detik

Guide Roadmap Data Engineer untuk Awam Data, Catat!

Belajar Data Science di Rumah 13-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-04-2023-10-15-085913_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi seorang data engineer merupakan idaman bagi seorang jobseeker yang ingin mengejar karir di ranah industri data. Namun, seorang pemula juga perlu bimbingan dan arahan ketika ingin meraih karir yang gemilang sebagai data engineer.


Ibaratkan jika kamu ingin pergi ke suatu tempat maka kamu butuh peta untuk sampai ke tujuan yang kamu tuju. Sama halnya, dengan menjadi seorang data engineer maka kamu juga membutuhkan suatu panduan berupa roadmap data engineer agar kamu lebih siap dalam menghadapi dunia industri.


Roadmap data engineer sangat penting karena memberikan arah dan panduan yang jelas bagi seseorang yang ingin menjadi seorang data engineer. Melihat situasi dan kondisi yang sangat membantu keberlangsungan praktisi data di masa depan, roadmap dapat dijadikan sebagai pegangan atau panduan belajar pemula jika ingin serius berada di industri data dan menjadi seorang data engineer.


Berikut adalah panduan ringkas yang bisa diberikan kepada calon data engineer. Simak selengkapnya lewat postingan ini ya sahabat DQLab!


1. Dasar-dasar Teknologi dan Pemrograman

Dasar-dasar Teknologi dan Pemrograman adalah tahap awal dalam roadmap menjadi seorang data engineer. Hal ini merupakan pondasi yang penting untuk memahami konsep-konsep dasar teknologi dan pemrograman yang akan digunakan dalam pekerjaan data engineer.


Pelajari satu atau lebih bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang paling umum digunakan oleh profesi data engineer adalah Python dan Java. Disini kamu dapat memilih salah satu atau keduanya sesuai dengan minatmu


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Sistem Operasi dan Manajemen File

Kemudian untuk menjadi seorang data engineer juga perlu memiliki penguasaan sistem operasi dan manajemen file. operasi manajemen file ini. Contoh perintah yang digunakan dalam manajemen file di sistem operasi UNIX/Linux adalah ls, cd, cp, mv, rm, mkdir, dan lain-lain.


Sistem operasi dan manajemen file adalah dua konsep yang sangat penting dalam dunia teknologi informasi dan pemrograman. Kemampuan untuk memahami dan menguasai konsep sistem operasi dan manajemen file sangat penting, terutama dalam dunia pemrograman dan data engineering.


Hal ini membantu kamu berinteraksi dengan sistem komputer, mengelola berkas dan data, serta menulis program yang efisien dan efektif dalam menjalankan tugas-tugas tertentu.


3. Cloud Computing

Kemampuan dalam cloud computing merujuk pada kemampuan untuk merencanakan, mengelola, dan menggunakan layanan cloud secara efektif.


Cloud computing adalah paradigma yang memungkinkan akses mudah dan fleksibel ke sumber daya komputasi, penyimpanan data, dan berbagai layanan lainnya melalui internet.


Data Engineer

Sumber Gambar: Algotive


Kemampuan dalam cloud computing sangat penting dalam dunia bisnis modern, karena banyak organisasi beralih ke cloud untuk mendukung operasi mereka.


Menyusun strategi, merencanakan, mengelola, dan memanfaatkan layanan cloud secara efektif dapat membantu organisasi mengurangi biaya, meningkatkan skalabilitas, dan mempercepat inovasi. Selain itu, cloud computing juga mendukung konsep-konsep seperti transformasi digital, Big Data, dan kecerdasan buatan (AI).


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Data Streaming

Kemampuan data streaming mengacu pada kemampuan untuk mengelola, memproses, dan menganalisis aliran data secara real-time atau mendekati real-time saat data masuk ke sistem.


Hal ini adalah keterampilan yang sangat penting dalam dunia teknologi informasi, terutama dalam bidang seperti pemrosesan data, analisis data, dan aplikasi yang membutuhkan respon cepat terhadap perubahan data yang berkelanjutan.


Kemampuan data streaming dimulai dengan pemahaman konsep dasar streaming, termasuk pemahaman tentang aliran data, perbedaan antara pemrosesan batch dan streaming, dan mengapa streaming penting dalam berbagai aplikasi.


Data Engineer

Sumber Gambar: Upsolver


Seorang data engineer memerlukan keterampilan atau skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. beberapa skill dasar data engineer dapat mulai kamu pelajari di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login