PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 6 Menit 32 Detik

Guna SQL GROUP BY untuk Mengoptimalkan Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 26-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-06-2024-06-27-172310_x_Thumbnail800.jpg

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa standar yang luas digunakan untuk mengelola dan memanipulasi basis data relasional. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970-an, SQL telah menjadi tulang punggung dalam interaksi dengan sistem manajemen basis data (RDBMS) seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle, dan banyak lagi. Bahasa ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai operasi, mulai dari penciptaan tabel hingga pengambilan data yang kompleks untuk analisis mendalam.


Salah satu fitur paling penting dalam SQL yang sangat bermanfaat dalam analisis data adalah perintah GROUP BY. Perintah ini memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan baris-baris dengan nilai yang sama dalam satu atau lebih kolom tertentu. Ketika digunakan bersama dengan fungsi agregat seperti SUM, COUNT, AVG, MAX, dan MIN, GROUP BY memungkinkan kita untuk melakukan operasi agregasi pada data yang dikelompokkan.


Pada artikel ini, DQLab telah merangkum empat cara penggunaan SQL GROUP BY untuk membantu dalam memahami bagaimana fitur ini dapat dioptimalkan untuk analisis data yang lebih efektif dan contoh penulisan script code-nya.


1. Menggunakan Multiple Kolom

Salah satu penggunaan paling umum dari SQL GROUP BY adalah untuk mengelompokkan data berdasarkan nilai unik dalam satu kolom. Ini berguna ketika kita ingin menganalisis data berdasarkan kategori tertentu dan melakukan operasi agregat seperti menghitung jumlah atau menghitung rata-rata.


Contoh: Menghitung Jumlah Penjualan per ProdukSQL



Dalam contoh ini, data transaksi dikelompokkan berdasarkan produk, dan kemudian dilakukan operasi agregat untuk menghitung total penjualan untuk setiap produk.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pengelompokkan Data Berdasarkan Multiple Kolom

Kita juga dapat menggunakan SQL GROUP BY untuk mengelompokkan data berdasarkan lebih dari satu kolom. Ini memungkinkan analisis yang lebih mendalam dengan menggabungkan beberapa dimensi data untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik.


Contoh: Menghitung Jumlah Penjualan per Bulan per ProdukSQL



Dalam contoh ini, data transaksi dikelompokkan berdasarkan bulan dan produk, sehingga kita dapat melihat total penjualan untuk setiap produk dalam setiap bulan.


3. Menggunakan HAVING untuk Menyaring Hasil Grup

Selain GROUP BY, SQL juga mendukung klausa HAVING yang memungkinkan kita untuk menyaring hasil grup berdasarkan kondisi tertentu. Klausa ini digunakan setelah GROUP BY untuk memfilter hasil berdasarkan nilai yang dihasilkan dari operasi agregat.


Contoh: Menghitung Rata-Rata Penjualan Produk yang Memiliki Total Penjualan Lebih Besar dari 100SQL


Dalam contoh ini, hanya produk yang memiliki total penjualan lebih besar dari 100 yang akan dihitung rata-rata harganya.


4. Menggunakan GROUP BY dalam Subquery

Salah satu cara canggih untuk menggunakan GROUP BY adalah dalam subquery. Ini memungkinkan kita untuk melakukan analisis yang lebih kompleks dengan menghitung agregat dalam subquery dan kemudian menggunakan hasilnya dalam query utama.


Contoh: Menghitung Total Penjualan Tertinggi per ProdukSQL


Dalam contoh ini, subquery digunakan untuk menghitung total penjualan per produk, dan kemudian hasilnya digunakan dalam query utama untuk mengambil nilai maksimum dari total penjualan.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


SQL GROUP BY adalah alat yang sangat kuat untuk menganalisis data dalam basis data relasional. Dengan memahami dan menguasai berbagai cara penggunaannya seperti pengelompokkan berdasarkan kolom tunggal atau multiple, penggunaan klausa HAVING untuk menyaring hasil grup, dan penerapan GROUP BY dalam subquery, kita dapat mengoptimalkan analisis data untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam dan akurat. Manfaatkan fitur ini untuk memahami tren, membuat laporan yang informatif, dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang tersedia.


Yuk pahami berbagai cara menulis klausa dan kombinasi di SQL bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login