SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 59 Menit 18 Detik

Gunakan Fungsi NPV dan IRR Excel dalam Keuangan

Belajar Data Science di Rumah 20-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-08-2024-05-19-095555_x_Thumbnail800.jpg

Data adalah suatu informasi mengenai kejadian. Data bisa terdiri dari berbagai bentuk seperti dokumen, foto, video, suara, dan lain-lain. Data ini bisa digunakan untuk berbagai hal sesuai dengan keperluan. Sebagai contoh dalam suatu perusahaan memerlukan berbagai  variabel dalam data untuk proses perhitungan keuangan perusahaan. Dalam suatu aplikasi seperti Microsoft Excel, terdapat fungsi keuangan yang bisa digunakan untuk mempermudah perhitungan. 


Microsoft excel termasuk sebuah software keluaran dari perusahaan Microsoft. Microsoft excel merupakan sebuah program pengolah data yang biasa digunakan untuk mengelola, menyimpan, menganalisis dan menyajikan data. Microsoft excel memiliki berbagai fitur di dalamnya yang bisa digunakan sesuai fungsi masing-masing, salah satunya adalah penggunaan rumus NPV dan IRR. Padda artikel kali ini kita akan mengenali kedua rumus tersebut serta kegunaannya.


1. Fungsi NPV

Fungsi NPV (Net Present Value) adalah nilai selisih yang diperoleh dari arus kas masuk dan arus kas keluar. merupakan sebuah fungsi dalam excel yang digunakan untuk menerjemahkan urutan pembayaran dan penerimaan. Fungsi NPV ini tentu  akan sangat membantu dalam proses pengolahan data keuangan suatu perusahaan.


Sebagai contoh, fungsi NPV bisa digunakan untuk menghitung keuntungan atau kerugian suatu bisnis. Fungsi NPV ini dikatakan layak jika hasil yang diperoleh bernilai positif.

Excel

Sumber : Shiksha


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi IRR

Fungsi IRR (Internal Rate of Return) adalah fungsi dalam excel yang bisa digunakan untuk mengembalikan tingkat pengembalian internal untuk rangkaian arus kas yang dinyatakan oleh angka dalam nilai. IRR ini juga berfungsi untuk mengetahui laju pengembalian investasi sehingga kegiatan operasional dalam bentuk apapun bisa dievaluasi tingkatan pada laju pengembalian secara akurat. Fungsi IRR ini dikatakan layak jika hasil yang diperoleh lebih besar dari nilai discount rate. 

Excel


3. Fungsi Keuangan

Dalam setiap perusahaan pada umumnya membutuhkan laporan keuangan setiap bulan yang disusun secara rapi dan sistematis. Terdapat banyak software atau tools yang bisa digunakan untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan, salah satunya adalah microsoft excel.


Dalam microsoft excel menyediakan fungsi keuangan yang bisa digunakan seperti fungsi ACCRINT, ACCRINTM, AMORDEGRC, AMORLINC, COUPDAYBS, COUPDAYS, COUPDAYSNC, COUPNCD, COUPNUM, COUPPCS, DB, DDB, DISC, DOLLARDE, DURATION, EFFECT, FV, INTRATE, IPMT, IRR, ISPMT, MIRR, NPV, NOMINAL, ODDLPRICE, dan masih banyak fungsi keuangan lainnya.


4. Manfaat Excel

Microsoft excel memiliki berbagai manfaat yang bisa digunakan oleh penggunanya. Beberapa manfaat excel antara lain memudahkan kesalahan rumus di tiap tahap perhitungan. memiliki banyak formula atau rumus yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan, memudahkan proses analisis rumus, memudahkan dalam mengurutkan data, bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan, membuat daftar nilai, menghitung kurs mata uang dan bisa menyajikan data.

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Microsoft excel adalah salah satu software atau aplikasi yang berbentuk spreadsheet dan bisa digunakan untuk mengolah data. Penguasaan terhadap software microsoft excel ini dibutuhkan oleh siapapun yang ingin bekerja menjadi praktisi data. Kamu bisa belajar excel dari dasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login